5 Skill Yang Wajib Dimiliki Sebagai Calon Pemimpin

Seorang pemimpin harus memiliki soft skill yang akan mendukung mereka untuk melakukan pekerjaan mereka dalam memimpin sebuah tim. Lalu apa saja soft skill yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin.

1. Skill komunikasi

Skill pertama yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin adalah skill komunikasi. Soft skill ini merupakan soft skill yang wajib dimiliki karena sebagai pemimpin Kamu akan bicara dengan banyak orang. Bukan hanya bicara tapi berkomunikasi dan memahami apa yang dibicarakan oleh lawan dengan cepat. Seorang pemimpin tidak hanya akan berkomunikasi dengan anggota tim Kamu tapi juga pihak lainnya.

2. Skill mengambil keputusan

Soft skill lain yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin adalah skill mengambil keputusan. Seorang yang bekerja sebagai seorang pemimpin akan dihadapkan pada banyak masalah. Masalah ini bukan hanya dari pekerjaan tapi juga masalah yang berhubungan dengan anggota tim baik secara personal dalam perusahaan. Ya, sangat penting bagi pemimpin untuk bisa mengambil keputusan mengenai hal apapun yang berhubungan dengan anggota tim dan pekerjaannya.

Mengambil keputusan bukan hal yang mudah. Karena keputusan ini bisa melukai orang lain jika tidak diputuskan dengan baik. Oleh karena itu, ada banyak sekali risiko yang harus diperhatikan sebagai seorang pemimpin.

3. Skill manajemen

Seorang pemimpin juga harus memiliki kemampuan untuk me-manage anggota timnya. Tiap orang dalam sebuah tim memiliki karakter dan skill yang berbeda-beda. Hal inilah yang membuat seorang pemimpin harus memiliki skill manajemen yang baik. Pemimpin harus bisa mengalokasikan pekerjaan dengan adil dan sesuai dengan kemampuan sehingga anggota tim Kamu.

4. Skill problem solving

Masalah dalam tim adalah salah satu hal yang sangat umum dan pemimpin adalah pihak yang paling bertanggung jawab dengan masalah dan penyelesaiannya. Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, masalah yang dihadapi oleh tim bukan hanya masalah yang berhubungan dengan pekerjaan tapi juga masalah yang berhubungan dengan masing-masing personal dalam mengerjakan pekerjaan mereka.

Setiap masalah pasti memiliki penyelesaiannya dan tidak setiap orang memiliki kemampuan untuk menyelesaikan masalah dengan baik. Akan ada banyak ide dan masukan dari tim Kamu yang akan membantu Kamu menyelesaikannya akan tetapi keputusan terakhir ada pada pemimpin. Pemimpin yang akan memutuskan mana solusi yang paling baik ini. Hal ini tidak hanya membutuhkan keberanian tapi juga membutuhkan kemampuan berpikir yang tinggi agar keputusan yang diambil memiliki risiko yang paling minim.

 

 

 

 

 

5. Empati

Selanjutnya seorang pemimpin harus memiliki empati. Pemimpin tanpa empati hanya akan menguntungkan dirinya sendiri dan mungkin perusahaan. Hal ini sangat buruk karena dapat membuat Kamu dan perusahaan kehilangan loyalitas dari konsumen. Oleh karena itu, sangat penting bagi Kamu untuk melatih sifat empati Kamu untuk membuat konsumen dan perusahaan puas dengan kinerja Kamu.

Whatsapp