Perbedaan Fakultas, Jurusan dan Program Studi

Dalam pendidikan tingkat perguruan tinggi, ada sistem klasifikasi tersendiri yang digunakan untuk membagi-bagi mahasiswa. Ada yang disebut fakultas, jurusan dan ada pula program studi. Bagi yang ingin meneruskan pendidikan ke jenjang S1, ada baiknya mengetahui terlebih dahulu perbedaan ketiganya.

Pengertian Fakultas

Divisi paling besar dari sebuah universitas adalah fakultas. Fakultas sendiri berasal dari bahasa Belanda yakni faculteit yang artinya bagian administratif sebuah universitas yang membawahi beberapa jurusan. Dalam satu universitas biasanya terdapat lebih dari satu fakultas. Contohnya adalah Fakultas Hukum, Fakultas Kedokteran, dan lain sebagainya.

Dekan merupakan pimpinan tertinggi universitas di tingkat fakultas. Seorang dekan dipilih lewat rapat senat dan saat bertugas biasanya dibantu oleh 3 orang wakil yang disebut dengan pembantu dekan.

Pengertian Jurusan

Di bawah divisi besar fakultas, sistem administratif kampus dibagi lagi menjadi beberapa jurusan. Jurusan merupakan divisi yang fokus pada bidang yang akan didalami oleh mahasiswa yang menempuh pendidikan.

Sebuah fakultas biasanya memiliki lebih dari satu jurusan. Meskipun secara garis besar setiap jurusan masih dalam satu fakultas masih memiliki hubungan, namun mata kuliah yang diambil untuk masing-masing jurusan berbeda. Misalnya saja dalam fakultas sastra yang membawahi jurusan sastra Jepang dan sastra Indonesia. Meski sama-sama mempelajari sastra tetapi keduanya membahas bidang bahasa yang berbeda.

Selain mata kuliah yang sifatnya keterampilan dan keilmuan, ada beberapa mata kuliah dasar atau wajib yang harus diikuti oleh semua mahasiswa di sebuah universitas tanpa memandang fakultas maupun jurusan, seperti misalnya mata kuliah Pancasila dan kewarganegaraan, agama, dan lain sebagainya.

Pengertian Program Studi (Prodi)

Prodi atau program studi merupakan istilah yang masih membuat banyak mahasiswa kebingungan. Pasalnya, sekilas prodi terdengar sama saja dengan jurusan. Ini karena ruang lingkup ilmu yang diajarkan sebenarnya sama-sama spesifik.

Prodi sendiri sebenarnya adalah pembagian dari jurusan namun lebih spesifik lagi. Prodi sering juga disebut sebagai peminatan atau konsentrasi karena bisa dipilih oleh mahasiswa dalam satu jurusan. Contohnya di jurusan Bahasa Indonesia ada pembagian lagi berdasarkan konsentrasi yakni Sastra Indonesia dan Bahasa Indonesia. Setiap mahasiswa bisa memilih prodi mana yang akan menjadi konsentrasinya.

Fakultas dan Jurusan Apa Saja yang Ada di BINUS ONLINE LEARNING?

BINUS University sebenarnya menyediakan banyak pilihan fakultas, jurusan dan program studi yang bisa dipilih berdasarkan minat masing-masing mahasiswa. Namun untuk Anda yang ingin melanjutkan S1 melalui program BINUS ONLINE LEARNING, saat ini tersedia 5 jurusan yang bisa dipilih, antara lain:

  • Jurusan Akuntansi

Jurusan akuntansi secara administratif berada di bawah Fakultas Ekonomi dan Komunikasi. Selain jurusan akuntansi, masih ada jurusan lain yang berhubungan seperti Komunikasi Pemasaran dan Manajemen Hotel.

  • Jurusan Sistem Informasi dan Jurusan Teknik Informatika

Kedua jurusan ini sama-sama berada di bawah naungan Fakultas Ilmu Komputer yang juga membawahi beberapa jurusan lain seperti Sistem Komputer, Komputerisasi Akuntansi dan lain sebagainya.

  • Teknik Industri

Seperti namanya, jurusan teknik industri berada di bawah Fakultas Teknik. Selain teknik industri fakultas teknik juga membawahi beberapa jurusan lain seperti teknik sipil, teknik komputer dan arsitektur.

  • Manajemen Bisnis

Manajemen bisnis dibawahi oleh Sekolah Bisnis dan Manajemen. Selain manajemen bisnis adalah program studi pemasaran internasional dan studi manajemen yang juga berada di bawah naungan fakultas yang sama.

Itulah beberapa informasi yang sebaiknya diketahui oleh calon mahasiswa yang ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 melalui BINUS ONLINE LEARNING. Tertarik untuk mendaftarkan diri? Hubungi kami di Whatsapp 0852-08-696969 atau via email di alamat binus_online@binus.edu.

Whatsapp