BINUS Online

Tips Lancar Work from Home

Jakarta, Oktober 2020 – Tahun 2020 merupakan tahun yang penuh duka. Dimana banyak bencana yang terjadi di seluruh belahan dunia, salah satunya adalah wabah yang saat ini sangat mematikan bahkan akan tercatat dalam sejarah dunia, yaitu Corona Virus Disease (COVID-19). Bahkan tercatat di Indonesia korban yang terkena dampak positif COVID-19 ini telah berada di angka 300ribu. Banyak sektor-sektor yang diberhentikan sementara waktu salah satunya perkantoran, sehingga para pekerja dipaksa untuk bekerja dari rumah (Work from Home).

Oleh karena itu, BINUS ONLINE LEARNING memberikan beberapa tips bagaimana para pekerja bisa tetap menjalankan aktifitas bekerjanya seperti biasanya namun tetap efektif dalam melakukan pekerjaannya. Berikut penjelasannya.

Berpikir Seolah Pergi ke Kantor

Mengatur pola pikir merupakan hal yang paling penting dalam menjalankan WFH. Tujuan dari mengubah pola pikir ini adalah untuk menghindari sifat malas yang nantinya akan membebani pekerjaan. Maka dari itu sebaiknya para pekerja mengubah pola pikirnya seperti tetap bangun di pagi hari, kemudian berpakaian semi-formal, dan mencari spot bekerja yang nyaman.

Membuat Jadwal yang Tepat

Layaknya seperti bekerja pada umumnya, buatlah sebuah jam kerja dan to do list pekerjaan dan pastikan untuk mengikuti semua jadwal yang sudah dibuat tepat pada waktunya. Tidak lupa juga untuk sesuaikan dengan waktu keadaan yang dapat membuat nyaman dalam bekerja.

Tetap Menjaga Komunikasi

Dengan tetap dirumah bukan berarti komunikasi dengan rekan kerja terputus begitu saja. Virtual Meeting menjadi salah satu opsi pada masa pandemi ini, dimana dengan menggunakan sebuah platform video conference kalian bisa melihat rekan kerja kalian serta berkomunikasi seperti biasanya.

Mampu Beradaptasi dengan Gangguan yang Ada Dirumah

Tentu dengan suasana dirumah tidak seperti suasana biasanya dikantor, dimana kita hidup berdampingan dengan orang lain yang tinggal disebelah tempat tinggal kita. Oleh karena itu kita harus terbiasa dengan keadaan saat ini dan cobalah untuk mencari ruangan yang jauh dari gangguan berupa suara-suara.

Itulah tips-tips yang dapat diberikan, jadi apakah kalian sudah siap dengan Work from Home ini?

Whatsapp