BINUS Online

Jadi Lulusan Teknik Informatika? Ketahui 7 Peluang Kariernya!

Apakah kamu masih bingung memilih arah untuk melanjutkan pendidikan? Pemilihan jurusan terkadang memang rumit, apalagi jika dikaitkan denga karier setelah lulus. Untuk bisa menemukan karier yang pas, butuh evaluasi diri dan menentukan hal yang benar-benar kamu nikmati.

Nah, bagaimana dengan teknologi informasi? Apakah kamu menyukainya? Kita berada di abad ke-21 yang segalanya tidak lepas dari teknologi informasi. Hampir seluruh aspek dalam kehidupan modern melibatkan hal tersebut. Bagi kamu yang punya ketertarikan terhadap teknologi informasi atau secara spesifik mengikuti perkembangannya, hobimu bisa diubah menjadi profesi, lo.

Untuk bisa mendalaminya, belajar di Jurusan Teknik Informatika perlu dilakukan. Jurusan ini dapat ditempuh dengan kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING. Apa saja peluang kariernya? Berikut tujuh opsi menarik yang bisa kamu pilih!

1. Guru dan Pelatih

Lulusan Teknik Informatika sangat bisa bergabung dengan bidang pendidikan, seperti guru dan pelatih. Untuk bisa meraih posisi ini, kamu harus memilih pendidikan yang tepat agar bisa menguasai subjek yang diperlukan. Lalu, sebagai bukti kemampuan dan pengetahuan, profesi ini menuntut calon pengajar untuk mengikuti ujian, memiliki pengalaman mengajar, memperoleh sertifikat, serta tidak ketinggalan dengan pembaruan terkini seputar edukasi teknologi informasi.

2. Konsultan Teknologi Informasi

Seorang konsultan teknologi informasi harus memiliki pemahaman yang mendalam seputar kebutuhan bisnis dan teknologi milik klien. Itu artinya, kamu perlu bertemu dengan klien sebelum proyek dimulai. Setelah memahami hal-hal yang klien butuhkan, waktunya konsultan untuk menyusun strategi dan memberikan saran-saran. Berminat menjadi konsultan teknologi informasi? Kalau begitu, kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING patut dipertimbangkan!

3. Analis Sistem

Analis sistem adalah pekerjaan yang bagus untuk lulusan Teknik Informatika. Profesi ini mengharuskanmu untuk mengintegrasikan informasi ke dalam sistem bisnis dan teknologi informasi yang sudah dibuat. Hal ini agar alur kerja, komunikasi, serta proses kerja keseluruhan dalam perusahaan bisa ditingkatkan. Namun, sebelum mengambil profesi ini, kamu harus siap dengan jam kerja yang panjang dan tekanan yang tinggi.

4. Insinyur Perangkat Lunak (Software Engineer)

Pekerjaan ini cocok untukmu yang menyukai kerja sama tim. Insinyur perangkat lunak mencakup bidang yang sangat luas, apalagi dengan banyaknya kebutuhkan aplikasi dan sistem komputer di zaman digitalisasi ini. Sederhananya, seorang insinyur perangkat lunak menghabiskan hari-harinya untuk membuat atau membangun ulang sistem informasi komputer. Adapun yang memanfaatkan keahliannya untuk meningkatkan keamanan jaringan perusahaan atau membuat aplikasi.

5. Pengembang Web (Web Developer)

Pengembang web bertanggung jawab memprogram kode yang “memberi tahu” situs web bagaimana caranya berfungsi. Profesi ini membangun dan merancang situs web dengan pendekatan “dari bawah ke atas”. Artinya, pengguna akhir tidak akan kesulitan menavigasikan situs web. Sebagai pengembang, situs web yang dibuat harus seimbang, yakni tidak boleh terlalu simpel sehingga tidak menarik bagi pengguna terlatih maupun terlalu rumit sampai pengguna pemula kesulitan mengaksesnya.

6. Spesialis Jaringan Komputer (Computer Network Specialist)

Satu lagi profesi bidang teknologi informasi yang menarik untuk kamu pilih. Spesialis jaringan komputer bertanggung jawab mengelola jaringan dan memastikan semuanya berfungsi secara efisien. Tidak seperti profesi lainnya, pekerjaan ini membutuhkan lebih banyak lulusan andal sehingga peluang lebih terbuka lebar.

7. Spesialis Basis Data (Database Specialist)

Terakhir, ada spesialis basis data yang bertugas menyimpan, mengembalikan, dan mengamankan data-data digital. Tugas lainnya termasuk mendesain elemen basis data, mengetes sistem, dan memperbaiki eror. 

Itulah tujuh peluang kerja bagi lulusan Teknik Informatika yang perlu kamu ketahui. Jurusan ini memberikan opsi karier yang bervariasi. Selain itu, Teknik Informatika juga selalu dibutuhkan, mengingat kita sekarang berada di zaman serbateknologi.

Nah, supaya lulus dengan pengetahuan bermutu tinggi, menempuh pendidikan di tempat yang tepat menjadi suatu keharusan. Kamu bisa kuliah online dengan fleksibel dan hemat di BINUS ONLINE LEARNING. Atur sendiri jadwal dan mata kuliah dengan Sistem Modular. Selain itu, bagi kamu yang sudah bekerja minimal tiga tahun atau memiliki sertifikat pelatihan, Program RPL akan membantumu lulus lebih cepat dan menghemat biaya.

Yuk, gabung dengan BINUS ONLINE LEARNING, Kuliah Fleksibel Lulusan Berkualitas!

Whatsapp