4 Tips Memilih Kuliah yang Tepat

Jurusan kuliah adalah salah satu hal yang akan sangat menentukan masa depan kamu, kecuali kamu memang ingin berbisnis. Nah untuk kamu yang masih bingung pilih jurusan kuliah yang mana, maka berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

1. Lihat peluang kerja di masa depan

Salah satu tujuan utama dari mengikuti pendidikan di kuliah adalah untuk memudahkan dalam mencari pekerjaan. Pekerjaan memang tujuan utama seseorang untuk belajar. Pasalnya dengan belajar dengan baik dan memiliki nilai yang baik, maka akan lebih mudah bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan yang layak.

Oleh karena itu, ketika kamu menentukan akan berkuliah di mana, perhatikan kembali apa yang mungkin akan membutuhkan banyak tenaga di masa depan. Jika kita lihat saat ini, peluang kerja paling besar bisa dilihat dari bidang digital, makin hari teknologi yang makin berkembang membuat peluang kerja di bidang tersebut makin besar.

2. Lihat kondisi ekonomi dan politik yang mungkin berpengaruh di masa depan

Selanjutnya, kamu bisa perhatikan mengenai kondisi ekonomi dan politik yang terjadi di masa kini dan apa yang mungkin akan berubah di masa depan. Di era pandemi seperti ini memang kondisi ekonomi dan politik memang sedang sangat terguncang.

Hal ini membuat sulit membuat prediksi. Akan tetapi jika kondisi paling sulit seperti ini, maka akan lebih mudah bagi kamu untuk menyasar pendidikan yang memiliki peluang lebih stabil contohnya adalah bidang pendidikan dan bidang teknologi yang sudah pasti akan dibutuhkan di masa depan.

3. Lihat kegiatan luar akademis

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan ketika kamu ingin memilih tempat untuk melanjutkan pendidikan adalah kegiatan luar ruangan apa saja yang dimiliki oleh kampus kamu. Apakah kamu ada yang tertarik dengan kegiatan tersebut dan bagaimana dengan performanya?

Memilih kampus berdasarkan kegiatan akademis merupakan salah satu hal yang menguntungkan akan tetapi kegiatan non akademis dari kampus tersebut juga sangat layak untuk diperhatikan. Pasalnya, skill dan penerapan ilmu paling banyak akan dilakukan pada kegiatan non akademis. Oleh karena itu, jika kamu ingin sukses di masa depan jangan lupa untuk aktif di kegiatan non akademis kampus yang memiliki prestasi.

4. Perhatikan kesuksesan para lulusan

Hal lain yang tidak kalah penting untuk diperhatikan adalah mengenai bagaimana performa dari lulusan universitas yang kamu inginkan. Apakah sebagian besar dari lulusan mendapatkan pekerjaan dengan cepat? Dan bagaimana bidang pekerjaannya apakah sesuai dengan jurusannya tahu tidak. Hal ini akan membantu kamu untuk lebih yakin apakah jurusan dan kampus yang kami pilih akan membawa kamu ke dalam kesuksesan atau tidak di masa depan.

Whatsapp