Skip Kuliah? Ketahui Dulu Pentingnya Kuliah Demi Masa Depan

Bekerja dulu atau kuliah dulu? Pertanyaan ini memang selalu jadi perdebatan. Pentingnya kuliah memang tidak bisa diabaikan, namun tidak ada salahnya untuk memulai karier sedini mungkin. Tetapi sebelum Anda memutuskan untuk skip kuliah dan langsung bekerja, coba simak dulu beberapa poin-poin di bawah ini soal pentingnya kuliah bagi masa depan karier Anda.

Mengasah keterampilan dan menambah ilmu profesional

Seperti yang kita ketahui, ilmu-ilmu yang dipelajari di tingkat SMA sederajat merupakan ilmu pengetahuan umum yang sayangnya masih belum bisa memenuhi standar siap kerja. Memang dalam beberapa kasus, lowongan kerja untuk tingkat SMA sederajat masih dibuka. Namun, tidak bisa dipungkiri bahwa lowongan kerja tersebut masuk dalam kategori entry level.

Karenanya, kuliah dirasakan sangat penting dalam dunia profesional karena tuntutan ilmu dan keterampilan yang lebih spesifik. Misalnya, seorang lulusan SMA sederajat punya ketertarikan di bidang akuntansi. Dari sana, ia bisa mengambil program studi S1 akuntansi untuk semakin mengasah ilmu dan keterampilan sebagai akuntan andal dengan skill yang sesuai standar kerja perusahaan-perusahaan di industri.

Belajar mandiri dan beradaptasi

Pentingnya kuliah tidak hanya berdampak pada hard skill kita, namun juga pada soft skills kita. Faktanya, kualitas SDM di Indonesia belum memiliki soft skills yang memadai. Nah, dalam dunia perkuliahan, mahasiswa dituntut untuk menjadi pribadi yang mandiri dan mampu beradaptasi.

Jadwal perkuliahan yang padat mengasah kemampuan mahasiswa dalam membagi waktu. Kemudian, mahasiswa pun akan bertemu dan bekerja dalam tim dengan mahasiswa lainnya dengan background kehidupan yang beragam.

Mungkin Anda bertanya-tanya, apa hubungan dari kemampuan-kemampuan ini dengan dunia kerja? Soft skills seperti teamwork, time management, communication, dan networking sangat krusial dalam pekerjaan sehari-hari. Oleh karena itu, pengalaman berkuliah, baik itu di kelas online maupun offline, mampu mengasah kemandirian dan adaptabilitas seseorang lebih dalam lagi.

Prospek karier lebih luas

Mungkinkah untuk mendapat pekerjaan tanpa gelar sarjana? Tentu saja! Jika pertanyaannya diganti menjadi, “Mungkinkah untuk sampai ke level manajerial dalam perusahaan tanpa gelar sarjana?” maka jawabannya adalah kemungkinan besar tidak.

Sebenarnya, gelar lebih berfungsi sebagai tanda bahwa Anda sudah menuntaskan kurikulum perkuliahan dengan predikat yang baik. Artinya, Anda sudah memiliki keterampilan dan ilmu yang dibutuhkan perusahaan, serta dianggap lebih berkompetensi dibandingkan rekan sejawat lainnya yang belum memiliki gelar sarjana. Tentu saja dengan gelar sarjana, prospek karier jadi lebih luas. Kesempatan untuk naik jabatan pun terbuka lebar.

Karier jadi lebih stabil

Kita ambil contoh masa sulit seperti di masa pandemi. Banyak perusahaan yang melakukan PHK massal demi mempertahankan bisnis mereka. Di situasi seperti ini, perusahaan akan lebih banyak memilih mempertahankan karyawan dengan gelar sarjana karena memiliki keterampilan kerja. Sehingga, bisa dikatakan bahwa dengan memiliki gelar sarjana, peluang Anda untuk mendapatkan pekerjaan, naik jabatan, dan terus berkarier semakin tinggi.

Memperluas relasi kerja

Jangan anggap remeh hubungan pertemanan yang terjalin di masa kuliah. Relasi yang Anda buat semasa mengemban pendidikan sarjana bisa jadi sangat bermanfaat di masa depan. Mungkin saja kelak Anda sedang mencari partner bisnis, ingin bekerja sama dengan vendor baru, maupun mencari pekerjaan atau klien baru.

Tali pertemanan semasa kuliah, entah itu dengan teman di kelas, dosen, hingga kenalan di organisasi, bisa menjadi saving grace bagi Anda. Jadi, pentingnya kuliah itu tidak melulu soal ilmu ataupun keterampilan saja, melainkan juga hubungan sosial Anda dengan orang-orang yang memiliki ketertarikan atau pekerjaan yang sama.

Itu dia 5 pentingnya kuliah bagi masa depan karier Anda. Jangan ragu untuk melanjutkan studi Anda ke jenjang yang lebih tinggi. Meskipun kini Anda sudah bekerja, merintis usaha, atau punya kesibukan lain yang dirasa akan menghambat proses perkuliahan, Anda tidak boleh menyerah!

Kini, Anda bisa ikut kelas online dan mendapatkan gelar sarjana di BINUS Online Learning. Dengan sistem perkuliahan modular yang membebaskan mahasiswa untuk mengatur jadwal kuliah mereka sendiri, Anda bisa mengikuti perkuliahan berstandar global secara online, di mana saja dan kapan saja!

Whatsapp