Bosan Saat Libur? Ini 6 Contoh Kegiatan Positif di Rumah yang Bisa Dicoba

Bagi Anda yang sedang menikmati waktu libur panjang, entah itu karena pandemi atau baru lulus sekolah, pasti sekarang lagu mencari contoh kegiatan positif di rumah. Bersantai selama 24/7 di rumah awalnya menyenangkan, namun lama kelamaan membuat kita merasa bosan. Untuk itu, berikut ini 6 contoh kegiatan positif di rumah yang selain bermanfaat, juga mudah untuk Anda lakukan.

Baca buku fiksi atau non fiksi

Kegiatan membaca buku memang menjadi salah satu kegiatan yang sangat bermanfaat bagi kesehatan mental. Secara umum, membaca buku bisa membuka wawasan, menumbuhkan rasa empati, meningkatkan kreativitas, meredam stress, serta mempertajam kemampuan berbahasa Anda.

Manfaat-manfaat ini berlaku untuk buku fiksi maupun non fiksi. Ada begitu banyak genre buku yang bisa dipilih, baik yang ditulis dalam Bahasa Indonesia maupun bahasa asing. Jika Anda ingin meningkatkan skill spesifik, Anda bisa membaca buku non fiksi. Anda pun bisa mengasah kemampuan bahasa asing Anda dengan membaca buku!

Membersihkan dan menata ulang rumah

Terlalu lama berdiam diri di rumah kadang membuat kita merasa jenuh dengan suasana di hunian kita. Ini bukanlah hal yang tidak lumrah, apalagi jika Anda biasanya aktif bepergian. Rumah yang kotor dan tidak tertata dengan rapi, tentu akan berpengaruh pada mood dan produktivitas penghuninya.

Di waktu luang ini, kumpulkan semangat Anda untuk membersihkan rumah. Ambil sapu untuk membersihkan debu di lantai dan plafon rumah. Jangan lupakan lap dan kemoceng untuk menghilangkan debu di perabotan rumah. Cek setiap kamar tidur dan kamar mandi di rumah, lalu bersihkan.

Setelah rumah bersih, Anda bisa lebih leluasa untuk menata interior rumah sesuai dengan preferensi Anda. Cari referensi di internet untuk membantu Anda. Pastinya, interior rumah yang bersih dan tampak seperti baru akan mendatangkan semangat baru!

Belajar resep makanan baru

Memasak juga menjadi contoh kegiatan positif di rumah yang bisa dilakukan oleh siapa saja. Asalkan Anda mengikuti resep dengan teliti, masakan yang dihasilkan pun dijamin enak.

Selain itu, memasak di rumah juga lebih hemat dan sehat dibanding membeli makanan di restoran. Cobalah resep-resep masakan baru setiap harinya supaya kegiatan memasak jadi semakin seru. Jika ada makanan sisa, bisa Anda simpan di kotak kedap udara, taruh di kulkas, dan dihangatkan lagi saat ingin dimakan.

Olahraga untuk tubuh yang bugar

Olahraga tidak harus di gym, Anda pun bisa berolahraga di rumah. Kini, sudah banyak kelas online bersama trainer profesional yang akan membantu Anda dalam berolahraga. Anda juga bisa menonton latihan olahraga di rumah secara gratis lewat YouTube.

Olahraga merupakan contoh kegiatan positif di rumah yang sebenarnya wajib dilakukan secara rutin. Dilansir dari Mayo Clinic, orang dewasa perlu melakukan olahraga minimal 30 menit setiap harinya. Akan lebih baik bila berhasil mencapai 300 menit per minggu.

Belajar hobi baru

Setiap orang punya hobi masing-masing, entah itu hobi bernyanyi, menari, bersepeda, atau menggambar. Namun, tidak jarang juga orang-orang merasa suntuk dengan hobi yang mereka miliki. Mungkin karena pekerjaan mereka pun berhubungan dengan hobi tersebut. Tidak ada aturan yang menyatakan bahwa satu orang hanya boleh memiliki satu hobi saja.

Anda sekarang memiliki banyak waktu untuk mencari hobi baru yang menyenangkan. Pilihannya ada sangat banyak, tergantung keinginan Anda. Jika Anda ingin hobi yang lebih rileks, bisa mencoba merajut atau bermain musik. Buat Anda yang punya jiwa petualang, bisa mencoba hobi fotografi maupun hobi bercocok tanam.

Ikut kelas kuliah online

Satu lagi contoh kegiatan positif di rumah yang layak Anda coba, yakni mengikuti kelas kuliah online. Bagi Anda yang ingin menaiki tangga karier atau ingin lebih mantap berbisnis, mengikuti kelas kuliah online menjadi solusi alternatif. Apalagi di tengah pandemi yang tidak menentu, Anda perlu kebebasan dalam mengatur jadwal kuliah.

Namun, waktu Anda malah akan terbuang sia-sia jika kelas kuliah online yang diikuti hanya menawarkan sertifikat, bukan gelar sarjana. Jika ini menjadi kekhawatiran Anda, maka Anda bisa mendaftarkan diri ke program studi S1 di BINUS Online Learning. Di sini, Anda akan mengikuti perkuliahan online dengan sistem modular, di mana Anda bisa mengatur jadwal kuliah sendiri. Tidak hanya kelas kuliah online saja, Anda pun akan mengikuti ujian secara online, tidak perlu datang ke kampus.

Tunggu apa lagi? Saatnya isi waktu luang Anda dengan contoh kegiatan positif di rumah yang bermanfaat bagi masa depan Anda!

Whatsapp