BINUS Online

Tips Tugas Kuliah Tanpa Revisi

Salah satu masalah yang kerap dihadapi mahasiswa adalah revisi setiap mengerjakan tugas atau skripsi. Akibatnya, kewajiban yang harusnya selesai tepat waktu menumpuk dan bertambah dengan adanya tugas baru. Padahal biasanya, revisi tersebut termasuk minor.

Kesalahan hanya muncul pada kesalahan format penulisan, typo, atau peletakan tanda baca yang keliru. Jadi sebenarnya, revisi bisa dihindari. Karena sebagai mahasiswa, sudah seharusnya kita memiliki kemampuan menulis yang baik dan mampu mengungkapkan pokok pikiran sendiri ke tugas yang diberikan dosen.

Diakui atau tidak, Indonesia termasuk salah satu negara dengan kemampuan baca dan menulis rendah. Inilah alasan ketika dihadapkan pada perkara tulis menulis, mahasiswa kerap kesulitan menuangkan ide. Meskipun begitu, kita tidak boleh berpasrah.

Kemampuan menulis tetap harus diasah mengingat untuk memperoleh gelar sarjana, kamu harus membuat skripsi dan mempertanggungjawabkan isinya di hadapan dosen pembimbing dan penguji ketika sidang. 

Tips Mengerjakan Tugas Tanpa Revisi

Agar memiliki kualitas tulisan bagus dan minim kesalahan, ada beberapa tip yang bisa dilakukan. Mari kita simak ulasannya,

  • Memahami Tugas yang Diberikan

Ketika mendapat tugas dari dosen, pahami dulu konsep pengerjaan yang diharapkan. Jika kesulitan, jangan malu untuk berkonsultasi pada dosen atau bertanya pada kakak tingkat. Kalau perlu, cobalah cari contoh format tugas dari mahasiswa tingkat atas agar tidak ada revisi minor. 

Pastikan pula kamu sudah memahami setiap pertanyaan yang diberikan. Karena biasanya, kesalahan muncul akibat kurangnya pemahaman mahasiswa pada persoalan yang diberikan dosen. Carilah referensi yang tepat dan tuangkan pokok pikiranmu sesuai dengan referensi yang dibaca.

  • Hindari Copy Paste

Kesulitan mengolah dan menyusun kata menjadi kalimat kerap membuat kita memutuskan untuk copy paste pendapat orang lain dari buku atau internet. Daripada begitu, sebaiknya parafrasekan lagi pendapat yang kamu baca dengan bahasa sendiri untuk meminimalisasi unsur plagiarisme.

Kamu juga bisa mengutip secara langsung kata-kata tersebut tanpa melupakan sumbernya. Namun sebelumnya, pastikan sumber yang didapat benar-benar valid dan berasal dari buku atau jurnal tepercaya. Hindari mencomot pendapat dari internet yang belum jelas siapa sumbernya.

  • Perbanyak Baca Buku

Selain menambah wawasan, buku juga bisa membantu kita mengetahui letak tanda baca yang tepat. Meskipun terlihat sepele, nyatanya kesalahan letak tanda baca kerap menjadi salah satu alasan revisi. Kebiasaan membaca buku juga bisa menambah koleksi kosakata yang dimiliki.

Diakui atau tidak, walaupun bahasa Ibu kita adalah Bahasa Indonesia, masih banyak yang kesulitan menemukan pilihan kata yang tepat untuk mengungkapkan sesuatu. Gemar membaca akan memudahkan kita mengolah sekaligus menyusun kata sehingga ketika tetap enak dibaca dan mudah dimengerti.

Itulah beberapa tips mengerjakan tugas tanpa revisi yang bisa dijadikan referensi. Selain bisa diaplikasikan pada mahasiswa biasa, tips tersebut juga tepat untuk mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Keterbatasan waktu sering kali membuat mereka mengerjakan tugas secara terburu-buru sehingga risiko revisi makin besar.

Inilah alasan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja dituntut untuk memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Selain itu, pilihlah kampus yang menyediakan metode pembelajaran fleksibel sehingga kita bisa mudah mengatur waktu yang dimiliki untuk menyelesaikan tugas kuliah dan kewajiban di tempat kerja.

Misalnya, kamu bisa memilih program perkuliahan online seperti yang diselenggarakan BINUS UNIVERSITY. Melalui program BINUS ONLINE LEARNING, universitas swasta terbaik ini menyelenggarakan kelas perkuliahan daring yang bisa diikuti mahasiswa di mana dan kapan saja.

Dengan sistem mata kuliah dan lama studi pilihan, BINUS ONLINE LEARNING memberi kesempatan pada mahasiswa yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya untuk mengembangkan diri. Setidaknya, ada lima bidang studi yang bisa dipilih dengan masa studi 5, 6, dan 7 semester.

Hal tersebut membuat BINUS ONLINE LEARNING berbeda dengan program kelas karyawan lainnya yang kebanyakan tetap menuntut kehadiran mahasiswa saat akhir pekan atau ketika ujian. Semoga bermanfaat.

Whatsapp