BINUS Online

Kamu Tim Mana, Lebih Boros di Rumah Atau di Kantor?

Sejak merebaknya COVID-19, setiap orang diwajibkan untuk menjaga jarak dan kebersihan. Physical Distancing ini menyebabkan ruang lingkup kamu terbatas. Yang semula bekerja di kantor menjadi bekerja dari rumah. Selama Work From Home (WFH), kamu harus bisa mengatur waktu agar lebih efektif. WFH tidak hanya menuntut kamu untuk beradaptasi dengan beragam teknologi penunjang pekerjaan, melainkan juga perubahan aktivitas dan jadwal kerja. 

Work From Home juga secara tidak disadari memengaruhi pengeluaran. Ada yang lebih hemat selama WFH berlangsung, ada juga yang justru makin boros. Lantas, tim manakah kamu?  

Tim Boros Di Rumah vs Tim Boros Di Kantor 

Sebenarnya, alasan bekerja dari rumah dianggap lebih hemat karena kamu tidak perlu mengeluarkan uang untuk transportasi umum atau membeli bensin. Namun, kamu harus mengeluarkan banyak biaya untuk membeli kuota ponsel atau berlangganan internet. Belum lagi kebutuhan listrik meningkat lantaran kamu harus menggunakan laptop atau komputer selama bekerja dari rumah.

Selama WFH kamu dilarang untuk bepergian ke luar rumah dan diminta menghindari kerumunan demi mencegah penyebaran virus Corona. Kamu tidak bisa pergi ke mall, menonton film di bioskop, atau nongkrong di kafe langganan. Seharusnya hal ini bisa menghemat pengeluaran, tetapi keterbatasan aktivitas justru kerap membuat sebagian orang bosan, tak terkecuali kamu. 

Alhasil, untuk mengatasi hal tersebut, banyak orang memilih untuk berlangganan aplikasi nonton drama dan film, membeli buku, atau konsol game. Tak sedikit orang yang mengatasi rasa bosan dengan berbelanja online hanya demi memuaskan keinginan ataupun mengikuti tren. Memang banyak promo yang ditawarkan marketplace, tetapi kurangnya kontrol dalam membelanjakan uang akan membuat pengeluaran membengkak lebih dari ketika kamu bekerja di kantor.

Tak hanya itu saja, lantaran tidak bisa pergi dengan bebas, biaya untuk membeli makanan melalui aplikasi order online melebihi limit. Maklum saja, banyaknya variasi makanan yang ditawarkan ditambah promo gila-gilaan mendorong kamu untuk belanja lebih dari seharusnya. Selain itu, order makanan secara online dianggap lebih praktis daripada memasak sendiri. Kamu hanya perlu memilih makanan, membayar, menunggu kurir mengantarkan pesanan, dan menikmatinya. 

Kendati demikian, kamu harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa pengantaran. Apabila dalam satu hari kamu memesan ke lima tempat, bayangkan berapa banyak uang yang dikeluarkan hanya untuk membayar biaya antar? Belum ditambah uang tip dan makanan itu sendiri.

Bagi kamu yang tidak suka membeli makanan dari luar, kamu harus mengeluarkan uang lebih untuk membeli peralatan masak dan perlengkapannya. Jangan lupakan juga biaya gas. Demi menjaga kesehatan dan terhindar dari bahaya virus Corona, kamu juga harus mengalokasikan dana untuk membeli alat kesehatan dan vitamin. 

Kesimpulannya, baik bekerja di kantor ataupun dari rumah selama kamu tidak dapat memprioritaskan kebutuhan utama, kamu akan kesulitan mengontrol pengeluaran. Bahkan, bukan tidak mungkin pengeluaran kamu lebih banyak dari pemasukan. Jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka kamu akan mengalami kesulitan keuangan dalam waktu dekat. 

Oleh karena itu, pastikan untuk merencanakan keuangan. Alih-alih berbelanja barang yang tidak diperlukan, alokasikan dana untuk menambah ilmu di BINUS UNIVERSITY melalui program BINUS ONLINE LEARNING (BOL). Kamu bisa mempelajari Akuntansi untuk mengatur keuangan atau memulai bisnis dengan mempelajari Business Management. Selain dua jurusan ini, tersedia pilihan lain, yaitu Teknik Industri, Teknik Informatika, dan Sistem Informasi. 

Program BINUS ONLINE LEARNING tidak hanya ditujukan bagi lulusan baru, melainkan juga yang sudah bekerja atau tengah merintis bisnis selama tiga tahun terakhir. Kamu tidak harus kesulitan memilih antara kerja dan kuliah, sebab kamu bisa menjalani keduanya secara bersamaan. Tak hanya bebas dan jumlah mata kuliah, kamu juga bisa mengatur jadwal kuliah. 

Dengan adanya program BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa meningkatkan kemampuan dan mengembangkan diri. Kuliah fleksibel, lulusan berkualitas, ya cuma di BINUS ONLINE LEARNING! Yuk, daftar sekarang!

Whatsapp