BINUS Online

Yuk Atur Keuangan Dengan Baik!

Banyak orang menganggap bahwa mengatur keuangan adalah hal sulit. Sementara segelintir lainnya menyepelekan hal ini, padahal mengatur keuangan sangatlah penting. Utamanya bagi kamu yang berstatus sebagai mahasiswa. Tanpa mengatur keuangan kamu akan terjebak dalam berbagai kesulitan, seperti menunggak uang semesteran atau kos bagi mahasiswa rantau. 

Dengan mengelola keuangan, secara tidak langsung kamu sudah melatih diri menerapkan pola hidup sederhana dan hemat. Kamu akan berpikir dua kali sebelum membelanjakan uang. Apakah barang tersebut benar-benar diperlukan atau tidak? Mengatur keuangan dapat membuat hidup kamu lebih teratur. Kamu akan merencanakan keuangan secara detail, mulai dari biaya hidup, biaya kuliah, hingga biaya untuk bersenang-senang, seperti berlibur. 

Mengatur keuangan dengan baik juga meminimalisasi risiko stres akibat mengikuti gaya hidup berlebihan yang menyebabkan kamu terlilit utang. Jika sudah terbiasa hidup sederhana dan hemat, maka kamu akan menjalani hidup dengan ringan tanpa beban. Pasalnya, semua pemasukan dan pengeluaran sudah terencana dengan sangat detail.

Bagaimana Cara Mengatur Keuangan Bagi Mahasiswa?

Untuk mengatur keuangan kamu bisa memulainya dengan menyisihkan uang jajan. Jadikan menabung sebagai prioritas ketika kamu mendapatkan uang dari orang tua atau gaji. Menabung, berapa pun nominalnya akan membantu kamu di kemudian hari.

Dengan adanya tabungan, kamu juga tidak perlu menyulitkan orang tua atau meminjam uang kepada orang lain maupun bank ketika hendak membeli sesuatu yang diidamkan. Misalnya motor, sepeda, laptop, atau ponsel baru. Uang yang kamu simpan juga bisa dijadikan sebagai investasi masa depan, seperti deposito, tabungan berjangka, tabungan emas, atau reksa dana. Kamu akan mendapatkan timbal balik yang menguntungkan.

Selalu catat seluruh pemasukan dan pengeluaran dalam sebuah buku khusus. Sekecil apa pun pengeluaran, tulislah secara detail. Rencanakan anggaran keuangan untuk menghindari pengeluaran yang tidak seharusnya. Apabila ternyata rencana pengeluaran lebih besar dari pemasukan, lakukan pemangkasan. Kamu bisa mengurangi uang jajan dan menghapus anggaran untuk nongkrong atau liburan. 

Jika belum mencukupi, maka kamu memerlukan sumber pemasukan lain. Tidak ada salahnya mencari pekerjaan di sela-sela waktu kuliah. Cukup banyak pekerjaan sampingan yang dapat kamu coba, mulai dari bekerja di kafe, toko buku, atau minimarket. Jika kamu memiliki keterampilan, maka kamu bisa menawarkan jasa pada orang yang membutuhkan, seperti jasa jahit, mendesain web, menulis konten, atau lainnya.

Sangat dianjurkan untuk membuat dana cadangan. Berbeda dengan tabungan, dana cadangan digunakan untuk kebutuhan mendesak. Misalnya, biaya servis laptop, uang kesehatan, atau biaya kerusakan kendaraan. Dengan adanya dana cadangan, kamu tidak akan bingung ketika mengalami kesulitan dan membutuhkan dana yang tak sedikit.

Yang tak kalah penting, kamu harus bisa mengendalikan diri. Tanpa hal ini, keuangan yang terencana dengan baik akan berakhir sia-sia. Oleh karena itu, bulatkan tekad dan tetap memegang teguh komitmen untuk hidup hemat. Dengan begitu, ketika kamu diajak nongkrong oleh teman atau barang incaran  kamu sedang diskon besar, kamu bisa melaluinya dengan baik. Kamu tidak tergoda untuk mengeluarkan uang yang bukan bagian dari rencana. 

Apabila kamu ingin bekerja sembari kuliah untuk menambah pundi-pundi rupiah, kamu bisa mengikuti program BINUS ONLINE LEARNING (BOL). BOL memungkinkan kamu mengenyam pendidikan tanpa perlu khawatir mengenai jadwal kerja dan juga biaya yang dikeluarkan. Pasalnya, kamu bebas mengatur berapa banyak mata kuliah yang diambil sesuai kemampuan finansial dan merencanakan jadwal kuliah melalui sistem modular BINUS ONLINE LEARNING di semester kedua.

Menariknya, BOL hadir dengan lima program studi populer yang dapat kamu pilih sesuai minat atau pekerjaan kamu saat ini, seperti Teknik industri, Teknik Informatika, Sistem Informasi, Akuntansi, dan Business Management. Program BINUS ONLINE LEARNING merupakan solusi terbaik bagi kamu yang ingin meraih masa depan cemerlang. Tertarik? Ayo, daftar BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp