BINUS Online

Ikuti Cara-Cara Menjadi Sukses di Usia Muda Ini

Setiap orang tentu ingin menjadi sukses dalam menjalani hidup, baik itu sukses dalam karier maupun dalam pembelajaran. Hal tersebut memang tidaklah mudah dan seperti membalikkan telapak tangan. Semuanya harus disiapkan sejak dini. Nah, bagi kamu yang ingin berkembang ada baiknya ikuti cara menjadi sukses di usia muda berikut ini, ya!

Punya target yang jelas

Sebagai langkah awal yang perlu diterapkan agar bisa sukses di usia muda adalah memiliki target yang jelas. Ingat, setiap usaha tidak bisa berkembang dengan baik bila kamu tak punya target yang jelas. Maka, tentukan target dan cari tahu bagaimana mencapai target tersebut dalam kurun waktu tertentu.

Kamu bisa membedakan mana yang akan jadi target dalam jangka pendek, jangka menengah, hingga jangka panjang. Dalam menentukan target tersebut, pertimbangkanlah berdasarkan keadaan, dan kondisimu. Kemudian, kamu perlu untuk fokus dan berkomitmen mencapai target tersebut.

Setidaknya, meskipun belum tercapai secara maksimal, kamu bisa lebih maju dan sudah melakukan usaha terbaik. Jangan lupa untuk terus mengevaluasi target setiap waktu tertentu. Tujuannya ialah agar kamu bisa mengetahui sejauh mana capaian target tersebut.

Cerdas dalam bekerja

Setelah target yang jelas sudah terbentuk, kini kamu pun perlu merealisasikannya. Cara menjadi sukses tersebut salah satunya adalah dengan bekerja keras. Namun, di samping kerja keras kamu pun penting untuk menerapkan kerja cerdas. Kerja cerdas perlu kamu terapkan apapun bidangnya, baik menjadi seorang karyawan maupun sebagai seorang pengusaha.

Contoh dari kerja cerdas ini adalah pandai membagi waktu kapan kamu bekerja dan beristirahat. Jika kerja keras tidak dibekali dengan kerja cerdas, kamu tentu akan menjadi kesulitan. Bahkan, bisa-bisa karena terlalu bekerja keras dan tidak bisa membagi waktu untuk menjaga kesehatan, pada akhirnya kesehatan terganggu. Hal ini bisa menjadi kendala untuk menjadi sukses jika terus-menerus dilakukan.

Atur keuangan sedari dini

Masalah keuangan menjadi permasalahan tersendiri bagi anak muda. Di usia belia, terkadang kita pun hanya berpikiran untuk bersenang-senang saja. Terlebih lagi bila memiliki uang lebih. Jika kamu ingin berkembang, penting untuk menghindari hal tersebut. Bersenang-senang memang boleh, namun janganlah berlebihan. Selebihnya, uang yang kamu miliki bisa digunakan untuk tujuan yang lebih bermanfaat.

Misalnya saja digunakan untuk menabung, berinvestasi, maupun bisa kamu jadikan untuk modal usaha. Tak kalah pentingnya juga untuk mencatat segala pemasukan maupun pengeluaran. Dengan begitu, kamu pun bisa mengetahui dari mana asal pemasukan dan ke mana saja pengeluarannya. Sehingga, kamu bisa menghindari pengeluaran yang tidak diinginkan. Sebab, pengeluaran seperti inilah yang disadari atau tidak dapat membuat seseorang menjadi boros.

Memperluas jaringan pertemanan

Selain bekerja keras dan mampu mengatur keuangan, cara menjadi sukses di usia muda ditentukan pula oleh jaringan pertemanan. Penting bagi kamu untuk memilih lingkar pertemanan yang positif. Maksudnya dengan memilih teman yang mampu menggerakkan pikiran maupun tindakanmu ke arah yang lebih positif.

Bertemanlah dengan siapa saja tanpa memandang usia. Bahkan di era digital, pertemanan juga bisa dilakukan melalui platform media sosial. Sebaiknya, bertemanlah pula dengan orang-orang yang memiliki kisah sukses atau kisah hidup yang menarik. Dari mereka, kamu bisa belajar dan bertanya banyak hal untuk memotivasi diri lebih sukses di masa mendatang.

Kemauan untuk terus belajar

Cara menjadi sukses yang terakhir tentunya harus dibarengi dengan kemauan yang tinggi dan semangat terus belajar. Bagi sebagian orang, belajar selesai ketika kamu telah menyelesaikan bangku sekolah. Ternyata, anggapan seperti ini kurang tepat. Justru, belajar bisa di mana saja dan kapan saja. Termasuk pada saat kamu berbisnis sekalipun.

Tidak pernah ada kata terlambat, kamu bisa melanjutkan jenjang S1 lewat program kuliah online dan kelas karyawan di Binus Online Learning. Kuliah online dan kelas karyawan yang ada pun diisi oleh para mentor dan pengajar berpengalaman di bidangnya. Sehingga, ilmu yang akan kamu dapatkan pun semakin berkembang dan sesuai dengan tuntutan zaman.

Jika cara menjadi sukses di usia muda tersebut kamu praktikkan dengan baik, bukan tidak mungkin kamu akan menjadi seorang yang memiliki capaian serta mampu bersaing di era global. Jangan lupa juga untuk selalu berdoa dan berpikiran optimis dalam berbagai kesempatan. Selamat mencoba!

Whatsapp