BINUS Online

7 Tipe Orang yang Ada di Grup WhatsApp

Menurut berita yang dimuat oleh Databoks Katadata, WhatsApp menjadi media sosial paling populer di seluruh dunia. Sementara di Indonesia, WhatsApp merupakan sarana favorit masyarakat untuk membagikan berita, baik secara personal maupun melalui grup yang ada. 

Bicara mengenai grup WhatsApp, di dalamnya pasti berisi orang-orang dengan kepribadian yang berbeda, ada yang hobi membuat lelucon, ada juga yang senang menjadi silent reader. Berikut ini 7 tipe orang di grup WhatsApp yang akan kamu temukan. 

  • Tukang Baca

Ada kalanya beberapa orang memilih untuk menjadi silent reader atau tukang baca pada suatu grup obrolan. Meskipun menyimak apa yang sedang dibicarakan, tetapi biasanya orang dengan tipe ini tidak ikut campur untuk memberikan komentar. 

Ketika seorang silent reader memberikan komentar, mereka hanya merespons dengan beberapa kata setelah itu tidak ikut bergabung di percakapan selanjutnya.

Bagi anggota lainnya, keberadaan silent reader kerap dianggap menyebalkan dan tidak asyik. Padahal belum tentu di kehidupan nyata mereka seperti itu, lho

  • Tukang Salah Kamar

Pernah menjumpai anggota grup WhatsApp yang sering salah kamar? Oh iya, salah kamar di sini diartikan sebagai membalas pesan ke grup yang tidak sesuai. 

Ketika sadar bahwa ia mengirim pesan ke grup yang salah, biasanya pesan tersebut akan langsung dihapus sambil menyebutkan permintaan maaf karena salah kamar. 

Kejadian seperti ini umumnya terjadi ketika si penulis pesan dalam keadaan tidak fokus atau saking banyaknya grup yang ia ikuti. 

  • Tukang Cerita

Tipe selanjutnya adalah tukang cerita. Orang-orang seperti ini bisa menjadi sosok yang mampu menghidupkan suasana di grup. Meski begitu, terkadang ada juga yang merasa terganggu dengan apa yang ia bicarakan. 

Tukang cerita akan menganggap anggota grup sebagai tempat berkeluh kesah hingga berbagi hal terkait kehidupannya, mulai dari kegiatan keseharian atau bahkan masalah yang sedang ia hadapi.  

Jika ia adalah seorang yang jenaka, segala hal yang diceritakannya akan terasa menghibur.  

  • Tukang Motivasi

Ada orang yang hobi bercerita, ada juga anggota grup WhatsApp yang senang membagikan motivasi, entah menggunakan stiker, kata-kata, atau video. Kehadiran orang tipe ini bisa menjadi penyemangat tersendiri bagi anggota lainnya. 

Di sisi lain, pribadi yang senang menjadi motivator kadang bisa menjadi tempat terbaik untuk berbagi cerita karena dianggap memiliki vibes yang positif.  Nah, apakah kamu pernah menemukan anggota grup yang hobi memberikan motivasi? 

  • Tukang Kirim Meme

Perang meme kerap terjadi di dunia maya, termasuk di sebuah obrolan grup WhatsApp. Alih-alih membalas menggunakan kalimat, ada juga pribadi yang lebih suka membalas dengan meme lucu. 

Orang-orang seperti ini umumnya memiliki banyak stok meme untuk dibagikan dan menghidupkan suasana obrolan. Untuk membuat meme, sebenarnya kamu bisa membuatnya sendiri atau mencarinya di internet. Dari meme ini akhirnya momen berselancar di dunia mayamu jadi lebih asyik. 

  • Tukang Kabur

Saat seseorang merasa bosan dengan obrolan grup atau grup terasa sepi, mereka cenderung memilih untuk meninggalkan ruang obrolan atau left chat. Tak lama setelah keluar dari grup, admin di grup tersebut mengundangnya kembali untuk bergabung dan setelah itu orang yang diundang keluar dari grup untuk kedua kalinya. Individu seperti inilah yang disebut sebagai tukang kabur. 

  • Tukang Kepo

Tipe terakhir disebut sebagai tukang kepo. Orang jenis ini kerap mengajukan banyak pertanyaan untuk mendapatkan informasi yang mereka inginkan. Padahal beberapa informasi tertentu sebenarnya bisa dicari sendiri melalui Google daripada harus bertanya di grup. 

Itulah 7 tipe orang di grup WhatsApp yang akan kamu temukan. Nah, di antara ketujuh karakter di atas, poin mana nih yang mencerminkan kepribadianmu? Apa pun jawabannya, jangan sampai kamu menjadi pribadi yang menyebalkan di mata orang lain, ya!

Ohya, kamu juga bisa meningkatkan kompetensi diri, karier dan bisnis dengan mengikuti serangkaian kegiatan ONE-X (Online Learning Expo) yang akan digelar pada 23 – 25 September 2021. catat dan ingat tanggalnya yah dan segera bergabung di ONE-X https://online.binus.ac.id/one-x/

Whatsapp