7 Skill yang Dibutuhkan dan Paling Dicari Perusahaan Terkini

Dalam mencari pekerjaan, Anda perlu mengetahui apa saja skill yang dibutuhkan perusahaan. Jika Anda kini sedang dalam proses untuk mengembangkan diri, mari cari tahu apa saja skill yang dibutuhkan oleh perusahaan!

Content writing

Meski tren media cetak kini sudah mulai bergeser dan digantikan dengan media digital, skill menulis masih sangat dibutuhkan oleh industri. Dalam era digital ini, skill yang dibutuhkan adalah copy dan content writing. Keduanya punya cakupan yang berbeda. Copywriting lebih berhubungan pada dunia periklanan, sementara content writing bertugas pada konten artikel dan website.

Skill ini juga mencakup kreativitas seseorang dalam merangkai kata-kata agar bisa menarik perhatian pembaca. Selain itu, skill ini erat kaitannya dengan strategi Search Engine Optimization (SEO) dan Search Engine Marketing (SEM).

Cloud computing

Jika sebelumnya perusahaan-perusahaan harus mengucurkan banyak uang untuk memiliki server fisik berkapasitas tinggi, sekarang sudah ada yang namanya cloud server. Dari perkembangan teknologi ini, skill cloud computing pun semakin tinggi permintaannya, terkhusus di industri.

Orang dengan skill cloud computing mampu menjalankan operasional, maintenance server, optimasi perangkat, serta menjalankan implementasi infrastruktur cloud. Skill ini pun tidak boleh diremehkan karena penggunaan cloud server disinyalir akan terus bertambah karena keunggulan cloud server yang lebih hemat biaya, hemat ruang, serta memudahkan akses file di mana saja dan kapan saja.

Business analysis

Setiap hari, semakin banyak kompetitor bisnis yang bermunculan. Tidak ada cara untuk bisa menghambat pertumbuhan iklim bisnis ini. Satu-satunya hal yang bisa dilakukan sebuah bisnis untuk terus bertahan dan unggul adalah dengan terus berinovasi, menjadi bisnis yang beda dari lainnya.

Skill business analysis berperan untuk membantu sebuah perusahaan dalam meneliti permasalahan, baik yang ada maupun yang belum muncul, serta mencari solusi yang paling tepat. Selain itu, skill business analysis juga berperan dalam riset pasar, analisis internal bisnis, serta evaluasi proses bisnis.

Digital marketing

Selama sektor bisnis masih berjaya, sektor periklanan pun akan terus bergerak maju. Betul adanya, sebuah brand tidak bisa menarik lebih banyak pembeli jika tidak memiliki strategi pemasaran yang baik. Dikarenakan pergerakan masyarakat dari media konvensional ke media digital, maka strategi pemasaran pun harus dimodifikasi.

Skill yang dibutuhkan untuk melakukan ini adalah digital marketing. Skill digital marketing berkutat sepenuhnya pada iklan di dunia digital, mulai dari media sosial, website, search engine, hingga e-mail. Biasanya, skill digital marketing pun berdampingan dengan skill content writing, terutama dalam hal SEO dan SEM.

Critical thinking

Selain hard skill, ada juga soft skill yang harus dimiliki. Critical thinking merupakan salah satu skill yang dibutuhkan perusahaan terlepas dari posisi kerja karyawan. Maksudnya, perusahaan pasti menuntut setiap karyawannya untuk memiliki skill ini supaya bisa menghadirkan ide-ide segar yang mampu membawa perusahaan menuju langkah terdepan.

Mari kita ambil contoh situasi pandemi. Skill critical thinking dibutuhkan untuk melihat kesempatan bisnis dalam sebuah krisis. Saat yang lain dipusingkan dengan masalah, orang yang memiliki skill critical thinking akan fokus pada solusi-solusi.

Manajemen

Kemampuan untuk memimpin tim begitu krusial dalam operasional bisnis. Tidak heran jika jurusan Manajemen Bisnis menjadi salah satu jurusan favorit, baik di Indonesia maupun di luar negeri.

Seseorang dengan skill manajemen yang baik berarti memiliki insights yang luas, cara berkomunikasi yang efektif, kemampuan bekerja sama yang baik, mampu membagi waktu, dan bisa menjadi negosiator yang andal. Siapa saja bisa mengasah skill manajemen mereka, bisa lewat kelas online maupun kelas karyawan.

Analytical reasoning

Data-data yang dimiliki perusahaan baru bisa digunakan bila sudah diekstrak dan dianalisis menjadi informasi yang mudah dimengerti. Tidak semua orang mampu membaca pola dan informasi dalam data yang dikumpulkan. Inilah yang dimaksud dengan skill analytical reasoning, sebuah kemampuan untuk membaca fakta eksplisit maupun implisit, mengolahnya menjadi informasi komprehensif, dan menafsir solusi dari data tersebut.

Sudah saatnya bagi Anda untuk menambah wawasan dan kemampuan dengan 7 skill di atas. Bagaimana caranya? Skill-skill yang sudah dibahas tadi termasuk dalam program studi yang ada di BINUS Online Learning. Di sini, Anda bisa mengikuti perkuliahan S1 dengan kelas online, jadi Anda tidak perlu bingung membagi waktu untuk ke kampus. Yuk, kembangkan skill-skill yang dibutuhkan industri untuk meraih karier masa depan!

Whatsapp