Ini 5 Hal yang Akan Dirindukan Setelah Lulus Kuliah Online

Kuliah online merupakan salah satu dampak nyata dari pandemi yang memaksa orang-orang untuk melakukan pembatasan kegiatan sosial. Tercatat di Indonesia, aktivitas perkuliahan dalam jaringan ini sudah dilakukan selama lebih dari satu tahun sejak WHO menyatakan COVID-19 sebagai pandemi global.

Meski semua pihak dari dosen hingga mahasiswa harus belajar beradaptasi dengan sistem dan metode pembelajaran yang relatif baru, kuliah daring ternyata memberikan kesan yang mendalam bagi mereka yang menjalaninya. Bahkan, jika kamu bergabung bersama BINUS ONLINE LEARNING yang kegiatan belajarnya dilakukan secara online, kamu akan merasa kangen pada sejumlah hal ini setelah lulus nanti.

  • Kesibukan Saat Kuliah Sambil Bekerja

Bagi mahasiswa yang bekerja sembari berkuliah secara online, kesibukan saat membagi waktu belajar dan berkarier adalah salah satu kesan utama yang akan dirindukan setelah gelar sarjana didapatkan. Ketika hal ini dijalani, hari-hari kamu mungkin dipenuhi dengan agenda virtual meeting bersama teman sekantor sekaligus jadwal kuliah yang sama-sama dilakukan lewat jaringan maya.

Namun, jangan salah lho! Aktivitas berkuliah via daring ternyata bisa berdampak positif terhadap produktivitas pekerjaanmu. The Learning House, sebuah lembaga pendidikan daring di Amerika Serikat, pernah melakukan survei terkait hal ini. Faktanya, 45% mahasiswa yang berkuliah online melaporkan bahwa mereka lebih mudah membagi waktu untuk bekerja selama sesi perkuliahan berlangsung. 

  • Waktu Belajar yang Fleksibel

Bayangkan jika tempat kerja dan kuliahmu berada di lokasi yang cukup jauh satu sama lain. Kamu yang tengah berada di kantor mungkin harus berkejaran dengan waktu untuk sampai di kampus tanpa terlambat. 

Untungnya dengan kuliah online, hal tersebut tidak akan kamu alami. Meski masih berada di tempat kerja atau di mana saja kamu tetap bisa mengikuti perkuliahan hanya dengan membuka laptop atau gawai yang telah terhubung dengan jaringan internet. Waktu belajar dengan fleksibilitas tinggi seperti ini adalah satu dari sekian alasan mengapa sistem belajar online akan dirindukan.

  • Suasana Kuliah yang Santai

Suasana pembelajaran dalam gedung kuliah yang dilakukan sebelum terjadi pandemi cenderung memaksa mahasiswa untuk berpakaian secara resmi. Minimal, kamu harus mengenakan pakaian yang sopan dan tidak memilih sandal jepit sebagai alas kaki.

Namun, berbeda halnya dengan kuliah daring. Suasana kuliah akan terasa lebih santai dan jauh dari aturan berpakaian tertentu. Dengan pakaian rumah sekalipun, kamu tetap bisa percaya diri mengikuti kegiatan belajar yang diagendakan. Nah, setelah lulus nanti, momen-momen santai seperti ini pasti akan dikenang juga.

  • Momen-Momen Mengerjakan Tugas

Meski sistemnya berbeda dengan perkuliahan reguler, kuliah S1 online bukan berarti bebas tugas. Kamu tetap harus mengerjakan sederet tugas, melakukan diskusi dengan mahasiswa lain, atau terlibat dalam suatu forum perkuliahan.

Momen-momen saat pengerjaan tugas inilah yang akan membuatmu kangen dengan suasana kuliah setelah lulus. Bahkan, bukan hal yang tidak mungkin jika kamu akan merindukan beberapa materi mata kuliah yang dirasa paling berkesan.

  • Penggarapan Tugas Akhir

Baik kuliah daring maupun luring, tugas akhir akan memiliki kesan mendalam bagi mahasiswa yang menyelesaikannya. Nanti setelah kamu meninggalkan bangku kuliah, momen-momen berkesan saat mengerjakan tugas akhir atau skripsi pasti akan muncul sebagai kenangan. Jika hal ini terjadi, kamu pun tentu akan merindukan masa-masa kuliah, apalagi jika sebagian besar agendanya dilakukan secara online, jelas berbeda dari biasanya.

Itulah beberapa hal yang akan dirindukan mahasiswa setelah menyelesaikan kuliah atau kelas karyawan online. Selain sejumlah hal di atas, kamu yang memilih BINUS ONLINE LEARNING sebagai tempat mengenyam pendidikan tinggi tentu akan merindukan sistem pembelajarannya yang berkualitas. 

BINUS ONLINE LEARNING memang memberikan penawaran dan pelayanan pendidikan daring dengan sistem yang berbeda sekaligus berkualitas tinggi. Di sini, kamu bisa mengikuti pembelajaran sistem modular yang fleksibel atau sistem Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) yang bisa menyetarakan kualifikasi pengalamanmu. Keduanya memberikan segudang keuntungan bagi kamu yang ingin kuliah sambil bekerja.

Tak perlu ragu untuk menjadi bagian dari program pendidikan BINUS ONLINE LEARNING. Cari tahu sekarang juga dengan mengakses halaman webnya di binus_online@binus.edu atau menghubungi narahubung via WhatsApp di +62852-08-696969. Sistem kuliah yang fleksibel di program ini akan mengantarkanmu menjadi lulusan berkualitas yang sukses berkarier di mana saja.

Whatsapp