Kriteria Memilih Pekerjaan yang Tepat

Jakarta, Oktober 2020 – Bekerja merupakan tujuan akhir setiap orang. Setelah mereka menempuh pendidikan yang sudah dijalani, maka langkah selanjutnya adalah untuk mengaplikasikan seluruh pengetahuan yang sudah didapatkan kedalam dunia pekerjaan. Namun dengan begitu masih banyak para fresh graduate yang bingung dengan pekerjaan apa yang tepat bagi mereka, karena untuk masuk ke dunia pekerjaan tidaklah mudah dan harus benar-benar dipikirkan dengan matang.

Oleh karena itu, sebelum menentukan ingin bekerja dimana ada baiknya jika kita melakukan riset terlebih dahulu agar tidak salah dalam memilih. Jika kalian salah satunya yang bingung dengan bagaimana caranya untuk memilih pekerjaan yang tepat, maka kalian harus simak penjelasan dibawah ini.

Penghasilan/Gaji yang Diperoleh

Jika kalian sudah memasuki dunia pekerjaan sudah tentu kalian akan mendapatkan hak kalian yaitu gaji dari pekerjaan yang sudah kalian kerjakan. Ada baiknya sebelum kita mengajukan diri ke suatu perusahaan, kita harus mengetahui penghasilan yang didapatkan sesuai dengan kebutuhan masing-masing. Biasanya bagian ini dapat kalian ketahui ketika kalian menjalankan sebuah interview pada perusahaan tersebut, disinilah kalian bisa menyesuaikan kira-kira di angka berapa yang tepat untuk keahlian kalian dipekerjakan di perusahaan tersebut.

Kemampuan & Minat dalam Pekerjaan

Keahlian dan bakat merupakan yang terpenting pada dunia pekerjaan. Seorang pekerja harus mengetahui potensi dalam dirinya sebelum ia menjalankan tanggung jawabnya. Oleh karena itu ketika kalian ingin melamar disebuah perusahaan pastikan untuk melihat posisi apa yang ingin diisi. Ingat, pekerjaan merupakan jenjang yang sangat serius jadi segala keputusan yang diambil sangat berpengaruh kepada kehidupan kalian di dunia pekerjaan itu.

Reputasi Perusahaan

Selain memastikan posisi yang diambil, pastikan juga bahwa perusahaan tersebut memiliki citra yang baik. Reputasi sebuah perusahaan merupakan hal yang terpenting terutama bagi para fresh graduate. Jika reputasi sebuah perusahaan buruk, maka keahlian para pekerja tentu akan terbuang sia-sia, namun jika reputasinya baik maka jenjang kalian dalam dunia pekerjaan akan terus berkembang sehingga pada akhirnya kalian akan memasukkan pengalaman kerja tersebut kedalam sebuah Curriculum Vitae (CV) yang akan dilihat banyak perusahaan lain ketika ingin melamar kerja ditempat lain.

Budaya & Suasana Kerja

Tidak kalah pentingnya, budaya dan suasana kerja menjadi salah satu yang penting dalam pekerjaan. Suasana kerja yang bagus tentu akan membuat kita dalam menjalankan sebuah pekerjaan menjadi lebih nyaman dan enjoy. Biasanya sebuah perusahaan memiliki budaya yang berbeda-beda, misalnya mulai dari cara berpakaian yang sudah ditentukan oleh perusahaan itu sendiri maka sebagai pekerja sudah seharusnya kita mengikuti budaya dari perusahaan tersebut. Bagian ini biasanya dapat ditemukan pada profil perusahaan sebuah website dari perusahaan itu sendiri, jadi pastikan untuk riset terlebih dahulu.

Pengembangan Diri Untuk Meningkatkan Karier

Setelah menyinggung soal kemampuan dan minat dalam pekerjaan, pastikan juga bahwa posisi yang dipilih memiliki kelebihan yang dapat membuat diri kalian berkembang. Misalnya dalam sebuah perusahaan televisi seperti Produser yang memiliki nilai lebih untuk kehidupan diluar dari pekerjaannya, seperti dapat menggarap sebuah film pendek, penulis naskah, dan lainnya.

Benefit yang Diberikan

Kemudian hal lain yang harus diperhatikan adalah apa saja yang kalian bisa dapatkan ketika masuk kedalam sebuah perusahaan. Semakin banyak benefit yang diberikan, semakin pula menambah motivasi dalam melakukan pekerjaan di perusahaan tersebut. Poin ini juga biasanya didapatkan ketika kalian melakukan sebuah interview pada perusahaan tersebut.

Lokasi Perusahaan

Dan yang paling penting adalah perhatikan jarak lokasi tempat kalian bekerja dengan tempat tinggal. Hal ini sangat berpengaruh terhadap fleksibilitas waktu kalian ketika bekerja, semakin dekat jaraknya semakin efektif juga pekerjaan kalian

Whatsapp