Mengenal Kuliah Online dan BINUS ONLINE LEARNING

Pandemi Covid19 telah membawa sejumlah perubahan dalam kehidupan. Banyak sektor yang terdampak akibat kondisi ini, tidak terkecuali bidang pendidikan. Untuk menekan angka penularan, pembelajaran tatap muka untuk sementara ditiadakan. Lembaga pendidikan pun mau tidak mau memilih untuk melaksanakan proses belajar mengajar secara daring, termasuk lembaga pendidikan tinggi.

Sebagai salah satu lembaga pendidikan yang sudah berpengalaman menyediakan program pendidikan berbasis teknologi informasi dan komunikasi, BINUS UNIVERSITY ikut berkontribusi menyediakan solusi atas kondisi ini, yaitu dengan menyelenggarakan program kuliah online bernama BINUS ONLINE LEARNING (BOL). 

Apa Itu BINUS ONLINE LEARNING?

BINUS ONLINE LEARNING adalah sebuah program pembelajaran yang dilakukan secara daring dengan media pembelajaran yang dapat diakses melalui website https://ol.binus.ac.id. Sistem pembelajaran berbasis internet ini menawarkan sejumlah fleksibilitas sehingga pas untuk individu yang ingin menempuh pendidikan tinggi di era digital, terlebih saat pandemi seperti sekarang.  

Aktivitas pembelajaran yang diterapkan oleh BINUS ONLINE LEARNING fokus pada karakteristik mahasiswa dengan bimbingan dosen-dosen akademisi dan praktisi berpengalaman. Sebuah upaya yang diharapkan dapat mempercepat peningkatan karier dan wawasan mahasiswa.

Siapa yang Bisa Mendaftar Menjadi Mahasiswa BOL?

Siapa saja yang telah menyelesaikan pendidikan menengah dan berminat pada metode kuliah online bisa bergabung mengikuti program studi BINUS ONLINE LEARNING (BOL). Tidak hanya siswa yang baru lulus, perkuliahan fleksibel yang ditawarkan BOL juga bisa menjadi pilihan yang tepat untuk para profesional, karyawan, wiraswasta, hingga ibu rumah tangga yang ingin mengembangkan diri tetapi memiliki kendala waktu serta berbagai tanggung jawab lain. 

Keuntungan Kuliah Daring

Tidak dimungkiri, masih banyak orang yang merasa sangsi dengan metode pembelajaran secara daring. Namun, dalam situasi ini semua pihak harus mampu beradaptasi dengan teknologi, khususnya dalam mengakses cara belajar terkini dan berkomunikasi secara virtual. 

meski pembelajaran secara tatap muka langsung memang memiliki banyak keunggulan, kuliah online juga punya keuntungannya tersendiri, di antaranya:

  • Praktis dan fleksibel

Dengan memindahkan ruang kelas dan materi ke jaringan internet, baik pengajar maupun mahasiswa tidak perlu repot menempuh perjalanan menuju kampus. Praktis, serta lebih hemat waktu dan tenaga. Biaya transportasi pun bisa ditekan.

Kelas daring juga membuat banyak hal menjadi lebih fleksibel, khususnya terkait waktu dan tempat belajar. Mahasiswa bisa belajar kapan saja dan di mana saja, dengan tentunya tetap mematuhi kalender akademik dan protokol kesehatan yang berlaku.

  • Pendekatan lebih sesuai

Berbeda dengan metode konvensional yang interaksi antara pengajar dan mahasiswanya lebih banyak dilakukan di ruang kelas, pembelajaran online memungkinkan mahasiswa untuk membuka ruang diskusi yang lebih luas melalui forum yang tidak terikat tempat dan waktu.

Dalam kelas-kelas online, dosen yang mengajar biasanya juga menggunakan pendekatan gabungan antara formal dan informal sehingga materi dapat lebih mudah dipahami.

  • Pengalaman belajar lebih menyenangkan

Materi kuliah online yang disajikan umumnya lebih interaktif dibandingkan materi perkuliahan di kelas. Tidak hanya mengandalkan bahan presentasi tetapi juga video dan audio yang lebih menarik.

  • Materi perkuliahan terdokumentasi dengan baik

Fasilitas Learning Management System seperti yang dimiliki oleh BINUS ONLINE LEARNING memungkinkan bahan ajar dan tugas yang dikumpulkan mahasiswa terdokumentasi secara digital. Dokumentasi ini tentunya sangat berguna bagi dosen dan mahasiswa, khususnya ketika ada membutuhkan materi atau evaluasi tertentu.

Data nilai dan proses administrasi pun menjadi lebih mudah diolah dan diakses secara transparan karena dokumentasinya terekam oleh sistem.

  • Ramah lingkungan

Karena seluruh materi dan tugas mempunyai format digital, perkuliahan daring akan mengurangi penggunaan kertas sehingga lebih ramah lingkungan. Mobilitas pihak-pihak yang terlibat pun ikut berkurang, sehingga secara tidak langsung mengurangi polusi udara akibat kendaraan bermotor.

  • Relatif Hemat Biaya

Perkuliahan online memangkas banyak biaya operasional yang harus dikeluarkan oleh lembaga pendidikan maupun mahasiswa. Oleh sebab itu, biaya pendidikan yang harus dibayarkan peserta calon didik pun menjadi relatif lebih murah ketimbang perkuliahan konvensional. 

Perkuliahan yang dilakukan secara konvensional dengan cara tatap muka tentu memiliki segudang manfaat. Namun, mengikuti perkembangan dan kebutuhan zaman, perkuliahan daring pun tidak kalah bersaing dan punya keunggulannya sendiri. Terlebih di saat pandemi seperti sekarang ini. 

Ketika tiap orang dihadapkan pada kondisi harus menjaga jarak satu sama lain, kuliah online dapat menjadi solusi yang aman untuk tetap bisa menggapai pendidikan. Nah, bagi kamu yang membutuhkan Informasi lebih lengkap mengenai perkuliahan BINUS ONLINE LEARNING kunjungi langsung website resminya di https://onlinelearning.binus.ac.id/.

Whatsapp