Tantangan Kuliah Online bagi Mahasiswa

Jakarta – Sudah 1 tahun kegiatan belajar mengajar di dunia pendidikan dijalankan secara online karena pandemi COVID-19 belum usai. Tentu banyak hal dan tantangan yang dihadapi baik oleh mahasiswa maupun tenaga pengajar ketika beralih dari kegiatan belajar tatap muka ke online. Apa saja tantangan yang mahasiswa hadapi ketika menjalankan kuliah online?

  • Internet lemot

Internet yang lemot atau super lambat itu menghambat kegiatan belajar. Biasanya hal ini membuat delay ketika kita sedang melakukan video conference dalam kelas, dan juga membuat kita telat submit tugas ataupun ujian ke dalam forum kelas online. Jadi pastikan internet kita dalam koneksi yang bagus sehingga ketika kuliah tidak terganggu. Siapkan cadangan modem atau tethering melalui mobile data smartphone kamu.

  • Distraksi/ Interupsi ketika sedang kelas online

Interupsi tak terduga seperti panggilan makan dari orang tua atau teman yang masuk kamar tanpa mengetuk pintu bisa saja mengganggu waktu kuliah Anda. Untuk mencegahnya, beritahukan jadwal yang sudah didapatkan supaya mereka tak asal masuk atau memanggil. Jika dibutuhkan, pasang jadwal dan pesan seputar perkuliahan online yang diikuti di kulkas atau mengirimkannya ke chat group supaya cepat dilihat.

  • Bosan

Terlalu lama di depan laptop atau komputer tentu akan membuat kita bosan, karena itu jangan lupa membagi waktu pula untuk istirahat atau refreshing, ya. Hindari memforsir diri sendiri. Tubuh dan otak kamu juga butuh istirahat, lho. Banyak, kok, hal seru yang bisa kamu lakukan walau harus stay at home. Kamu bisa maraton menonton film atau series, main game, atau video call rame-rame dengan teman-teman.

Buat kamu yang sebentar lagi lulus SMA/SMK dan ingin cepat kerja, kamu bisa kuliah S1 dengan sistem online di BINUS Online Learning. Di sini, ada sistem modular yang memudahkan kamu untuk mengatur jadwal kuliah agar tidak bentrok dengan kegiatan lainnya. Tertarik? Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Whatsapp