Kuliah Penting atau Tidak? Simak Dampak Positif dari Perkuliahan untuk Kamu

Munculnya perdebatan kuliah penting atau tidak dimulai ketika orang-orang beranggapan bahwa skill dan pengalaman kerja itu lebih penting dalam pengembangan karier. Akhirnya, sebagian orang jadi ragu akan apa pentingnya berkuliah. Jawaban dari pertanyaan “kuliah penting atau tidak?” itu adalah penting.

Kuliah tidak sekadar bertujuan agar kita dinilai berpendidikan oleh orang lain, tetapi juga sebagai bukti kalau kita sudah mempelajari keterampilan dan pengetahuan untuk masa depan karier Anda secara profesional. Faktanya di Indonesia, gelar pendidikan menentukan gaji. Sampai sini, apakah Anda masih ragu soal jawaban dari “kuliah penting atau tidak?” Jika ya, berikut 5 fakta yang bisa membantu Anda menentukan apakah kuliah penting atau tidak.

Gelar Sarjana Akan Menaikkan Gaji

Menurut perhitungan Biro Statistik Tenaga Kerja AS, orang dengan gelar sarjana menghasilkan gaji sekitar 64% lebih banyak daripada orang dengan ijazah sekolah menengah. Sedangkan orang yang memiliki gelar diploma menghasilkan sekitar 17% lebih banyak daripada mereka yang memiliki ijazah sekolah menengah. Jadi, bisa dikatakan kalau biaya kuliah ini lebih seperti biaya investasi untuk masa depan Anda.

Skill yang Hanya Bisa Didapat dari Perkuliahan

Tidak hanya mempelajari keterampilan teknis yang Anda butuhkan untuk karier di masa depan, selama berkuliah Anda juga mendapat kesempatan untuk mempelajari soft skills lainnya untuk melengkapi gelar sarjana Anda. Dengan kata lain, Anda memiliki paket lengkap untuk mempersiapkan diri melangkah ke dunia profesional.

Soft skills yang dimaksud antara lain kepercayaan diri, komunikasi, pemikiran kritis, kepemimpinan, pemecahan masalah, dan lainnya yang pastinya hanya bisa Anda dapatkan dalam hidup perkuliahan. Tak hanya itu, dengan berkuliah, Anda juga akan diberikan kemampuan untuk melihat masalah dan melakukan analisis mengenai metode apa yang harus dilakukan untuk memecahkan masalah.

Bisa Mengembangkan Minat Kamu

Survei dari Times Higher Education menyatakan bahwa alasan utama sebagian besar siswa melanjutkan pendidikannya sampai ke universitas adalah karena mereka menyukai bidang yang sedang dipelajari. Selama kuliah, Anda akan dibantu oleh dosen berpengalaman untuk menyelami subjek yang Anda sukai dan mengasah kemampuan Anda. Sehingga, Anda bisa menemukan minat dan bakat secara lebih mendalam.

Kesempatan Punya Banyak Teman

Saat berkuliah, Anda memiliki kesempatan besar untuk mendapatkan relasi baru. Pasalnya, Anda akan belajar bersama orang-orang yang memiliki minat dan bakat yang sama dengan Anda. Kalian juga sama-sama mengejar gelar yang sama, bukan tidak mungkin akan bekerja di bidang yang sama pula. Dari relasi baru ini, Anda bisa berbagi pengalaman dan mendapat banyak kesempatan untuk belajar bersosialisasi di luar kelas melalui kegiatan-kegiatan seru.

Siapa sangka setelah lulus dari kuliah dan masuk ke dalam dunia kerja, teman kuliah Anda akan jadi partner kerja Anda? Atau mungkin Anda bisa menangkap peluang kerja baru dari relasi teman kuliah Anda.

Lebih Siap Kerja

Empat manfaat yang Anda rasakan di atas pastinya akan membuat Anda lebih siap menghadapi dunia kerja. Anda bisa bernegosiasi gaji agar sesuai dengan kemampuan dan gelar, Anda pun bisa menyelesaikan masalah di kantor sesuai dengan metode dan keahlian yang Anda dapatkan selama kuliah. Terlebih lagi, Anda bisa lebih mudah bersosialisasi karena Anda sudah terlatih percaya diri dan memiliki banyak relasi selama kuliah. Saat Anda sudah lulus kuliah, Anda sudah bisa menentukan karier mana yang sesuai dengan passion. Anda akan lebih siap menghadapi dunia kerja dengan pengalaman serta pendidikan yang diserap selama berkuliah.

Masih bertanya-tanya apakah kuliah penting atau tidak? Semoga paparan di atas bisa menjawab pertanyaan Anda, ya. Saat ingin memutuskan melanjutkan perkuliahan sampai gelar sarjana, jangan lupa pilih universitas yang terakreditasi baik dan punya track record bagus, seperti BINUS University yang memiliki program BINUS Online Learning, yaitu program kuliah 100% online. Dengan berkuliah di BINUS Online Learning, Anda bisa merasakan lima keuntungan di atas.

Walau sistemnya kuliah online, BINUS Online Learning tetap mengedepankan kualitas pembelajaran global untuk mempersiapkan Anda dan mahasiswa lainnya dengan skill yang cukup dan gelar sarjana, tentunya yang akan membantu Anda berkarier di masa depan. Klik di sini untuk informasi selanjutnya mengenai BINUS Online Learning.

Whatsapp