BINUS Online

Siap Presentasi Online? Lakukan Dulu 5 Persiapan Ini

Masa pandemi virus corona menuntut banyak pekerjaan untuk dilakukan secara online, tak terkecuali presentasi. Itulah mengapa berbagai aplikasi webinar mulai masif digunakan dalam beberapa bulan terakhir. Meskipun tampak lebih mudah, presentasi online tentunya berbeda dengan presentasi face to face. Ada tantangan tersendiri ketika harus menyampaikan materi presentasi secara virtual.

Terlebih lagi jika presentasi disampaikan di depan para atasan di kantor. Presentasi online memiliki beberapa kesulitan dibandingkan dengan tatap muka langsung, karena pembicara lebih sukar untuk menjaga audiens tetap tertarik mendengarkan materi. Nah, agar presentasi online bisa berjalan dengan baik, yuk simak 5 tips berikut ini.

Siapkan PPT

Dalam presentasi virtual, gambar slide akan jauh lebih mendominasi ketimbang visualisasi pembicara itu sendiri. Untuk itu, buatlah slide presentasi atau PPT sebaik mungkin. Agar pendengar terus tertarik dan mengikuti materi, buatlah materi PPT yang menghibur secara visual. Sebaiknya hindari teks yang terlalu banyak dalam setiap slide. Fokus untuk memperbanyak grafis dan gambar yang sedap dipandang mata.

Dalam presentasi online, teks yang terlalu banyak akan sulit terbaca dan membingungkan. Ini akan membuat pendengar tak bisa mengingat materi yang disampaikan dalam presentasi online. Selain itu, pilihlah slide yang simple dan ringkas. Dengan begitu, peserta meeting akan lebih mudah mengerti apa yang disampaikan.

Cek koneksi internet

Hal penting kedua dalam kelancaran presentasi online adalah koneksi jaringan internet. Sebelum melakukan presentasi, pastikan kualitas jaringan internet sudah memadai. Jika ragu, lakukan pengetesan dengan melakukan video conference bersama rekan sejawat sebelum benar-benar tampil di depan para atasan atau klien. Pastikan saja kamu melakukan ini beberapa menit sebelum presentasi dimulai agar tidak terlambat meeting.

Selain jaringan internet, cek kesiapan pendukung lainnya seperti earphone atau headset yang dilengkapi dengan microphone untuk menghasilkan suara yang lebih jernih. Daya baterai laptop juga harus dalam kondisi terisi penuh.

Pahami dulu aplikasi video conference

Untuk kelancaran presentasi online, pahami perangkat lunak atau aplikasi yang akan digunakan. Kamu bisa berdiskusi dengan rekan di kantor mengenai aplikasi video conference apa yang bisa diandalkan.

Jika sudah menentukan pilihannya, maka kamu harus mempelajarinya dengan baik. Pahami berbagai fitur-fitur yang akan sangat berguna untuk mendukung presentasi online kamu nanti. Selama presentasi online, fitur video harus dinyalakan agar semua audiens bisa melihat pembicara. Dengan melihat secara visual, materi yang disampaikan akan lebih mudah dipahami.

Gugup? Meditasi dulu

Merasa gugup saat presentasi adalah sebuah hal yang wajar, baik presentasi tatap muka maupun presentasi online. Rasa gugup sendiri bisa dikendalikan asalkan memiliki kepercayaan diri yang cukup. Percaya diri itu akan muncul dengan sendirinya jika kita merasa yakin kalau presentasi bisa dilakukan dengan baik. Cara termudah mengatasi rasa gugup adalah dengan bermeditasi dan latihan pernapasan. Pejamkan mata lalu tarik napas dalam-dalam dan tahan sejenak, kemudian hembuskan dengan perlahan.

Hal lain yang perlu diperhatikan yakni soal penampilan. Meskipun presentasi dilakukan secara virtual, mandi dan kenakan pakaian yang rapi sebagaimana saat presentasi di kantor. Hal itu juga membantu meningkatkan kepercayaan diri.

Terus latihan agar lancar

Anda bisa berlatih bicara sebelum tampil dalam presentasi online. Berlatih presentasi akan membantu materi yang disampaikan bisa dimengerti oleh audiens. Latihan bisa dimulai dengan melatih nada suara, intonasi, cara bicara, dan sebagainya.

Sebelum melakukan presentasi online, Anda setidaknya harus berlatih sebanyak dua kali. Ada baiknya melakukan latihan presentasi di depan rekan kerja yang sudah berpengalaman. Dia akan memberikan masukan-masukan yang baik terkait perbaikan presentasi yang Anda lakukan.

Berbicara di dalam jaringan internet juga perlu dilatih. Ini karena berbicara yang terlalu cepat seringkali sulit didengar audiens karena delay saat koneksi internet bisa saja terganggu atau tidak stabil. Berlatih untuk berbicara dengan agak pelan dan pilih kata-kata yang mudah dipahami.

Selama berlatih, cobalah untuk mecoba menyapa atau melemparkan pertanyaan singkat pada audiens. Itulah beberapa tips persiapan yang perlu dicoba untuk kelancaran presentasi online. Meskipun kamu sibuk bekerja, tidak ada salahnya untuk melanjutkan pendidikan S1 melalui kuliah online dan kelas karyawan. Namun, pastikan kamu terdaftar dalam kuliah online yang berkonsep modular, seperti BINUS Online Learning. Klik di sini untuk informasi selengkapnya.

Whatsapp