4 Jenis Kepribadian Manusia, Kalau Kamu yang Mana?

Setiap manusia tentu memiliki jenis kepribadian yang berbeda. Jenis kepribadian inilah yang akan menentukan bagaimana seseorang bersikap sehari-hari. Biasanya, orang mengenal jenis kepribadian berupa ekstrovert, introvert, dan ambivert. Padahal, sebenarnya dalam ilmu psikologi masih banyak jenis kepribadian lain layaknya semesta yang dilingkupi panas, dingin, kering, dan basah.

Berdasarkan teori Hippocrates-Galenus, kepribadian khas seseorang muncul karena adanya dominasi salah satu unsur. Untuk mempermudah pembahasan mengenai kepribadian, berikut terangkum empat jenis kepribadian mendasar seseorang:

Koleris

Jenis kepribadian ini biasanya menggambarkan seseorang yang sangat berorientasi pada tujuan. Orang-orang dengan jenis kepribadian koleris sangat terkenal dengan sikap analitis, logis, praktis, dan langsungnya serta terkenal sangat cerdas. Orang dengan kepribadian koleris ini tidak selalu bisa menjadi teman baik atau orang yang ramah karena mereka lebih suka sendirian daripada berada di perkumpulan orang berkepribadian lemah. Orang dengan kepribadian koleris juga kerap tidak menyukai pembicaraan singkat dan sangat menikmati sebuah pembicaraan yang mendalam dan bermakna.

Orang dengan jenis kepribadian koleris idealnya suka menghabiskan waktu dengan orang-orang yang memiliki minat profesional yang sama dengannya. Adapun beberapa pekerjaan yang cocok untuk seorang koleris yaitu pekerjaan yang terkait dengan industri seperti pengelolaan, teknologi, statistik, teknik, dan programming.

Melankolis

Orang-orang dengan jenis kepribadian melankolis biasanya adalah tipe orang yang mencintai keluarga, dan teman-teman. Melankolis tidak terlalu menyukai hal baru atau petualangan alias lebih suka tradisi. Jenis kepribadian melankolis cenderung menolak untuk bekerja di luar kota atau luar negeri karena mereka enggan berjauhan dengan rumah serta orang-orang tersayang mereka.

Soal kehidupan sosial, jenis kepribadian melankolis adalah juaranya. Tipe orang ini dikenal sangat berusaha memberi kontribusi pada komunitas dan memiliki jiwa sosial tinggi. Mereka juga memiliki kepribadian yang baik serta sangat teliti dan akurat. Karier yang cocok untuk orang dengan jenis kepribadian melankolis adalah dalam bidang sosial, antara lain pekerjaan di bidang pengelolaan atau manajemen, akuntansi, pekerjaan sosial, atau bagian administrasi.

Plegmatis

Orang dengan kepribadian plegmatis adalah orang yang sangat cinta damai. Mereka cenderung menghindari konflik dan selalu berusaha untuk menengahi orang lain. Mereka suka mencari keharmonisan antar-pribadi dan hubungan dekat dengan orang lain. Hal inilah yang membuat mereka menjadi tipe pasangan yang setia dan bisa menjadi orang tua yang penuh kasih. Orang dengan kepribadian plegmatis juga suka menjaga hubungan dengan teman-teman lama, keluarga jauh, bahkan tetangga.

Siat buruk seorang plegmatis adalah sering memendam masalah karena merasa tidak enak dengan orang lain. Dalam mengambil keputusan, ia juga kerap lama karena harus mementingkan orang lain lebih dulu. Meski mereka memiliki unsur kepribadian yang dingin, mereka juga suka membantu orang lain. Mereka juga memiliki karakter yang sabar dan lembut. Oleh karena itu, pekerjaan yang cocok dengan jenis kepribadian ini adalah perawat, guru, psikolog, atau konseling. Sanguinis

Meski memiliki kepribadian yang panas, orang dengan jenis kepribadian sanguinis dikenal sangat hidup alias optimis, ringan, riang, ceria, dan aktif. Orang dengan jenis kepribadian ini sangat suka petualangan dan memiliki toleransi yang sangat tinggi. Mereka mudah bergaul dan mudah mencairkan suasana yang kaku menjadi lebih menyenangkan. Mereka juga sangat percaya diri dan dapat dipercaya.

Mereka sangat suka dengan hiburan. Oleh karena itu, ketika bosan, mereka akan cari variasi hiburan lain. Sayangnya, kadang sifat ini memengaruhi performa kerja mereka karena mereka cepat merasa bosan dan langsung mencari distraksi yang lebih menyenangkan. Orang berkepribadian dikenal sangat kreatif dan cocok menjadi seniman. Mereka dianggap akan berhasil jika memilih karier di industri hiburan. Mereka cocok dengan pekerjaan di industri kreatif karena kemampuan alami mereka. Orang dengan jenis kepribadian sanguinis sangat cocok bekerja pada bidang pekerjaan yang berhubungan dengan marketing, travel, fashion, memasak atau kuliner, atau olahraga.

Itulah empat jenis kepribadian yang ada di dalam manusia. Kira-kira kamu yang mana, nih? Apapun itu jenis kepribadianmu, selalu ingat kalau kamu adalah individu yang unik dan tidak ada duanya. Kembangkan juga kepribadian, hard skill, serta soft skill kamu dengan ikut kuliah online di BINUS Online Learning. Sistem perkuliahan S1 yang 100% online ini menjadi pilihan terbaik buat kamu yang ingin kerja sambil kuliah!

Whatsapp