BINUS Online

Membangun Komunikasi Secara Virtual Lewat Online Learning

Jakarta, Oktober 2020 – Komunikasi merupakan hal terpenting yang harus dilakukan oleh setiap manusia. Dalam konteks apapun, seluruh aktivitas yang dilakukan harus ada komunikasi. Jika didalam pekerjaan maka tentu kita harus membangun sebuah komunikasi dengan rekan kerja, hingga pimpinan tempat kita bekerja. Namun sayangnya kini komunikasi tidak bisa dilakukan secara langsung atau bertatap mata, karena seperti yang kita ketahui kini kondisi dari pandemi COVID-19 membuat kita harus tetap menjaga jarak dengan orang lain sehingga semua harus dilakukan dari rumah.

Melihat kondisi seperti ini, BINUS Online Learning mengambil langkah maju untuk membuat mahasiswanya tetap berinteraksi satu sama lain walaupun harus dari jauh. Dengan metode yang sudah disediakan, kini mahasiswa dapat berinteraksi dengan teman kelasnya dan juga dengan dosen walaupun bisa dibilang rasa kepekaan ketika berinteraksi dalam diri menjadi berkurang.

Namun hal terpenting untuk membangun komunikasi dari virtual ternyata bukanlah hanya dari sekedar suara saja, tetapi menampilkan diri juga menjadi hal yang paling penting dalam membangun komunikasi. Dari kita melihat seseorang ketika berinteraksi, mungkin dari ekspresi kita dapat mengembalikan rasa kepekaan yang hilang itu.

Kemudian selain menampilkan diri, kita juga harus menyesuaikan diri dengan berbicara didepan sebuah perantara. Bagaimana kita menatap kamera dalam berbicara seolah memancarkan eye contact yang sangat penting agar komunikasi tetap berjalan dengan lancar dan membangun kepercayaan seseorang dengan sendirinya.

Walau sangat banyak tantangan yang datang di pandemi ini, kita harus tetap semangat dalam menjalani apapun. Tetap semangat dalam menuntut ilmu seakan-akan wabah ini hanya sementara dan semoga wabah ini cepat berlalu ya.

Whatsapp