BINUS Online

Cara Mengelola Keuangan dengan Baik Demi Kesejahteraan Finansial

Mengelola keuangan bisa dibilang susah-susah gampang. Tak semua orang bisa mengelola keuangan dengan baik karena manajemen pengeluaran dan pemasukan tak semudah seperti yang kamu lihat dalam seminar atau buku.

Ada banyak faktor yang membuat sebagian orang sulit untuk mengelola keuangan mereka. Bahkan, banyak di antaranya yang seringkali kesulitan untuk tidak berhemat di awal bulan sehingga selalu jadi problem di akhir bulan.

Sebenarnya ada banyak sekali cara dalam mengelola keuangan, namun tak semuanya bisa diterapkan untuk semua orang. Kamu harus pandai memilih cara mengelola keuangan yang sesuai dengan kondisi setiap orang. Nah, berikut ini cara mengelola keuangan dengan baik demi kesejahteraan finansial.

Buat anggaran bulanan

Buatlah anggaran bulanan agar pengeluaran uang bisa digunakan sebaik mungkin. Cara pertama yakni menggunakan pendekatan skala prioritas. Belilah barang-barang yang memang dibutuhkan dan tunda pembelian barang jika motivasinya hanya karena keinginan.

Kamu harus membuat pos-pos anggaran dan tentukan budget dari masing-masing pos tersebut, seperti kebutuhan bahan pokok, kebutuhan internet dan pulsa, kebutuhan hiburan, cicilan kredit, sewa rumah, dan sebagainya.

Dengan gambaran ini, kamu akan lebih mudah mengatur keuangan bulanan. Jangan lupa menganggarkan di awal bulan dana untuk investasi, setidaknya sisihkanlah minimal 10%-20% untuk investasi dan tabungan yang bisa digunakan dalam kondisi darurat.

Manfaatkan promo dan diskon

Memanfaatkan promo dan diskon adalah salah satu cara terbaik untuk meminimalkan pengeluaran. Saat ini, banyak sekali promo dan diskon yang bisa didapatkan, baik di toko offline maupun marketplace online. Sellers mengadakan promo untuk menarik sebanyak-banyaknya calon pembeli.

Lantaran promo dan diskon tak berlangsung terus menerus dan hanya untuk beberapa produk tertentu, buatlah list barang yang dibutuhkan namun sifatnya tidak mendesak, lalu segera lakukan pembelian saat mengetahui ada promo dan diskon berlangsung. Untuk mengetahui promo dan diskon di berbagai tempat, kamu bisa rutin mengecek program di marketplace, media sosial, dan sebagainya.

Jangan besar pasak daripada tiang

Bagi kamu yang bekerja sebagai karyawan, tentunya setiap bulan akan mendapatkan pemasukan dalam bentuk gaji. Selalu prioritaskan kebutuhan di atas keinginan ketika mendapatkan gaji, ya. Cobalah untuk selalu mengontrol diri agar tidak mengeluarkan uang secara berlebihan, terutama di awal bulan.

Membuang-buang uang hanya untuk membeli barang yang tidak terlalu dibutuhkan adalah sikap yang tidak bijak. Selain itu, buatlah batasan pengeluaran agar tak melebihi gaji bulanan. Ambil contoh, kamu tidak boleh tergoda untuk membeli mobil dengan skema kredit, jika memang cicilannya mencapai lebih dari 30% dari pemasukan bulanan.

Siapkan asuransi, dana pensiun, dan investasi

Asuransi adalah salah satu cara untuk mengelola keuangan sekaligus membagi risiko. Dengan memiliki asuransi, setidaknya kamu terhindar dari pengeluaran besar yang tak terduga seperti biaya rumah sakit atau kecelakaan.

Selain asuransi kesehatan, produk polis asuransi lain yang disarankan yakni asuransi jiwa. Banyak perusahaan asuransi jiwa yang menawarkan opsi fleksibilitas percepatan manfaat bagi nasabahnya. Misalnya ketika Anda membeli asuransi untuk orang tua yang berusia 65 tahun, maka Anda bisa mengajukan klaim asuransi untuk dipakai sebagai biaya rumah sakit ketika orang tua sakit. Pihak asuransi tinggal mengurangi manfaat kematian sesuai dengan jumlah uang yang diklaim.

Anda juga perlu memikirkan dana pensiun selagi masih berusia produktif. Sisihkan dana sekitar 10% dari gaji sebagai dana pensiun. Dana pensiun ini sangat penting untuk menunjang hidup di usia tua sebagai tabungan pensiun.

Cari penghasilan tambahan

Bagaimana cara mengelola keuangan secara ketat tanpa mengurangi kesenangan? Kamu bisa melakukannya dengan mencari penghasilan tambahan. Rumusnya adalah semakin besar pemasukan, maka semakin besar pula uang yang bisa kamu keluarkan untuk berbagai kebutuhan.

Jika kamu bisa berhemat, pemasukan bulanan bisa lebih terjaga karena sebagian pengeluaran bisa dipenuhi dari tambahan penghasilan. Alokasi dana untuk tabungan dan investasi pun bisa lebih besar. Banyak cara untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu bisa mengikuti kuliah online dan kelas karyawan untuk meningkatkan kualifikasi yang bisa menunjang karier.

Secara tidak langsung, kenaikan jabatan akan mendorong kenaikan pendapatan. Saat ini, BINUS Online Learning menyelenggarakan kuliah online S1, sehingga kamu bisa mengikuti perkuliahan tanpa mengganggu pekerjaan sehari-hari.

Itulah beberapa cara cerdas untuk mengelola keuangan bulanan agar tetap stabil. Butuh komitmen dan disiplin kuat untuk bisa merealisasikannya. Selamat mencoba!

Whatsapp