Kamu MABA? 5 Tips Ini Membantu Kamu Survive di Kuliah Online 2021

Jakarta – Menjadi mahasiswa merupakan hal yang menyenangkan, kamu bisa mendapatkan pertemanan yang baru, pengalaman yang baru, dan juga pengetahuan yang baru. Apalagi dengan proses perkuliahan yang sekarang serba online, menjadi tantangan tersediri bagi setiap mahasiswa baru.  Berikut 5 tips buat kamu para mahasiswa baru supaya survive di kuliah online:

  1. Catat jadwal kuliah dan buat reminder

Buatlah jadwal selama tujuh hari kedepan, entah mulai memasukkan jadwal kuliah kamu setiap hari apa dan jam berapa sehingga kamu dapat mengatur waktu dengan baik antara tugas kuliah dan juga pekerjaan di kantor.  Dengan membuat jadwal seperti itu akan memudahkan seseorang untuk mengetahui hal apa yang mereka harus lakukan di jam-jam yang sudah ditentukan.

2. Catat poin-poin penting dalam materi di notebook favorit

Jika dibandingkan dengan kuliah tatap muka, kuliah online memiliki interaksi yang relatif lebih sedikit. Kemungkinan besar dosen yang akan lebih mendominasi perkuliahan. Walau begitu, usahakan tidak mendengarkan secara pasif, ya.

Untuk tips kuliah online kali ini, kamu juga perlu mencatat poin-poin penting dari penjelasan dosen. Selain membantu mengingat materi, catatan tersebut bisa kamu baca kembali. Jadi, jika ada poin yang belum terlalu kamu pahami, kamu pun bisa mencari jawabannya saat sesi tanya-jawab.

3.  Jangan malu untuk diskusi dengan dosen

Sama seperti kuliah dalam kelas, kuliah online juga mengharuskan kamu untuk memasukkan absen. Sayangnya, banyak mahasiswa yang online hanya untuk sekadar absen, tetapi setelah itu sibuk mengerjakan hal selain mengikuti kelas. Wah, hindari melakukan hal seperti itu, ya!

Bukan hanya tidak menghargai dosen dan teman-teman sekelas, tetapi juga dirimu sendiri. Ingatlah bahwa dengan mempelajari materi baru dari kuliah online, pengetahuanmu bakal bertambah, lho. Karenanya, seriuslah dalam mengikuti kelas online. Jika ada materi yang tidak kamu pahami, jangan sungkan bertanya pada dosen. Hal ini bisa memicu diskusi aktif dan sehat antara kamu, dosen, dan teman-teman sekelasmu.

  4. Langsung mengerjakan tugas yang diberikan

Ingin mendapatkan waktu luang yang lebih panjang di akhir pekan? Jangan tunda tugas yang diberikan dosen! Langsung kerjakan setelah sesi perkuliahan selesai, terutama kalau Anda masih mengingat materi yang diajarkan. Hubungi teman-teman kalau tugas tersebut merupakan proyek kelompok. Menumpuk tugas bukan hanya merepotkan Anda saat tenggat menghampiri, tetapi membebani pikiran dan fisik karena kurang beristirahat.

  5. Menjaga kesehatan fisik dan mental selama kuliah online

Pembelajaran jarak jauh selama wabah Covid-19 bukannya muncul tanpa risiko. Mulai dari jenuh, tubuh yang mudah pegal, hingga timbulnya gangguan baru seperti pandemic fatigue. Sehingga walau tak tertular virus, peluang kesehatan fisik atau mental Anda menurun akan tetap ada dan berpotensi mengacaukan perkuliahan online. Jadi, selain memperhatikan tip memaksimalkan kuliah, Anda juga harus memperhatikan kondisi kesehatan supaya tetap prima.

Whatsapp