BINUS Online

Tips Membangun Tim Kerja yang Solid dan Efektif

Jakarta, Oktober 2020 – Bekerja bersama dengan rekan kerja sangatlah penting. Selain dapat membantu kita dalam pekerjaan, rekan kerja juga membantu dalam berkomunikasi baik secara internal maupun eksternal. Bayangkan jika kita bekerja tanpa adanya rekan kerja, tentu pekerjaan yang kita jalani akan terasa terbebankan.

Namun, kira-kira bagaimana ya caranya agar kita dapat bekerja dengan kompak dan efektif dengan rekan kerja kita? Yuk, simak penjelasan berikut.

Membangun Rasa Percaya Diri

Percaya diri merupakan hal pertama yang harus ditanamkan ketika masuk kedalam dunia pekerjaan. Dengan kita membangun rasa percaya diri maka seluruh beban kita terhadap dunia pekerjaan akan terasa biasa saja, begitu pula ketika kita bertemu dengan rekan-rekan kerja kita. Ketika kita bertemu dengan tim kerja, hindari untuk berfikir bahwa mereka merupakan pekerja yang sudah lama bekerja di tempat tersebut namun anggaplah semuanya sama. Tetapi tentu kita juga tidak lupa harus menghormati mereka yang sudah lama di tempat kerja tersebut.

Selalu Melakukan Evaluasi

Ketika melakukan suatu pekerjaan pastinya akan ada evaluasi diakhir pekerjaan tersebut. Evaluasi diperlukan sebagai bentuk untuk mengetahui seluruh dari rangkaian pekerjaan yang sudah dijalani, entah dari mulai permasalahan yang terjadi hingga hasil yang didapatkan. Sebagai tim kerja, kita harus saling mengevaluasi satu dengan yang lain tujuannya agar masing-masing orang yang berada didalam tim tersebut dapat mengetahui keuntungan dan kerugian apa yang dialami dari masing-masing sehingga nantinya sebuah tim harus menemukan solusi untuk membantu orang-orang yang berada didalam tim tersebut.

Saling Menghormati dan Menghargai

Dalam sebuah tim tentunya terdapat struktur atau jabatan dari masing-masing orang, oleh karena itu menghormati satu sama lain merupakan hal yang penting. Tidak hanya ketika melihat strukturnya saja, tetapi dalam berkomunikasi juga. Ketika seseorang berbicara maka sudah seharusnya kita menghargai pembicaraan tersebut. Mulai dari fokus mendengarkan perkataannya sampai memberikan saran atau kesimpulan dari topik pembicaraan juga merupakan sebuah bentuk menghormati si pembicara.

Meningkatkan Kompetensi Tim

Sudah seharusnya seseorang berkembang dalam pekerjaannya dengan tujuan memberikan kualitas serta citra yang bagus untuk sebuah tempat kerja ataupun dalam tim kerja. Sebagai sebuah tim kerja, cobalah untuk belajar dari sebuah pekerjaan yang sudah dilakukan lalu berimprovisasi untuk bagaimana agar sebuah pekerjaan tersebut bisa menjadi lebih bagus lagi.

Menjalin Komunikasi yang Lancar

Komunikasi merupakan sebuah kunci dari segala aspek kehidupan, salah satunya didalam dunia pekerjaan. Dengan kita melakukan komunikasi antar rekan kerja tentu akan memudahkan kita dalam menyelesaikan suatu permasalahan yang terjadi didalam pekerjaan yang sedang dijalankan. Sebagai tim kerja cobalah untuk berkomunikasi tentang segala hal, mulai dari kesulitan hingga nilai dari suatu pekerjaan.

Memahami Peran dan Tanggung Jawab

Di dalam suatu tim kerja, kita tidak bisa selalu bergantung dengan orang lain untuk menyelesaikan apa yang sudah kita mulai. Seorang pekerja harus paham akan pekerjaan yang diambil olehnya, maka dari itu seorang pekerja dikatakan harus memutuskan suatu pekerjaan sebelum diambil apakah sesuai dengan passion dalam hidupnya atau tidak.

Sering Mengadakan Kegiatan Bersama Secara Rutin

Tidak hanya didalam pekerjaan, namun sebuah tim kerja juga harus mengadakan sebuah acara informal diluar pekerjaannya untuk membentuk sebuah hubungan yang erat. Sehingga dengan berjalannya waktu, sebuah tim kerja nantinya akan membentuk chemistry yang nantinya berguna dalam pekerjaannya.

Whatsapp