BINUS Online

Era Digital Membuka Peluang Kerja Besar Untuk Jurusan Teknik Informatika, Apa Saja?

Kepopuleran jurusan Teknik Informatika sedang dirasakan saat ini. Diketahui setiap tahun peminatnya selalu meningkat dengan persaingan cukup ketat. Hal ini tidak terlepas dari banyaknya lapangan pekerjaan untuk lulusan jurusan ini.

Materi Yang Dipelajari Dalam Jurusan Teknik Informatika

Teknik Informatika adalah jurusan yang mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip dari ilmu komputer serta menganalisis secara matematis. Anda akan belajar untuk mengolah data dengan memanfaatkan komputer dengan melibatkan prinsip serta proses logika.

Bisa dipastikan jika Anda mengambil jurusan ini, waktu Anda akan banyak digunakan untuk belajar pemrograman mengembangkan software, dan teknologi jaringan komputer. Sehingga, Anda yang belajar di jurusan ini dituntut untuk selalu teliti dan ulet guna mendukung karir Anda setelah lulus.

Peluang Kerja Bagi Lulusan Teknik Informatika

Ketika Anda lulusan dari jurusan Teknik Informatika, ada sederet posisi di lapangan pekerjaan yang membutuhkan Anda. Apa saja posisi tersebut?

1. Programmer

Tidak sedikit dari lulusan Teknik Informatika yang bekerja sebagai Programmer. Hal ini dikarenakan saat ini teknologi semakin merambah maju dan membutuhkan Programmer yang bisa diandalkan. Gaji yang ditawarkan pun tidak main-main, berkisar antara 5 sampai 10 juta.

2. Full Stack Developer

Seorang Full Stack Developer bertugas untuk mengembangkan berbagai pekerjaan yang di dalamnya berupa database, server, dan sistem engineering. Dan untuk bisa berprofesi sebagai Full Stack Developer prosesnya lumayan panjang dan Anda perlu untuk menguasai konsep dari teknologi yang Anda gunakan. Selain itu kemampuan yang harus Anda miliki adalah kreatif, selalu penasaran, pengelolaan waktu, pemikiran secara global, dan komunikasi yang baik.

3. Cyber Security Analyst

Tidak bisa dipungkiri bahwa sistem informasi bisa sewaktu-waktu mengalami masalah keamanan. Oleh karena itu, untuk mengatasi maupun mencegah hal tersebut sangatlah dibutuhkan adanya Cyber Security Analyst. Anda yang berprofesi ini nantinya akan melakukan pengujian sistem keamanan dan melaporkannya jika suatu hari terdapat celah.

4. Data Scientist

Data Scientist lebih sering disebut dengan Big Data. Di mana profesi ini bertugas untuk menganalisa data yang digunakan dalam pengambilan suatu keputusan. Dan untuk berprofesi sebagai Data Scientist, paling tidak Anda memiliki kemampuan dalam mengolah data dengan menggunakan statistik, logika yang baik, serta pemrograman bahasa.

5. SEO Specialist

Bagi Anda yang hobi menulis dan mengambil jurusan Teknik Informatika, maka profesi sebagai SEO Specialist bisa menjadi pilihan Anda. Di mana tugas Anda adalah membuat agar suatu website bisa berada di posisi halaman pertama mesin pencarian. SEO Specialist menjadi salah satu profesi yang saat ini banyak dibutuhkan pada berbagai perusahaan media.

Di era yang serba digital ini, para lulusan dari jurusan Teknik Informatika sangatlah dibutuhkan. Prospek kerjanya sangatlah luas, sehingga bisa Anda manfaatkan semaksimal mungkin untuk memilih profesi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Whatsapp