BINUS Online

Tantangan Apa Aja yang Bakal Kamu Hadapi Saat Kuliah Sambil Kerja

Pendidikan merupakan hal yang penting, tetapi tidak semua orang bisa mendapatkan kesempatan untuk menempuh pendidikan lebih tinggi. Meskipun demikian, kamu tidak boleh patah semangat. Pasalnya, ada solusi untuk tetap menikmati pendidikan dengan jerih payah sendiri, yakni kuliah sambil bekerja. Opsi ini menjadi pilihan sebagian besar orang yang terkendala masalah biaya. 

Jika kamu memutuskan untuk menjalani keduanya, maka harus siap menerima dan menghadapi tantangannya. Kamu akan kekurangan waktu istirahat. Selepas bekerja, kamu harus mengikuti kelas. Belum ditambah mengerjakan tugas dari dosen. Tak heran banyak orang yang kebingungan untuk mencari waktu belajar. Inilah salah satu alasan banyak mahasiswa yang memutuskan untuk berhenti kuliah di tengah jalan. 

Mengingat waktu istirahat kamu yang berkurang drastis, kamu akan mudah lelah dan mengantuk saat bekerja ataupun kuliah. Tak hanya itu saja, kesehatan kamu juga dipertaruhkan. Kamu harus pintar mencari waktu istirahat agar kesehatan terjaga sehingga kegiatan mencari ilmu maupun nafkah tetap berjalan lancar. 

Dengan memilih kuliah sambil kerja, artinya kamu akan kehilangan waktu untuk bermain, nongkrong, dan berkumpul dengan keluarga maupun teman. Bahkan, waktu untuk diri sendiri. Selain itu, kamu juga harus mengeluarkan biaya ekstra untuk membayar biaya SKS, BP3, hingga skripsi. Jika gaji kamu pas-pasan, maka kamu harus berhemat dan mengurangi belanja yang kurang penting. 

Kendati tantangan yang dihadapi cukup membuat nyali menciut, bekerja sambil kuliah bisa meningkatkan wawasan, kualitas diri, rasa tanggung jawab, dan pola pikir. Kamu juga bisa mengeksplorasi kemampuan dan menjalin relasi dengan berbagai latar belakang pendidikan maupun pekerjaan. Meskipun melelahkan, kuliah sambil bekerja akan meningkatkan mental kamu dalam menghadapi situasi pelik, bagaimana cara mengatur waktu, dan menentukan pilihan tepat.  

Makin kamu mengembangkan diri, makin besar peluang karier yang terbuka. Kamu bisa mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dengan gaji tinggi serta jenjang karier jelas. Bisa juga dengan membuka usaha sendiri. Selain penghasilan tak terbatas, kamu juga membantu pemerintah mengurangi pengangguran dengan membuka kesempatan kerja bagi orang lain. Oleh karena itu, kamu harus tetap berkomitmen dan sabar menjalaninya. Dengan tekad kuat, kamu akan mampu menghadapi semua tantangan yang ada. 

Mau Kuliah dan Kerja Tetap Lancar? BINUS ONLINE LEARNING Solusinya!

Mengingat kuliah sambil kerja tidaklah mudah, BINUS UNIVERSITY sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi terbaik di Indonesia menghadirkan program pendidikan khusus yang akan memudahkan kamu menimba ilmu sambil bekerja. Melalui program BINUS ONLINE LEARNING (BOL), kamu bisa mengembangkan kemampuan dan keterampilan tanpa harus berhenti dari pekerjaan saat ini.

BOL menawarkan lima Program Studi (prodi), yakni Business Management, Akuntansi, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik industri. Bisa dibilang, kelima program studi ini merupakan prodi populer yang diminati banyak mahasiswa dan juga menyerap banyak tenaga kerja. Artinya, peluang kamu mendapatkan pekerjaan yang lebih baik dan menjanjikan di masa depan terbuka lebar.  

Program BOL tidak berfokus pada materi, melainkan praktik sehingga kamu akan lebih mudah memahami bagaimana  cara kerja dan penerapannya di lapangan. Program BINUS ONLINE LEARNING dapat diikuti oleh lulusan SMA/SMK. Namun, bagi kamu yang ingin lulus kuliah lebih cepat, BINUS UNIVERSITY menyediakan program BOL melalui jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Syarat mengikuti RPL BINUS ONLINE LEARNING, kamu harus memiliki pengalaman kerja minimal tiga tahun sesuai dengan program studi yang akan diambil.

Supaya proses belajar tidak menganggu pekerjaan, kamu diberi kebebasan menyesuaikan jadwal kuliah. Dengan adanya sistem modular yang dimulai pada semester kedua, kamu bebas menentukan apa saja mata kuliah yang akan diambil. Dengan begitu kamu tidak akan terbebani biaya kuliah karena bisa menyesuaikan keadaan finansial. 

Berkat program BINUS ONLINE LEARNING, kamu bisa menghadapi tantangan kuliah sambil kerja dan meraih masa depan lebih baik. Program BOL memungkinkan kamu melanjutkan pendidikan tanpa khawatir mengenai jadwal kerja dan juga biaya. Tertarik untuk kuliah sambil kerja? Yuk, daftar BINUS ONLINE LEARNING!

Whatsapp