BINUS Online

Wajib Dicoba! Ini 5 Tips Menambah Teman Selama Kuliah Online

Membahas serba-serbi tren kuliah online saat ini memang tak ada habisnya. Di satu sisi, sistem perkuliahan tersebut dianggap menjadi solusi bagi mereka yang ingin melanjutkan studi tetapi terkendala batasan waktu dan tempat. Namun, di sisi lain, banyak pihak yang masih meragukan efektivitas pembelajaran serta kualitas lulusannya.

Kini, aspek sosialisasi dari perkuliahan daring juga mulai menjadi sorotan. Sebagian orang bertanya-tanya bagaimana cara mahasiswa yang berkuliah secara online bisa berteman dan bersosialisasi dengan mahasiswa lainnya. Sebagian lain bahkan meragukan jika interaksi yang tercipta di ranah virtual tidak akan sehangat interaksi tatap muka ala kuliah tradisional.

Untungnya, kita hidup di masa teknologi komunikasi bisa diakses dengan mudah layaknya menjentikkan jari. Perkuliahan online tidak menjadi batasan untuk menambah teman. Dengan sejumlah tips ampuh berikut, kamu tetap bisa melebarkan jangkauan sosialisasi bersama teman-teman yang bertemu di dunia virtual.

  • Ciptakan Hubungan yang Baik di Media Sosial

Instagram, Twitter, Facebook, dan sederet media sosial lainnya adalah salah satu gerbang utama yang akan mengantarkanmu bertemu teman-teman baru dari perkuliahan online. Faktanya, sebuah penelitian yang diterbitkan lembaga riset Pew Research Center, Amerika Serikat, menyimpulkan bahwa 76% siswa kelas online menggunakan media sosial untuk terhubung dengan teman-temannya. 

Kamu juga bisa melakukan hal yang sama, yakni menciptakan hubungan baik dengan teman kuliah daring melalui perantara media sosial. Jangan ragu untuk menjadi follower atau menghubungi mereka lewat fitur DM dan PM.

  • Bergabung dengan Grup atau Komunitas Virtual

Selain menciptakan budaya belajar baru, kuliah online juga menjadi faktor utama berkembangnya berbagai grup virtual, termasuk komunitas yang berisi mahasiswa-mahasiswa jurusan tertentu.

Nah, kamu pun bisa ikut bergabung dalam grup atau komunitas ini agar selalu terhubung dengan teman-teman di jurusan yang sama atau yang memiliki minat serupa. Jika komunitas seperti ini dirasa belum ada, tak ada salahnya untuk menjadi pionir yang pertama kali menciptakannya.

  • Aktif di Sesi Kelas Virtual

Baik di dunia nyata maupun maya, mahasiswa yang aktif selama sesi perkuliahan akan mudah dikenali oleh mahasiswa lainnya. Cara ini bisa juga kamu praktikkan untuk menambah teman.

Cobalah untuk bersikap dan berperan aktif dengan bertanya, berdiskusi, atau menanggapi interaksi yang terjadi selama kelas virtual berlangsung. Namun, pastikan jika perilakumu yang aktif sejalan dengan topik dan situasi yang tengah terjadi, agar tidak dicap orang lain sebagai asal bunyi. 

  • Jangan Ragu untuk Berdiskusi dan Berkolaborasi

Dalam beberapa kesempatan, program kuliah S1 online menuntut mahasiswanya untuk bisa bekerja dalam tim dengan diskusi atau kolaborasi kelompok. Hal ini sebenarnya merupakan kesempatan yang bisa kamu manfaatkan untuk menambah teman dan memperluas jaringan.

Jadilah rekan satu tim yang bertanggung jawab dan bisa dipercaya. Jangan ragu pula untuk mengomunikasikan hal apa pun dengan teman sekelompok lainnya terkait tugas atau proyek yang harus dikerjakan.

  • Rencanakan Pertemuan di Dunia Nyata

Kita tak dapat memungkiri jika sedekat apa pun interaksi yang terjadi di ranah maya masih akan terasa kurang lengkap tanpa pertemuan langsung di dunia nyata. Itulah mengapa kamu juga perlu merencanakan agenda pertemuan dengan teman-teman kuliah yang biasanya hanya ditemui lewat perantara layar.

Tak perlu mengadakan gathering besar-besaran yang dihadiri banyak peserta. Kamu cukup mulai mencari teman yang lokasinya paling dekat dengan tempatmu berada. Buat janji bertemu dengan mereka di waktu luang untuk sekadar ngobrol santai atau mengenal lebih jauh satu sama lain.

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menambah teman selama kuliah online. Dengan mengikuti sejumlah tips di atas, kamu tak perlu khawatir akan batasan sosialisasi yang mungkin terjadi dalam pembelajaran kuliah secara virtual. Interaksi dan komunikasi dengan teman—lama maupun baru—yang kamu temui dalam perkuliahan online tetap bisa terjalin secara berkesan dan penuh keseruan.

Keseruan berkuliah daring juga bisa dirasakan saat bergabung dengan BINUS Online Learning. Menawarkan fleksibilitas sistem belajar dan biaya kuliah, program yang dinaungi oleh BINUS UNIVERSITY ini menjadi pilihan yang cocok bagi kamu yang sudah bekerja dan ingin mengikuti kelas karyawan secara online. Hubungi kontak WhatsApp +62852-08-696969 atau email ke binus_online@binus.edu untuk cari tahu lebih banyak tentang program ini!

Whatsapp