BINUS Online

6 Faktor yang Buat Kamu Takut Mencoba Hal Baru

Hal-hal yang terasa kurang familiar memang kerap menimbulkan rasa tidak nyaman hingga takut. Itulah kenapa ketika dihadapkan pada hal-hal baru, banyak dari kamu yang takut mencoba. Walaupun situasi seperti ini wajar terjadi, bukan berarti kamu bisa selalu membiarkannya. Mencoba hal baru akan membuka banyak pintu kesempatan untuk kamu, mulai dari kesempatan menambah ilmu, meningkatkan skill, hingga mendapat teman baru. Tentunya ini tergantung dari jenis hal baru yang kamu coba, ya.

Daripada terus-terusan bergelut dengan rasa takut, kenapa kamu tidak mencari tahu faktor yang menyebabkan ketakutan tersebut? Dengan mengetahui penyebabnya, kamu pun bakal tahu apa yang harus dilakukan untuk melawannya.

Takut ditolak

Penolakan memang bukan hal yang menyenangkan. Namun, jangan jadikan ini alasan untuk tidak mencoba hal baru. Katakanlah kamu berniat ikut kuliah online dan kelas karyawan, tetapi kamu tak kunjung maju karena takut ditolak perguruan tinggi. Well, kemungkinan itu memang selalu ada. Namun, kalau kamu fokus pada kemungkinan penolakan tersebut, bisa-bisa itu bakal jadi sugesti diri dan berpengaruh pada hasil. Daripada begitu, kenapa tidak fokus usaha sebaik mungkin dulu?

Takut gagal

Kamu pasti sudah sering mendengar kalimat “kegagalan adalah bagian dari proses belajar”. Hal ini benar adanya, lho. Memang, tidak ada orang yang ingin gagal. Namun, tanpa kegagalan, kamu tidak akan bisa mendapat pelajaran.

Kegagalan akan mengajarkan kamu hal-hal apa saja yang tidak perlu diulangi dan harus dioptimalkan demi mencapai tujuan. Lagi pula, sepertinya tidak ada orang sukses yang tidak pernah gagal. Mereka pasti pernah melewati fase itu.

Tidak ada kepastian

Hal-hal baru memang identik dengan ketidakpastian. Kamu tidak tahu apa yang akan kamu hadapi dan hasil yang akan didapatkan. Alhasil, kamu pun jadi takut mencoba. Padahal, di balik ketidakpastian tersebut, ada banyak kesempatan yang menunggu untuk ditelusuri.

Siapa tahu saja kamu justru bakal menemukan atau mengalami hal yang menyenangkan? Seandainya hasilnya tidak sesuai harapan pun tidak apa-apa, at least kamu sudah berani melawan ketakutanmu. It’s considered an achievement!

Tidak mau sendiri

Pada dasarnya, manusia memang makhluk sosial. Namun, bukan berarti kamu harus selalu didampingi orang lain dalam menjalani semua hal, kan? Ada kalanya kamu harus berjuang sendirian, termasuk saat mencoba hal-hal baru, begitu juga orang lain di sekitar kamu.

Kamu masih bisa, kok, berinteraksi dengan mereka. Siapa tahu dengan mencoba hal baru, kamu justru bisa mendapatkan banyak kenalan atau teman baru? Jadi tidak sendirian lagi, kan?

Risiko dihakimi orang lain

Komentar orang lain terhadap hal-hal yang kamu lakukan memang tidak dapat dihindari, membuat kamu jadi takut mencoba karena khawatir dinilai negatif. Kamu tidak dapat mengontrol hal tersebut, tetapi kamu bisa mengontrol diri kamu sendiri.

Hanya kamu yang benar-benar mengetahui diri kamu, jadi jangan biarkan perkataan orang lain mempengaruhi mindset kamu. Biarkan saja mereka berbicara, tidak perlu diladeni. Lama kelamaan mereka pasti capek sendiri dan berhenti berkomentar.

Kurang percaya diri

Merasa tidak cukup baik atau insecure dengan kemampuan diri sendiri juga kerap membuat banyak orang takut mencoba hal baru. Mereka tidak yakin bahwa mereka cukup kompeten untuk melakukan hal baru tersebut. Alhasil, pikiran-pikiran seperti “bagaimana kalau aku gagal?” atau “aku tidak pantas mendapatkan hal tersebut” pun muncul di kepala. Coba lawan pikiran tersebut. Kemungkinan gagal selalu ada, namun bagaimana jika hasilnya justru sukses? Kamu tidak pernah tahu tanpa mencobanya.

Agar bisa bertahan hidup, kita sebagai manusia perlu untuk terus mengembangkan ilmu dan skill. Hal tersebut bakal sulit terwujud kalau kamu takut mencoba hal-hal baru. Jangan sampai rasa takutmu malah menghalangi niatmu untuk mengikuti kuliah online dan kelas karyawan. Kuliah sekaligus bekerja bisa kamu lakukan dengan mulus bersama BINUS Online Learning.

Whatsapp