BINUS Online

Karakter yang Cocok Masuk ke Jurusan Teknik Informatika

Dalam pekerjaan kemampuan berupa hard skill saja tidak cukup untuk membuat kamu bisa bertahan dalam pekerjaan kamu. Karena beban dan tanggung jawab dalam sebuah pekerjaan memang sangat berat dan besar. Oleh karena itu, untuk mendukung hard skill yang kamu miliki, kamu akan membutuhkan soft skill.

Di bidang Teknik Informatika ada beberapa jenis skill yang akan kamu butuhkan karena tuntutan kerja dari anak Teknik Informatika yang cukup besar. Lalu apa saja soft skill yang akan mendukung pekerjaan kamu di bidang Teknik Informatika ini? Berikut ini adalah ulasannya.

Soft skill dalam bidang Teknik Informatika

Jika Kamu ingin masuk ke dalam dunia Teknik Informatika, maka akan lebih baik jika Kamu memiliki hard skill yang mumpuni serta memiliki kemampuan soft skill seperti berikut ini.

 Kemampuan komunikasi

Salah satu soft skill yang dibutuhkan oleh seorang dari bidang Teknik Informatika adalah mengenai kemampuan komunikasi. Pekerjaan dalam bidang Teknik Informatika adalah pekerjaan di bidang problem solving.

Ketika mengutarakan problem atau menemukan solusi, maka akan sangat penting bagi kamu untuk memiliki kemampuan komunikasi agar bisa mengkomunikasikan apa yang ada di pikiran kamu. Orang yang bekerja dalam bidang Teknik Informatika juga akan sering melakukan meeting dan presentasi sehingga kemampuan komunikasi ini akan sangat dibutuhkan.

Kemampuan kerja dalam tim dan mandiri

Selanjutnya, ketika kamu ingin bekerja di bidang Teknik Informatika, maka kamu harus memiliki kemampuan kerja dalam tim dan juga memiliki kemampuan bekerja secara mandiri. Ya, intinya seorang yang bekerja dalam dunia Teknik Informatika memang harus mandiri.

 Kemampuan untuk berjaringan

Selanjutnya adalah kemampuan untuk membangun jaringan. Bukan jaringan internet atau komputer ya! Hehe, tapi jaringan sosial. Kamu harus bisa berhubungan baik dengan orang untuk bisa masuk dalam dunia ini. Pasalnya dunia kerja di bidang Teknik Informatika adalah dunia kerja yang sangat dinamis.

Sangat mudah bergerak dan sangat memungkinkan berganti partner setiap saat hal ini membuat kamu harus memiliki jaringan yang baik agar kamu bisa sesegera mungkin beradaptasi dengan perubahan dengan dan mendapatkan akses lebih murah karena jaringan tersebut.

Cepat tanggap

Dalam bidang Teknik Informatika, kamu juga harus memiliki kemampuan cepat tanggap. Masalah dalam aplikasi atau program yang sedang kamu kerjakan bisa terjadi kapan saja. Oleh karena itu, kamu harus memiliki soft skill cepat tanggap untuk cari solusi dari masalah tersebut.

Karakter yang paling cocok untuk pekerjaan di dunia Teknik Informatika

Dilihat dari skill-nya, koleris adalah karakter yang cocok untuk bisa masuk dalam bidang ini. Karakter ini adalah karakter yang kuat, optimis dan memiliki kemampuan untuk cepat tanggap terhadap keadaan darurat. Bisa bekerja dalam tim dan juga bisa bekerja secara mandiri seperti soft skill yang dibutuhkan dalam bidang Teknik Informatika ini.

Whatsapp