BINUS Online

Tips Lancar Melamar Pekerjaan Secara Online

Ketika melamar pekerjaan kamu tidak boleh sembarangan melamar, ada juga beberapa hal yang harus kamu perhatikan agar kamu bisa lolos seleksi dan lebih cepat bekerja. Apa saja? Berikut ini ulasannya.

1. Pilih sesuai dengan bidang pendidikan

Hal ini adalah hal mutlak yang tidak boleh kamu lupakan. Ya, melamar pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan adalah salah satu hal yang sangat penting dan wajib untuk dilakukan jika kamu ingin bekerja lebih dapat. Hal ini disebabkan karena pihak perusahaan akan lebih menyukai mereka yang lulus dari jurusan yang sesuai dengan Bidang pendidikan yang dibutuhkannya karena dianggap memiliki skill yang lebih mumpuni. Akan tetapi jika kamu mau bersabar, kamu tetap bisa mendapatkan pekerjaan yang tidak sesuai dengan bidang pendidikan kamu.

2. Pilih sesuai dengan passion dan keahlian

Selanjutnya, kamu juga bisa pilih pekerjaan sesuai dengan passion yang kami miliki. Jika kamu memiliki keahlian dan passion di bidang tertentu tapi kamu yakin dengan kemampuan ini, maka kamu bisa mengambil lowongan kerja tersebut. Tidak sedikit memang perusahaan yang lebih mengutamakan keahlian jika dibandingkan dengan bidang pendidikan yang dimilikinya. Akan tetapi pastikan kamu punya dukungan mengenai keahlian ini ya! Contohnya adalah sertifikat atau piagam penghargaan dari lomba yang kamu ikuti.

3. Jangan lupa sertakan sertifikat pendukung keahlian selain ijazah

Nah jika kamu memiliki keahlian yang berhubungan dengan bidang pendidikan, maka akan lebih baik bagi Kamu. Karena tenaga seperti inilah yang paling banyak diminati dan diinginkan oleh perusahaan. Jika kamu memang memiliki sertifikat keahlian, jangan lupa untuk sertakan sertifikat keahlian ini agar perusahaan lebih yakin untuk memilih kamu sebagai tenaga kerja mereka.

4. Lamar di posisi staf

Selanjutnya, jangan lupa untuk melamar posisi staff terlebih dahulu. Banyak orang memang ingin menempati posisi yang tinggi dalam sebuah perusahaan, akan tetapi perlu kamu tahu, hal ini akan berat karena saingan kamu adalah orang-orang yang memiliki pengalaman. Meskipun kamu memiliki kualifikasi hal ini tentu bukan hal yang mudah karena tekanan kerja nantinya akan sangat besar. Oleh karena itu, jika bisa pilihlah lowongan kerja staff karena jika performa kamu baik kamu tidak akan sulit untuk mencapai posisi tinggi dalam waktu yang cepat.

5. Mulai dengan perusahaan kecil tapi memiliki peluang bertumbuh yang besar

Tips lain jika kamu ingin cepat bekerja adalah dengan melamar perusahaan kecil atau perusahaan startup yang memiliki peluang bertumbuh yang besar. Hal ini akan membuat kamu lebih diuntungkan karena kamu jadi tahu tantangan dalam dunia bisnis dan bisa mendapatkan pengalaman untuk belajar.

 

6. Jangan terlalu ambisius dengan gaji

Ini juga sangat penting. Tidak ada orang yang memulai pekerjaan mereka dengan gaji Rp 20 juta di awal pekerjaan mereka. Semuanya butuh kerja keras jadi pastikan kamu tidak terlalu ambisius dengan gaji pada pekerjaan pertama kamu ya!

Whatsapp