BINUS Online

Karakter yang Cocok Masuk ke Jurusan Sistem Informasi

Teknologi informasi adalah salah satu bidang yang sangat populer belakangan ini. Hal ini disebabkan karena bidang industri ini akan sedang berkembang dengan pesat dan diperkirakan akan makin besar perkembangannya karena kebutuhan masyarakat yang makin ingin dimudahkan. Bagi Kamu yang ingin bekerja di bidang ini, akan lebih baik jika kamu tahu soft skill apa saja yang akan kamu butuhkan untuk bisa jadi pekerja di bidang teknologi informasi yang sukses berikut ini.

Skill yang dibutuhkan untuk bekerja di bidang teknologi informasi

Selain memiliki hard skill seperti kemampuan desain program dan juga kemampuan programming Kamu juga akan membutuhkan soft skill untuk bisa bertahan dan berkarir dalam dunia teknologi informasi ini. Lalu apa saja soft skill yang dibutuhkan dalam bidang teknologi informasi ini? Berikut ini ulasannya.

1. Memiliki empati

Salah satu hal yang paling penting ketika kamu ingin bekerja di dunia teknologi informasi adalah ketika kamu memiliki rasa empati yang tinggi. Ketika kamu akan bekerja sebagai seorang di bidang teknologi informasi, kamu harus bisa dan harus tahu apa yang diinginkan oleh orang yang akan menjadi klien kamu. Hal ini akan membutuhkan rasa empati yang tinggi.

2. Sabar

Sifat sabar juga kan sangat dibutuhkan dalam pekerjaan teknologi informasi, hal ini disebabkan karena pekerjaan ini akan bekerja dengan sistem yang terus berputar. Bagi kamu yang sudah masuk ke bidang teknologi informasi, maka kamu akan paham bahwa sebuah software memiliki life cycle dan akan terus diperbaiki dan diperbaharui ketika ada trouble.

Untuk membuat sebuah sistem yang kuat juga melalui banyak trial dan error. Oleh karena itu, akan dibutuhkan kesabaran yang tinggi jika kamu ingin terjun ke dunia kerja di bidang teknologi informasi ini.

3. Solutif

Hal lain yang tidak kalah penting ketika kamu ingin bekerja di bidang teknologi informasi adalah karakter solutif. Pekerjaan dalam dunia teknologi informasi adalah pekerjaan yang bertugas untuk mencari penyelesaian dalam masalah dan hambatan. Oleh karena itu, kamu harus memiliki pemikiran problem solving ketik kamu ingin bekerja di bidang teknologi informasi ini.

4. Kreatif

Kamu yang bekerja di bidang teknologi informasi harus memiliki pikiran yang luas dan juga kreatif. Pasalnya dalam bidang teknologi informasi ini tiap hari kamu akan bertemu dengan masalah baru dan harus mencari solusi yang baru.

5. Melankolis Plegmatis

Untuk kamu yang memiliki karakter melankolis plegmatis akan sangat diuntungkan dengan pekerjaan teknologi informasi ini. Pasalnya mereka yang memiliki sifat melankolis biasanya memiliki rasa empati yang tinggi, sering berpikir dan juga inovatif. Sedangkan mereka yang memiliki karakter plegmatis akan memiliki kesabaran yang tinggi dan sangat cocok bekerja dalam tim seperti dalam tim teknologi informasi.

 

Baca Juga: Mau Ujian Online Lancar? Intip Tips Berikut, Yuk!

Whatsapp