BINUS Online

Manfaat yang Dirasakan Mahasiswa Kuliah Sambil Kerja

Bisa langsung melanjutkan pendidikan dari SMA ke perguruan tinggi mungkin hal biasa bagi kebanyakan orang. Namun, bagi sebagian lain, kesempatan semacam ini harus diperjuangkan dulu. Ada yang baru bisa berkuliah setelah beberapa kali mencoba tes ujian masuk perguruan tinggi, ada pula yang harus menunda dulu dan bekerja.

Bagi yang harus bekerja dan tidak bisa melanjutkan kuliah karena berbagai alasan, jangan khawatir. Kamu masih bisa melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan mengikuti program kuliah untuk karyawan. Salah satunya program BINUS ONLINE LEARNING (BOL) dari BINUS University. 

Program semacam ini memang dibuat untuk mahasiswa yang sedang menjadi karyawan agar mereka bisa tetap mengembangkan diri di tengah keterbatasan waktu dan biaya. Menjadi mahasiswa sekaligus pekerja juga bukan hal aneh, apalagi jika kita memiliki time management yang baik.

Bahkan bagi sebagian orang, bekerja sambil berkuliah memiliki beberapa manfaat yang mungkin belum bisa dirasakan oleh mahasiswa biasa.

Manfaat Kuliah Sambil Kerja

  • Bisa Memperluas Jaringan dengan Mudah

Lingkungan kantor dan kampus tentu sangat berbeda. Dengan menjalani dua kehidupan sekaligus, kamu memiliki kesempatan bertemu dengan berbagai macam orang dan memperluas jaringan. Jika beruntung, beberapa dari mereka bisa menjadi salah satu alasan kamu sukses nantinya. Karena diakui atau tidak, salah satu faktor sukses di dunia kerja adalah memiliki relasi dan jaringan berkualitas. 

  • Kesempatan untuk Meningkatkan Kualitas Diri

Mereka yang menjadi pekerja sekaligus mahasiswa tentu memiliki pengalaman hidup berbeda. Pola pikirnya pun tidak bisa disamakan dengan mahasiswa biasa. Inilah mengapa, tidak semua orang bisa menjadi mahasiswa sekaligus pekerja. Jadi ketika kamu memiliki kesempatan itu, manfaatkan sebaik-baiknya untuk meningkatkan kualitas diri sekaligus memperkaya pengalaman.

  • Lebih Disiplin dan Pintar Mengatur Waktu

Selain pengalaman, kewajiban yang dimiliki pekerja sekaligus mahasiswa tentu lebih banyak dibanding mahasiswa biasa. Hal ini membuat mereka dituntut untuk memiliki manajemen waktu yang baik. Jadi, jangan heran apabila mahasiswa yang bekerja cenderung lebih disiplin dan mampu menyelesaikan tanggung jawab mereka dengan baik jika dibandingkan mahasiswa kebanyakan.

  • Bijak Mengelola Uang

Tidak hanya pintar mengatur waktu, kamu juga dituntut untuk bisa mengelola uang ketika berkuliah sambil bekerja. Bagaimana tidak, penghasilan yang didapatkan setiap bulan harus disisihkan untuk biaya pendidikan jika ingin selesai tepat waktu. 

Meskipun begitu, kita tetap harus berhati-hati. Karena biasanya, memiliki penghasilan sendiri memicu beberapa orang untuk berlaku boros atas nama self-reward. Jadi, daripada menghabiskan uang untuk memenuhi kepuasan diri, mulailah untuk menabung dan berinvestasi.

  • Dapat Mengaplikasikan Teori di Tempat Kerja dan Sebaliknya

Enaknya menjadi mahasiswa sekaligurspekerja, kamu tidak perlu membayangkan bagaimana pengaplikasian teori yang didapat di kampus dalam dunia kerja. Terlebih lagi, bidang studi yang diambil sesuai dengan lini pekerjaan yang dijalani. 

Kamu bisa langsung menerapkan ilmu yang didapat saat dan melihat hasilnya. Begitu pula sebaliknya, pengalaman di tempat kerja bisa dijadikan bahan untuk memahami teori yang didapatkan ketika menjadi mahasiswa. 

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan ketika memutuskan untuk kuliah sambil bekerja. Jadi, berminat menjadi mahasiswa sekaligus karyawan?

Tentang BINUS ONLINE LEARNING

Sebagaimana yang sempat disinggung sebelumnya, kamu bisa mengikuti program khusus seperti BINUS ONLINE LEARNING dari BINUS UNIVERSITY ketika ingin belajar sambil bekerja. Berbeda dengan beberapa program kuliah untuk karyawan lainnya, BINUS ONLINE LEARNING menggunakan metode pembelajaran online yang bisa dilakukan di mana dan kapan saja.

Selama memiliki gadget serta jaringan internet memadai, kamu bisa mengikuti kuliah tanpa khawatir meninggalkan pekerjaan. Setidaknya ada lima bidang studi yang ditawarkan BOL untuk calon mahasiswanya, yaitu Akuntansi, Business Management, Sistem Informasi, Teknik Informatika, dan Teknik Industri.

Semua bidang studi tersebut dapat ditempuh dalam tiga pilihan lama studi, yaitu 5, 6, atau 7 semester dengan biaya pendidikan yang menyesuaikan. Jadi, bagi yang memiliki keterbatasan waktu dan biaya, BINUS ONLINE LEARNING bisa menjadi salah satu referensi kampus pilihan untuk melanjutkan pendidikan sambil bekerja.

Semoga informasi di atas bermanfaat.

Whatsapp