Berkenalan dengan Keunggulan Program RPL dari BINUS ONLINE LEARNING

Perkuliahan secara daring adalah salah satu metode pembelajaran yang dewasa ini banyak diimplementasikan di berbagai belahan dunia, tidak terkecuali di Indonesia. Fleksibilitas dan hemat biaya adalah beberapa daya tarik kuliah online. 

BINUS ONLINE LEARNING yang telah berpengalaman menggabungkan pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, punya inovasi sendiri dalam perkuliahan daring dengan salah satu programnya yang bernama Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Program ini menawarkan beberapa keunggulan yang berbeda dengan program reguler BINUS ONLINE LEARNING.

TENTANG REKOGNISI PEMBELAJARAN LAMPAU (RPL)

Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja dan/atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi yang ditawarkan BINUS ONLINE LEARNING. Jalur RPL ini bisa diikuti oleh profesional dengan pengalaman kerja minimal 3 tahun.

Secara sederhana, bisa dijelaskan sebagai program konversi pengalaman profesional atau pelatihan sertifikasi yang telah Anda punya menjadi menjadi raihan satuan kredit semester (SKS) dalam bentuk mata kuliah. Jadi, pengalaman yang telah Anda punya bisa menggantikan proses reguler mengikuti mata kuliah tersebut. 

Program RPL ini bertujuan agar lebih banyak profesional yang mendapat kesempatan lebih luas untuk memperoleh pendidikan tinggi. RPL juga merupakan sebuah implementasi pembelajaran sepanjang hayat (life-long learning) yang diharapkan akan meningkatkan jumlah angkatan kerja terdidik dan berkeahlian.

Lifelong learning atau pembelajaran sepanjang hayat adalah sebuah konsep pembelajaran di mana seorang lifelong learner atau pembelajarnya tidak berhenti mengembangkan diri dan terus berupaya belajar demi meningkatkan keahlian dan daya saingnya. Program Rekognisi Pembelajaran Lampau ini dapat berfungsi sebagai motivasi bagi para profesional untuk menjadi seorang lifelong learner dan mengejar pendidikan yang lebih tinggi.

Melewati Proses Asesmen

Konversi pengalaman kerja atau sertifikasi ini tentunya akan melewati proses asesmen terlebih dahulu untuk menentukan nilai dan ada jumlah maksimalnya. Jumlah maksimal konversinya adalah 15 mata kuliah. Sisa kredit selanjutnya akan dilanjutkan sesuai kurikulum program studi BINUS ONLINE LEARNING yang diambil.

Proses asesmen ini selain melibatkan proses analisa dokumen-dokumen penunjang, juga akan melewati proses interview bersama asesor berpengalaman. Hal ini dilakukan untuk memastikan hasil capaian mata kuliahnya sepadan dan sesuai.

Lulus Lebih Cepat

Salah satu keunggulan utama program RPL tentu saja adalah kelulusan yang lebih cepat. Dengan raihan mata kuliah yang didapat dari proses penyetaraan, jumlah satuan kredit yang harus ditempuh menjadi berkurang, sehingga mahasiswa bisa lulus lebih cepat ketimbang mahasiswa reguler.

Sebagai contoh, jika hasil penyetaraan berhasil mendapatkan 5 mata kuliah, maka lama studi yang harus ditempuh bisa berkurang menjadi 7 semester saja dari yang normalnya 8 semester. Jika yang diperoleh adalah 10 mata kuliah, maka waktu studi  yang tersisa untuk dijalani tinggal 6 semester. Apabila hasil konversi yang didapat adalah 15 mata kuliah, maka masa studi akan tersisa 5 semester saja.

Lebih Hemat

Raihan mata kuliah yang didapat dari program penyetaraan RPL ini hanya dikenakan 50% dari biaya mata kuliah reguler. Tidak hanya itu, masa studi yang diperpendek pun akan mengurangi besaran biaya BP3, sehingga jika ditotal akan lebih hemat biaya, bukan?

Program Studi Pilihan

Jalur penyetaraan RPL ini hanya bisa dinikmati oleh peserta program studi kuliah online BINUS ONLINE LEARNING berikut ini:

  1. Akuntansi (SMA/K  ke  S1)
  2. Business Management (SMA/K  ke S1)
  3. Sistem Informasi (SMA/K ke S1)
  4. Teknik Informatika (SMA/K ke S1)
  5. Teknik Industri (SMA/K ke S1)

 

Kalau Anda adalah seseorang dengan pengalaman kerja yang ekstensif, jalur RPL ini akan membantu Anda untuk lulus lebih cepat sekaligus hemat biaya. Apabila Anda tertarik untuk tahu lebih lanjut, jangan sungkan untuk menghubungi bagian pendaftaran di nomor Whatsapp 0852-08-696969.

Whatsapp