BINUS Online

Apa Arti Kuliah Jalur RPL? Dan Bagaimana Caranya?

BINUS Online Learning memberikan kemudahan untuk masyarakat yang ingin menempuh pendidikan di BINUS Online Learning melalui jalur RPL. Jalur RPL adalah kepanjangan dari Rekognisi Pembelajaran Lampau, adalah penyetaraan akademik atas pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi untuk memperoleh kualifikasi pendidikan tinggi di berbagai program studi BINUS Online Learning. RPL sendiri merupakan sebuah implementasi dari pembelajaran sepanjang seumur hidup untuk meningkatkan jumlah angkatan kerja yang terdidik dan berkeahlian. RPL ini juga membantu memberikan kesempatan yang lebih luas lagi untuk masyarakat yang telah memiliki pengalaman kerja, untuk dapat menempuh pendidikan yang lebih tinggi lagi. Sistem pembelajarannya pun tetap memakai satuan kredit semester (sks) dalam bentuk mata kuliah, yang diperoleh melalui pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikasi. Jumlah maksimal mata kuliah yang dapat diperoleh atau diakui adalah 15 mata kuliah.

Keuntungan dan Keunggulan yang didapat jika mengikuti program RPL BINUS Online Learning :

1. Lulus Lebih Cepat

Dengan total mata kuliah yang diperoleh melalui penyetaraan akademik dan pengalaman kerja atau pelatihan bersertifikat, maka mahasiswa dapat menyelesaikan perkuliahan dengan waktu yang singkat dibandingkan dengan mahasiswa yang menempuh jalur reguler. Contohnya jika mahasiswa mengambil total 5 mata kuliah, maka lama mereka akan menempuh kuliah adalah 7 semester, jika total 10 mata kuliah yang diambil, maka lama mereka akan kuliah adalah 6 semester, dan jika total 15 mata kuliah yang diambil, mereka hanya akan menempuh kuliah selama 5 semester.

2. Hemat Biaya

Biaya yang akan dikeluarkan dengan mata kuliah yang diambil adalah 50% dari biaya mata kuliah reguler. Dan dengan pendeknya masa perkuliahan juga akan mengurangi besaran biaya BP3, sehingga total keseluruhan biaya RPL lebih murah daripada kuliah reguler.

Program Studi

Ada 5 program studi yang ditawarkan program RPL ini:

1. Akuntansi (SMA/K – S1)

2. Business Management (SMA/K – S1)

3. Sistem Informasi (SMA/K – S1)

4. Teknik Informatika (SMA/K – S1)

5. Teknik Industri (SMA/K – S1)

Persyaratan

Untuk memenuhi agar dapat mendaftar pada jalur RPL ini, mahasiswa harus memenuhi persyaratan sebagai berikut:

1. Lulusan SMA / SMK.

2. Mempunyai pengalaman kerja minimal 3 tahun pada bidang pekerjaan yang sesuai dengan program studi yang akan diambil.

3. Assesment dan Interview oleh Assesor.

Biaya

1. Biaya pendaftaran Rp. 250.000

2. Biaya pengakuan kuliah

Contohnya, jika mendapatkan pengakuan 5 – 9 mata kuliah, maka pembayaran dilakukan 1 kali bersamaan dengan biaya kuliah semester 2. Lalu, jika mendapatkan pengakuan 5 – 9 mata kuliah, maka pembayaran dilakukan 2 kali bersamaan dengan biaya kuliah semester 2 dan tagihan semester

Sumber: https://online.binus.ac.id/informasi-pendaftaran-mahasiswa-baru-jalur-rpl/

Whatsapp