Pertanyaan Yang Seringkali diajukan Saat Interview Kerja Fresh Graduate wajib tahu!

Jakarta, 2021 – Seringkali fresh graduate merasa berdebar-debar saat interview kerja, mengingat interview berisi pertanyaan penting saat melamar kerja. Maka dari itu, interview sering dijadikan kesempatan bagi pelamar kerja untuk menunjukkan kemampuan dan potensi terbaik yang ada pada pelamar supaya bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Sedangkan bagi HRD atau user, interview adalah sebuah ajang untuk mengenali dirimu, mereka biasanya memanfaatkan interview untuk bisa mengenali dirimu dan mulai menilai kamu dari segi karakter, attitude, wawasan, kemampuan hingga pengalaman. Bagi para fresh graduate yang minim pengalaman, pastinya sangat sulit membayangkan kira-kira pertanyaan apa saja yang akan diberikan oleh recruiter. Nah, sebelum interview dimulai, kamu terlebih dahulu bisa mencari tahu jawaban atas pertanyaan-pertanyaan yang kerap kali muncul saat interview. Berikut ini adalah pertanyaan yang sering diajukan recruiter untuk pelamar kerja.

Pertama, mengapa kamu melamar diperusahaan ini dan mengapa melamar diposisi ini? Pertanyaan ini acap kali muncul sebagai pertanyaan pembuka saat interview berlangsung dan kamu bisa menjawab bahwa kamu baru saja lulus dan ingin bekerja. Kamu juga bisa menjawab dengan alasan kamu memilih perusahaan tersebut karena citra baik pada perusahaan itu. Usahakan juga menjawab dengan singkat dan jelas. Kedua, untuk menilai karaktermu, biasanya recruiter akan memintamu untuk mendeskripsikan dirimu dan dari sini recruiter akan menilai karakter kamu. Jadi, pilihlah kata-kata yang tepat untuk menggambarkan dirimu. Ketiga, apa saja kekuranganmu? Pertanyaan ini seringkali menjebak para pelamar apalagi bagi fresh graduate. Kebanyakan mereka menjawab tidak punya kekurangan. Padahal, apabila kamu menjawab pertanyaan tersebut akan memberikan kesan professional kepada recruiter. Usahakan untuk menjawab kekuranganmu dengan menyebutkan kelemahan atau kekurangan yang nantinya dapat kamu atasi. Keempat, apa saja kelebihanmu? Pertanyaan ini terlihat mudah namun tetap perlu berhati-hati Ketika menjawab ya. Kuncinya harus disampaikan kekuatan dan kelebihan yang ada pada dirimu dan yang paling relevan supaya bermanfaat bagi perusahaan yang akan kamu lamar. Kelima, Bagaimana kamu melihat dirimu di beberapa tahun mendatang? Nah, untuk pertanyaan ini kira-kira bagaimana kamu akan menjawabnya? Kami bisa menjawab dengan menunjukkan tujuanmu yang bermanfaat bagi kemajuan perusahaan, karena dalam hal ini recruiter ingin mencari kandidat yang loyal dan akan bekerja untuk perusahaan dalam jangka waktu yang lama dan mereka juga ingin tahu tujuan dari kariermu selaras dengan perusahaan. Keenam, mengapa kami harus mempekerjakanmu?, untuk pertanyaan ini, kamu bisa menghubungkan antara kemampuan dan kekuatan kamu dengan visi perusahaan yang kamu lamar dan berikan jawaban yang dapat menyakinkan recruiter. Hindari menjawab kalau kamu ingin bekerja karena membutuhkan gaji yang tinggi. Ketujuh, Apakah kamu memiliki pertanyaan? Pertanyaan ini biasanya merupakan pertanyaan penutup sesi interview namun jangan anggap remeh pertanyaan terakhir ini, sebagai fresh graduate, kamu bisa menanyakan lebih dalam tentang posisi yang kamu lamar dan kalau ingin mengetahui lebih banyak pertanyaan yang bisa diajukan kepada recruiter, kamu bisa riset terlebih dahulu tentang perusahaan yang sedang kamu lamar.

Itulah kira-kira penjelasan beberapa pertanyaan yang sering muncul saat interview bagi fresh graduate. Semoga kamu ga berdebar-debar lagi dan siap menghadapi interview saat ada panggilan kerja ya.

Whatsapp