BINUS Online

Sikap yang Harus Kamu Hindari di Dunia Kerja

Jakarta, Oktober 2020 – Setelah seseorang menyelesaikan jenjang pendidikannya tentunya mereka akan melanjutkan jenjang yang lebih professional lagi, yaitu bekerja. Bekerja dan pendidikan merupakan hal yang berbeda, dimana ketika bekerja seluruh pengetahuan dan basic skills yang telah dipelajari selama menempuh pendidikan haruslah diaplikasikan ke dunia pekerjaan serta harus dilakukan secara professional.

Namun nyatanya masih banyak para pekerja yang bisa dibilang tidak professional dalam melakukan pekerjaannya, karena mereka masih menganggap dunia pekerjaan itu merupakan hal yang remeh dan tidak terlalu penting padahal bekerja merupakan langkah terakhir dari setiap perjalanan karir seseorang untuk mendapatkan penghasilan untuk kehidupannya.

Oleh karena itu, ada beberapa cara untuk seseorang agar menjadi professional dalam melakukan pekerjaannya dan tentunya sikap ini akan berpengaruh kepada pekerjaan kalian. Yuk! Simak penjelasannya.

Datang Terlambat

Salah satu hal yang sering dialami setiap orang adalah keterlambatan. Entah dari pola tidurnya yang tidak teratur atau memang sifat alami yang dimiliki seseorang tersebut. Namun dengan begitu seiring berjalannya waktu seseorang harus bisa merubah sifat merugikan tersebut untuk meraih sebuah keuntungan dalam dirinya. Untuk menghindari keterlambatan ini, ada baiknya kalian mengatur jam tidur kalian lebih awal agar keesokan harinya kalian dapat bangun lebih awal dan menghindari kantuk pada saat bekerja.

Sering Tidak Masuk Kerja

Salah satu sifat alami manusia yang sulit dihilangkan adalah rasa malas. Dalam dunia kerja, malas merupakan hal yang paling sering dialami para pekerja sehingga banyak dari mereka yang memutuskan untuk tidak bekerja sementara waktu. Hal ini tentu akan berpengaruh terhadap kinjera sebuah perusahaan hingga reputasi yang dimiliki oleh perusahaan, maka ada baiknya ketika kalian mengalami hal seperti ini dalam bekerja rehatlah sebentar dan carilah motivasi untuk membangkitkan semangatmu untuk bekerja kembali sehingga hubungan antara pekerja dan perusahaan tetap baik.

Suka Mengeluh

Kemudian mengeluh juga menjadi salah satu faktor yang menjadikan sifat malas muncul. Oleh karena itu sebaiknya jika memang seorang pekerja sudah merasa jenuh dengan pekerjaannya rehatlah sementara waktu untuk menjernihkan pikiran sehingga rasa lelah tersebut hilang dan pekerja bisa melanjutkan pekerjaannya dengan nyaman dan tenang.

Ceroboh Dalam Pekerjaan

Ceroboh menjadi salah satu hal yang harus dihindari oleh para pekerja, apalagi ketika sebuah pekerjaan di kejar oleh tenggat waktu yang sudah ditentukan (deadline). Biasanya para pekerja seperti ini terlalu meremehkan suatu pekerjaan sehingga akhirnya lupa dan menyebabkan bekerja dibawah tekanan yang menghasilkan kecerobohan. Sekecil apapun pekerjaan yang diberikan, sebaiknya segera dikerjakan karena tidak ada ruginya jika suatu pekerjaan dapat dikerjakan lebih awal.

Tidak Fokus

Kehilangan fokus biasanya disebabkan oleh rasa lapar, dehidrasi, dan kantuk. Untuk itu dalam mengindari hilangnya fokus cobalah untuk bekerja lebih santai lagi dengan menikmati snack atau minuman favorit kalian.

Whatsapp