BINUS Online

Inilah 8 Prospek Kerja untuk Lulusan Sistem Informasi

Istilah “sistem informasi” dipakai secara luas untuk mendeskripsikan sistem, proses, bahkan orang-orang yang membuat, memanipulasi, menyimpan, dan mendistribusikan informasi. Sistem informasi untuk setiap urusan berbeda-beda. Maka dari itu, lulusan Sistem Informasi yang memiliki pengetahuan mendalam sangat dicari-cari, terutama di zaman digitalisasi ini.

Bagi kamu yang tertarik dan ingin berkutat dalam bidang sistem informasi, ada BINUS ONLINE LEARNING yang siap membantumu mewujudkannya. Kuliah online di universitas ini sangat fleksibel dan hemat. Belum lagi, BINUS UNIVERSITY sudah berkali-kali mencetak lulusan yang berkualitas.

Lulus dari tempat yang tepat membuat peluangmu di lapangan pekerjaan makin besar. Berikut delapan prospek kerja yang menanti lulusan Sistem Informasi!

1. Pengembang Web (Web Developer)

Seorang pengembang web membutuhkan kombinasi kemampuan desain grafis serta teknis komputer dalam membuat desain tertentu di situs web. Kemudian, situs web juga harus dibuat aman dan fungsional. Sudah menjadi kewajiban bagi seorang pengembang web untuk menciptakan situs yang mudah diakses oleh pegawai atau klien.

2. Administrator Basis Data (Database Administrator)

Satu lagi profesi yang bisa dicapai dengan kuliah online Jurusan Sistem Informasi. Administrator basis data menjamin bahwa seluruh basis data berjalan dengan efisien. Pekerjaan ini mengandalkan perangkat lunak khusus untuk menyimpan data-data seperti catatan pengiriman pelanggan dan informasi keuangan. Selain itu, administrator basis data juga memastikan bahwa data-data tersedia untuk setiap pengguna dan aman dari akses tak berizin.

3. Analis Sistem

Secara umum, analis sistem menguji sistem teknologi informasi yang sudah ada dan menuliskan persyaratan yang dibutuhkan dalam pembuatan sistem baru. Profesi ini juga mengharuskanmu berbicara dengan pengguna untuk mengumpulkan informasi, mengimplementasikan sistem baru, dan terhubung dengan staf TI lainnya dalam rangka produksi sistem. Analis sistem banyak dibutuhkan di bisnis konsultasi perangkat lunak, layanan publik, organisasi industri dan komersial, ritel, institusi keuangan, serta layanan industri.

4. Konsultan Sistem Informasi

Berikutnya, ada profesi konsultan sistem informasi yang bertanggung jawab dalam merancang dan mengurus sistem informasi milik organisasi sekaligus jaringan komunikasi yang mengintegrasinya. Konsultan juga harus menyusun kebijakan dan prosedur sistem informasi terkait, serta memberikan saran terkait masalah keamanan, jaminan kualitas, dan perluasan sistem kepada pihak manajemen.

5. Manajer Proyek Pengembangan Sistem Informasi

Manajer di bidang ini membutuhkan beberapa kemampuan untuk bisa memenuhi tanggung jawabnya. Kamu harus bisa mengelola proyek, memahami sistem informasi, dan mahir soal pengembangan peranti lunak. Adapun komponen-komponen yang harus dikuasai, antara lain,

  • Menjadwal
  • Memperkirakan
  • Sumber daya
  • Dokumen dan data proyek
  • Dasbor dan portal
  • Alat manajemen kerja kolaboratif
  • Media sosial
  • Kendali proyek

6. Perancang Sistem (System Designer)

Sesuai namanya, perancang sistem bekerja mendesain dokumentasi untuk pengembangan dan integrasi sistem komputer sedetail mungkin. Sistem yang diciptakan juga harus sesuai dengan kebutuhan bisnis. Kamu dituntut untuk berpikir logis dan analitis agar dapat memecahkan berbagai masalah. Tertarik dengan profesi ini?

7. Manajer Sistem Informasi

Peran utama dari seorang manajer sistem informasi ialah mengelola, memonitor, dan merancang sistem informasi dalam berbagai jenis pengaturan. Profesi ini juga mengawasi staf-staf yang merencanakan, menginstal, dan mengurus pembaruan peranti lunak maupun keras. Sebagai manajer di bidang ini, kamu harus punya kemampuan multitugas (multitasking) dan keahlian berbicara yang mumpuni.

8. Spesialis Dukungan Sistem

Terakhir, ada spesialis dukungan sistem yang memecahkan masalah, menginstal, dan memperbaiki perangkat keras maupun perangkat lunak sistem komputer. Banyak perusahaan yang membuka lowongan untuk profesi ini. Spesialis dukungan sistem biasanya bekerja secara independen dengan sedikit pengawasan, sekaligus berfungsi sebagai bagian dari tim TI yang lebih besar.

Bagaimana? Prospek kerja yang menarik, bukan? Kuliah online di BINUS ONLINE LEARNING  akan meningkatkan kesempatanmu memperoleh profesi yang menjanjikan. Selain itu, menjadi lulusan berkualitas dengan perkuliahan yang fleksibel dan terjangkau bukan lagi impian.

Tertarik untuk bergabung dengan BINUS ONLINE LEARNING? Sebaiknya, pelajari selengkapnya terlebih dahulu di sini.

Whatsapp