Semakin banyak Pendengarnya, inilah Tipe-tipe podcast

Sedang mencari podcast yang bagus? Atau mungkin Anda ingin mencoba menjadi seorang podcaster? Popularitas podcast di Indonesia kini memang semakin meningkat. Selain karena praktis untuk dinikmati, podcast menyediakan beragam jenis gaya siaran yang menarik. Oleh sebab itu, berikut ini ulasan mengenai 6 jenis podcast yang bagus untuk membantu Anda memulai karier sebagai seorang podcaster.

Interview podcast

Coba bayangkan acara talk show dalam format audio. Ya, inilah jenis podcast di mana ada satu atau dua host mewawancarai berbagai narasumber berbeda di setiap episode-nya. Formatnya memang sederhana, namun podcast jenis ini memerlukan kemampuan public speaking serta vokal yang jelas supaya alur wawancara tidak terdengar kaku dan tetap menghibur.

Host dalam podcast jenis ini tidak perlu banyak berbicara karena cerita dari sisi narasumber lah yang ingin didengarkan. Agar mendapatkan kelompok pendengar yang baru, jangan lupa buka kolom diskusi mengenai siapa narasumber berikutnya yang ingin diundang.

Podcast Monolog

Siapa bilang kalau podcast yang bagus adalah podcast yang memiliki banyak suara dalam tiap episode-nya? Jika Anda berencana untuk membuat podcast seorang diri, maka jenis podcast yang Anda tekuni adalah podcast monolog. Jangan merasa malu, pastikan saja Anda menguasai topik yang mau diangkat di setiap episodenya. Usahakan untuk mengangkat topik yang relate dengan banyak orang untuk memperluas jaringan pendengar.

Satu lagi tips yang sangat penting sebelum Anda memutuskan untuk membuat podcast monolog adalah melakukan riset topik terlebih dahulu. Lalu, tulis poin-poin atau naskah secara mendetail agar proses rekaman lebih lancar dan tidak harus dilakukan berulang kali. Banyak sekali podcast ternama yang dimulai dari format ini. Contohnya saja podcast yang menceritakan soal misteri tak terungkap dan podcast jurnalisme.

Conversational podcast

Bagaimana jika Anda mengajak teman-teman Anda untuk membentuk podcast sendiri? Nah, ini adalah format conversational podcast. Berbeda dengan interview podcast, di sini akan ada lebih dari satu pemandu podcast yang mendiskusikan topik-topik menarik.

Jadi, ketimbang mengundang narasumber baru di setiap episode, jenis podcast ini lebih bertumpu pada format podcast yang ringan dan seru, seakan-akan pendengar sedang ikut ngobrol bersama para pemandu podcast. Hal yang harus diperhatikan adalah membangun chemistry yang baik bersama co-host. Jangan sampai ada konflik yang membuat suasana menjadi tegang.

Non-fiction storytelling podcast

Tadi sudah sempat disebut soal podcast yang membicarakan topik dari kisah nyata seperti misteri tak terungkap. Topik seperti ini juga termasuk dalam kategori non-fiction storytelling podcast.

Sesuai dengan namanya, host podcast akan menceritakan kisah-kisah nyata kepada pada pendengar, mulai dari berita aktual, kisah pribadi, sejarah, atau ilmu-ilmu pengetahuan. Jenis yang satu ini digadang-gadang menjadi podcast yang bagus untuk didengar saat sedang bosan di rumah karena menjadi sarana hiburan yang lebih produktif, lho!

Theater podcast

Beberapa dekade lalu, saat radio masih berjaya sebagai media hiburan Tanah Air, banyak sekali format teater yang dikemas dalam bentuk audio. Tanpa pertunjukan di panggung, jenis theater podcast ini menyuguhkan narasi-narasi penuh konflik, layaknya serial TV maupun film.

Meski termasuk jenis podcast yang jarang muncul di industri podcast Indonesia, nyatanya peminat jenis podcast ini cukup banyak di mancanegara. Keunggulannya, jumlah pendengar akan jarang menurun karena pastinya para pendengar tidak sabar untuk menanti kelanjutan kisah di episode selanjutnya!

Repurposed content podcast

Apakah Anda seorang content creator yang ingin mulai merambah dunia podcast? Kabar baiknya, Anda tidak perlu sampai membuat fresh content untuk setiap platform media sosial Anda. Jenis repurposed content hadir sebagai solusi, di mana Anda tinggal menyalin konten yang sudah ada ke dalam bentuk audio.

Salah satu contoh dari jenis podcast ini adalah TED Radio Hour yang menyalin konten-konten yang sudah ada di website maupun channel YouTube TED Talk. Namun, berhati-hatilah dalam menyalin konten menjadi bentuk audio. Pastikan audio yang diproduksi mudah dimengerti dan tidak terdengar aneh.

Itu dia beberapa jenis podcast yang bagus dan diminati oleh banyak orang kini. Tertarik untuk menjadi seorang podcaster? Tidak perlu khawatir karier Anda sebagai content creator atau podcaster ini jadi terhambat karena kuliah, atau sebaliknya. Solusinya, Anda bisa mengambil kuliah online di BINUS Online Learning yang menawarkan perkuliahan S1 yang 100% online!

Whatsapp