5 Cara Kamu Bisa Jadi Generasi Milenial yang Hebat

Generasi milenial adalah salah satu generasi yang selalu bersikap reseptif ketika menghadapi sesuatu. Mereka selalu terbuka akan inovasi. Itu sebabnya mereka cepat beradaptasi dengan dunia digital. Generasi milenial memang dinilai sebagai generasi yang memiliki sikap, nilai, dan ciri khas tersendiri. Tidak heran saat ini banyak perusahaan-perusahaan startup yang maju di bawah kepemimpinan generasi milenial. Nah, di usia yang masih muda dan produktif, pastinya kamu ingin menjadi generasi milenial yang hebat serta bermanfaat, kan? Berikut 5 cara yang bisa kamu lakukan agar berhasil menjadi generasi milenial yang bermanfaat!

Punya Visi Masa Depan yang Realistis

Sebagai anak muda di usia produktif, kamu harus bisa menentukan visi yang ingin kamu capai di masa depan. kamu pun harus merancang visi yang sesuai dengan prinsip SMART, alias membuat visi yang Specific (terinci), Measurable (bisa diukur), Achievable (realistis), Reasonable (beralasan), dan Timephased (bertahap). Keenam elemen tersebut akan membuat visi dan misi di masa depan menjadi lebih realistis dan bukan sekadar omong kosong. Di masa pandemi dan di era digital yang semakin maju, Indonesia benar-benar butuh banyak anak muda yang mempunyai visi yang jelas disertai dengan eksekusi nyata.

Kaya Ide Inovatif

Di era digital, kamu sebagai generasi milenial dituntut untuk dapat berpikir karena pada dasarnya, semua manusia memang dapat berpikir dan menumbuhkan ide. Oleh karena itu, berbekal visi yang SMART (Specific, Measurable, Achievable, Reasonable, dan Timephased), kamu harus bisa menciptakan ide yang bermanfaat bagi banyak orang. Tak sekadar ide biasa, kamu harus bisa membuat ide yang unik dan inovatif demi kemajuan di masa depan. kamu bisa melakukan diskusi dengan orang-orang sekitar terkait sebuah inovasi. Hal yang perlu kamu ingat adalah jangan takut idemu akan dicuri, karena memang pada dasarnya tidak ada ide yang 100% original. Tanamkan di dirimu bahwa ide itu murah, yang mahal adalah eksekusinya!

Pintar Kelola Uang

Mengelola uang adalah hal yang cukup sulit bagi sebagian orang. Tidak heran trik mengelola keuangan menjadi masalah yang banyak dihadapi oleh milenial yang selalu merasa gaji bulanan mereka cepat habis. Hal ini terjadi karena sebagian milenial adalah tipe orang yang kesulitan untuk rutin menabung dan kerap memiliki pola belanja yang berlebihan.

Untuk menjadi generasi milenial yang hebat, bermartabat, dan bermanfaat, kamu perlu belajar tentang cara pengelolaan keuangan, menganggarkan keuangan setiap bulan, merinci perencanaan finansial, dan lain sebagainya agar keuangan kamu tetap dalam kondisi stabil. Kemampuan mengelola uang ini bisa menjadi salah satu hal yang menguntungkanmu di masa depan, bila kamu berhasil melakukannya setiap hari!

Percaya Diri Ambil Risiko

Jadilah generasi milenial yang berani mengambil risiko. Kamu bisa memulainya dengan menargetkan impianmu, seperti pindah ke kota lain, bergabung dengan perusahaan startup impian, membentuk komunitas baru, bahkan menjelajahi hal-hal baru yang bisa melampaui batasan-batasan yang ada. Sebagai generasi milenial yang hebat, kamu tidak boleh kenal takut dalam mengambil risiko, apalagi saat membuat kesalahan. Kesalahan adalah sebuah pelajaran berharga yang dibutuhkan untuk mencapai kesuksesan karena kegagalan justru bisa menciptakan kekuatan, kesigapan, dan mendorong sebuah introspeksi untuk menjadi lebih baik lagi di masa depan.

Jadi, percaya dirilah dalam mencoba sesuatu yang baru meski ada risikonya! Kepercayaan diri dan rasa pantang gentar dalam mengambil risiko merupakan faktor terbesar yang bisa mempercepat karier dan kemampuan generasi milenial untuk memimpin. Sudah siap ambil risiko?

Berani Membuka Pikiran untuk Wawasan Baru

Kamu harus banyak belajar tentang perubahan dan perkembangan yang ada. Bukalah pikiran untuk menerima wawasan baru. Tunjukkan sensitivitas dan kepedulian pada inovasi yang ada. Buka pikiran untuk selalu peduli dengan apa yang terjadi di sekelilingmu, mulai dari masalah politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Jangan pula menelan informasi yang ada secara mentah, tanamkan kemampuan untuk berpikir kritis agar bisa memilah mana yang hoax dan fakta.

Untuk bisa memiliki pikiran yang kritis, kamu perlu mengikuti sebuah metode pelajaran yang bisa membangun karaktermu menjadi milenial yang hebat dengan pemikiran kritis. Contohnya adalah dengan menjalani kuliah online di BINUS Online Learning. Banyak hal yang bisa kamu dapatkan jika kamu memilih BINUS sebagai tempatmu menempuh pendidikan gelar sarjana. Kelas dan ujian 100% online dengan tenaga pengajar berkualitas, kamu bisa mendapatkan gelar sarjana untuk menunjang karier! Yuk, semangat jadi generasi milenial yang hebat!

Whatsapp