BINUS Online

Jangan Cuma Ingin, Kuliah Online Juga Butuh Niat dan Komitmen, Lho

Sejak pandemi COVID-19, kuliah yang dulunya digelar secara tatap muka, mau tak mau kini harus digelar secara online sesuai anjuran pemerintah untuk menjaga jarak. 

Meski menjadi tren baru-baru ini, kuliah online sebenarnya bukanlah hal baru. Di lingkungan perkuliahan sendiri kuliah secara daring biasanya disebut sebagai kuliah/pembelajaran jarak jauh. 

Salah satu perguruan tinggi yang menyediakan kelas online adalah BINUS UNIVERSITY. Melalui program bernama BINUS ONLINE LEARNING, kampus swasta terbaik ini memberikan peluang bagi lulusan SMA/SMK atau D3 untuk mengikuti program belajar bergelar S1 secara fleksibel. 

Jika kamu berencana kuliah sambil kerja, memilih kelas online adalah solusi yang tepat. Dalam segi waktu dan tempat, kuliah online memang terbilang lebih fleksibel. Walau begitu kamu tetap butuh niat dan komitmen tinggi agar bisa menyelesaikannya dengan baik. 

Berikut sejumlah tantangan yang akan kamu temukan selagi mengikuti kelas online. Cari tahu, yuk!

3 Tantangan Kuliah Online 

Ini dia 3 tantangan kuliah online yang harus kamu tahu. Usahakan ketiga poin berikut tidak sampai mengganggu kegiatan belajarmu, ya.

  • Berisiko Terdistraksi oleh Lingkungan Sekitar

Tantangan pertama adalah distraksi dari lingkungan sekitar, entah itu orang tua atau saudara yang masuk ke kamar tanpa mengetuk pintu ketika sedang kuliah. Di sisi lain, gangguan juga bisa datang dari luar rumah, misalnya hajatan dengan suara keras atau distraksi yang ditimbulkan oleh tetangga sebelah. 

Bagaimana pun jenisnya, semua gangguan tersebut bisa menjadikan kualitas belajar online jadi lebih terganggu. 

  • Gangguan Pada Koneksi Internet

Internet menjadi hal paling krusial yang harus diperhatikan ketika kuliah online. Jadi, sebelum memulai kelas pastikan koneksi internet milikmu dalam keadaan lancar. Meski begitu, ketika cuaca sedang buruk atau paket data akan segera habis, jaringan internet biasanya akan terasa lemot. 

Jika pada saat itu kamu sedang menyimak penjelasan dari dosen, lemahnya jaringan internet akan membuat konferensi video menjadi delay dan penjelasan dosen jadi terlewat.

Apabila di tengah penjelasan dosen internet tiba-tiba mati, jangan panik. Kamu bisa menggunakan alternatif lain seperti mobile hotspot.  

  • Sulit untuk Disiplin

Terkadang kelas online membuat beberapa mahasiswa menjadi tidak disiplin. Padahal, tanggung jawab antara kuliah online dengan tatap muka itu sama. Kamu harus menghadiri kelas tepat waktu, menyimak penjelasan dosen dengan saksama, dan mengerjakan tugas lalu mengumpulkannya tepat waktu. 

Sekalipun suasana kelas terasa santai akibat tidak perlu berhadapan langsung dengan dosen pengajar, tetapi jangan sampai meremehkan kelas kuliah yang kamu ikuti. Hal itu tentu akan membawa dampak buruk untuk performance belajarmu nanti. 

Supaya lebih fokus, belajarlah di kelas online seperti kamu menghadiri perkuliahan secara tatap muka. 

Tips Sukses Kuliah Online

Setelah tahu tantangan kuliah online, sekarang cari tahu tips sukses belajar secara daring berikut ini. 

  • Jangan Menunda Tugas

Berbeda dengan masa-masa sekolah, di perkuliahan kamu dituntut untuk lebih mandiri. Termasuk ketika mengerjakan tugas. Jika ada waktu luang, kamu bisa memanfaatkannya untuk menyelesaikan pekerjaan rumah agar tidak menumpuk di belakang. 

Selain mengerjakan tugas, kamu bisa memanfaatkan waktu senggang untuk mengulas dan mengingat kembali materi yang telah dijelaskan.

  • Cari Lokasi Belajar yang Nyaman

Saat belajar kamu pasti butuh konsentrasi tinggi. Untuk itu cari atau ciptakan lokasi belajar yang nyaman agar kamu bisa memahami setiap materi yang disampaikan oleh dosen pengajar. Di sisi lain, ruangan yang nyaman akan membantu meningkatkan mood belajar jadi lebih baik. 

  • Aktif Saat Kuliah Online

Terakhir, sebisa mungkin kamu harus aktif di dalam kelas online. Bila ada materi yang tidak kamu paham, jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan. Kamu juga harus aktif menjawab ketika dosen mengadakan kuis. Mahasiswa yang aktif biasanya lebih diapresiasi oleh dosen, lho

Nah, sekarang kamu jadi tahu kan kalau kuliah online itu butuh niat dan komitmen yang sama dengan kuliah tatap muka. Semoga ulasan di atas bisa membantumu menghadapi tantangan selama belajar online, ya!

Buat kamu yang ingin meningkatkan kompetensi diri, karier dan bisnis yuk, ikuti mengikuti serangkaian kegiatan ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://online.binus.ac.id/one-x/

Whatsapp