6 Tips Wawancara Online Supaya Kamu Sukses Dapat Pekerjaan

Sedang mencari tips wawancara online supaya kamu bisa dapat pekerjaan baru? Kamu sudah menemukan artikel yang tepat karena artikel ini akan membahas berbagai tips penting soal wawancara online yang perlu kamu ketahui. Selama kamu mempersiapkan diri dan beberapa hal di bawah ini dengan baik, peluang untuk sukses mendapat pekerjaan akan menjadi lebih besar. Yuk, simak informasi lengkapnya berikut!

Punya internet yang stabil

Ini adalah tips wawancara online yang paling penting karena wawancara kerja online tidak akan berlangsung jika kamu tidak punya internet yang stabil. Jadi, pastikan koneksi internet tempatmu melakukan wawancara bisa diandalkan. Jika tidak, kamu bisa menemukan lokasi atau solusi yang lebih mendukung. Misal, jika koneksi internet di rumahmu tidak stabil, kamu bisa melakukan wawancara di rumah teman yang koneksi WiFi-nya lancar atau membeli paket data untuk koneksi internet lebih baik.

Untuk menguji kestabilan internet yang kamu gunakan, kamu bisa melakukan tes panggilan dengan teman atau anggota keluarga. Pastikan mikrofon dan speaker berfungsi dan koneksi internet mendukung video langsung berkualitas tinggi. Kamu juga harus memeriksa dan memastikan kamu menggunakan nama profesional yang akan mudah dikenali pewawancara.

Tampil rapi dan profesional

Hanya karena kamu melakukan wawancara online, bukan berarti kamu bisa mengabaikan penampilan dengan tidak tampil rapi dan profesional. Tren pakaian kasual di tempat kerja tidak boleh kamu terapkan sebagai pilihan pakaian untuk wawancara kerja online.

Meskipun tidak terlihat dari video, kamu juga bisa menggunakan sepatu kerja untuk mendapatkan efek psikologis yang penting saat melakukan wawancara kerja. Selain itu, pastikan juga untuk mengenakan warna-warna solid karena pakaian garis-garis dan pola yang rumit dapat terlihat buruk dalam video.

Latihan dulu agar lebih siap

Practice makes perfect. Apapun yang kamu lakukan akan menjadi lebih lancar jika kamu latihan agar lebih siap, termasuk untuk melakukan wawancara kerja online. Selalu ada kemungkin kamu gugup bila tidak cukup siap, sehingga latihan penting untuk memastikan proses wawancara berjalan dengan lancar.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan adalah fitur merekam video yang tersedia pada aplikasi meeting online seperti Zoom. Kamu bisa menggunakannya untuk memoles keterampilan wawancara dengan cara merekam dirimu saat berbicara di depan kamera sebelum melakukan wawancara.

Gunakan headset agar suara jernih

Wawancara kerja jadi tidak kondusif kalau mereka tidak bisa mendengar suaramu, bukan? Gambar video yang buruk masih bisa ditolerir, namun tidak untuk audio karena selama

wawancara kamu perlu bicara. Oleh karena itu, sebaiknya kamu menggunakan headset agar suara jernih dan terdengar jelas selama wawancara kerja online berlangsung. Pewawancara akan menghargai usahamu untuk menggunakan headset karena memperlancar proses wawancara.

Menggunakan audio komputer internal bukan pilihan yang tepat karena biasanya memiliki kualitas yang lebih rendah. Jadi, ikutilah tips wawancara online satu ini agar proses wawancara berlangsung dengan lancar dan tidak terhambat hanya karena perihal suara.

Research dulu soal posisi kerja dan perusahaan

Jangan pernah melakukan wawancara kerja online tanpa research dulu soal posisi kerja dan perusahaan. Jika dipanggil untuk melakukan wawancara kerja, kamu wajib mempersiapkan diri dengan mengetahui dengan pasti posisi kerja yang kamu lamar dan informasi tentang perusahaan.

Hal ini menunjukkan bahwa kamu menghargai kesempatan wawancara yang diberikan dan kamu memang layak untuk dipekerjakan. Jadi, jangan malas untuk mencari informasi sebanyak mungkin untuk menunjukkan bahwa kamu sudah mempersiapkan diri dengan baik. Dengan melakukan tips wawancara online ini, kamu bisa mendapatkan hasil wawancara yang lebih baik.

Menatap lurus ke kamera atau layar

Selama melakukan wawancara kerja secara online, kamu harus menatap lurus ke kamera atau layar untuk menunjukkan bahwa kamu fokus dan percaya diri. Jangan menyepelekan tips wawancara online ini karena melihat gambar pewawancara di layar akan membuatmu terlihat seperti sedang menatap ke “luar angkasa,” sehingga tidak meninggalkan kesan terbaik selama wawancara kerja.

Usahakan untuk menjaga pandangan lurus ke kamera. Jika menggunakan laptop, kamu bisa menempatkannya sejajar dengan mata dengan cara menumpuk buku atau kotak di bawahnya. Dengan cara ini, kamu bisa menatap langsung ke kamera tanpa membungkuk jadi lebih nyaman.

Selain tips-tips wawancara online di atas, siapkan diri kamu dengan CV dan portofolio yang impressive. Peluang kerja juga jadi lebih luas bila kamu menyandang gelar sarjana. Tenang, sekarang kamu bisa kerja sambil kuliah dengan program S1 di BINUS Online Learning. Jadwal kelas yang fleksibel ditambah biaya kuliah yang lebih murah menjadikan BINUS Online Learning pilihan tepat bagi kamu!

Whatsapp