5 Tips Mendapatkan IPK Tinggi

Buat kamu yang masih sekolah di sekolah tinggi atau universitas, pasti IPK yang tinggi akan jadi tujuan kamu bukan? Untuk kamu yang ingin dapatkan IPK tinggi. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu dapatkan.

1. Rajin datang ke kelas, tepat waktu

Salah satu hal yang akan bikin kamu dapat IPK tinggi adalah dengan datang ke kelas dengan rajin. Nggak sedikit dari dosen yang memasukkan kehadiran kamu untuk salah satu penilaian mereka. Oleh karena itu, rajin masuk ke kelas adalah hal yang wajib dilakukan. Jangan juga sering terlambat karena sering terlambat bisa bikin dosen kesal dan mengingat kamu.

Oh ya, jangan juga titip absen. Titip absen nantinya bikin kamu nggak dapat pelajaran yang disampaikan oleh dosen kamu. Kalau kamu masuk kamu bisa perhatikan dikit-dikit penjelasan dosen kamu jadi kalau mengulang sendiri di kosan atau di rumah kamu nggak akan kebingungan.

2. Partisipasi aktif di kelas

Dosen akan sangat senang jika kelasnya aktif. Artinya mereka nggak bicara dengan sia-sia. Dengan kamu jadi seorang anak yang aktif di kelas, maka dosen akan ingat kamu dengan persepsi yang baik. Hal ini bikin kamu bisa lebih mudah dapat nilai IP yang lebih tinggi dan akan berpengaruh pada nilai IPK kamu nantinya.

3. Berteman dengan anak yang pintar di kelas

Cara lain untuk bisa dapatkan nilai IP dan IPK yang tinggi adalah dengan kenalan dan berteman dengan anak yang pintar di kelas. Jadi jangan cuma temenan sama anak-anak yang gaul dan asyik saja tapi juga temenan sama anak yang pintar.

Oh ya, jangan juga Cuma memanfaatkan mereka ya! Ajak merek untuk gabung di grup kamu biar teman-teman kamu juga ikutan pinter dan dapat IPK yang bagus. Oh ya, berteman dengan anak yang pintar tujuannya bukan biar dapat contekan lho! Tapi biar kamu bisa belajar bareng dan bisa tanya kesulitan kamu pada teman kamu itu. Jaman sekarang masih contekan? Uh cupu!

4. Buat jadwal rutinitas

Selanjutnya adalah buat jadwal rutinitas harian. Jadwal atau rutinitas harian adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Hal ini penting karena dengan bikin jadwal harian kamu bisa seimbangkan waktu kamu untuk diri sendiri, untuk bersosialisasi dan juga untuk kuliah kamu.

Ya! Biarpun kamu nilai IPK kamu tinggi, tapi waktu untuk diri sendiri dan juga bersosialisasi juga penting biar kamu bisa lebih mudah dapat pekerjaan dan mengasah soft skill kamu.

5. Jangan SKS

SKS atau sistem kebut semalam adalah salah satu kesalahan paling besar yang mungkin kamu lakukan. Karena dalam semalam mustahil bagi kamu untuk bisa menghafal dan belajar pelajaran yang diajarkan oleh dosen selama berbulan-bulan. Jadi lakukan belajar rutin tiap minggu untuk bisa dapatkan pengetahuan full.

Whatsapp