BINUS Online

Memilih Jurusan Sistem Informasi, Ini 5 Profesi Yang Sangat Dibutuhkan Perusahaan Masa Kini

Era digital ini teknologi informasi memiliki peran utama dalam kebutuhan manusia. Bisa dilihat jurusan Sistem Informasi cukup diminati calon mahasiswa. Sehingga, lulusan-lulusan Sistem Informasi pun banyak diincar oleh berbagai perusahaan.

Mengenal Jurusan Sistem Informasi Dan Apa Yang Dipelajari

Jurusan Sistem Informasi merupakan pengkombinasian antara Ilmu Komputer, Ekonomi Manajemen, serta Bisnis. Di mana jurusan ini memfokuskan diri pada programming yang diterapkan pada perusahaan yang ada di masa kini.

Materi yang dipelajari dalam jurusan Sistem Informasi cukup luas. Misalnya berupa Bahasa Pemrograman, Algoritma dan Struktur Data, Desain dan Manajemen Proses Bisnis, Desain dan Manajemen Jaringan Komputer, Perencanaan Sumber Daya Perusahaan, dan masih banyak lagi.

Prospek Karir Jurusan Sistem Informasi

Mengingat bahwa di zaman yang serba digital ini lulusan Sistem Informasi sangatlah dibutuhkan di banyak perusahaan, maka prospek ke depannya pun sangat menjanjikan. Bahkan gaji yang ditawarkan juga cukup menggiurkan. Berikut beberapa prospek karir dari lulusan Sistem Informasi.

1. Data Analyst

Nama lain dari Data Analyst adalah Business Data Analyst. Profesi ini bertugas untuk mengumpulkan data dan mengklasifikasikannya. Setelah itu data tersebut akan diolah untuk menjadi informasi yang bermanfaat bagi perusahaan.

2. Computer Engineering

Computer Engineering atau Teknik Komputer adalah profesi yang tugasnya berupa membangun sebuah jaringan yang akan digunakan untuk mentransfer data, mengembangkan teknik-teknik untuk pembuatan komputer dan mobile. Selain itu profesi ini juga bertugas untuk menganalisa, menemukan, serta mencari solusi dari suatu permasalahan yang ada di sistem komputer.

3. UI/UX Developer

Profesi ini sering kali disamakan dengan web designer. Meski mirip, namun keduanya berbeda. Di mana seorang web designer hanya sebatas mendesain web saja. Sedangkan UI developer bertugas untuk mendesain tampilan pada aplikasi, baik untuk desktop, web, maupun mobile. Dan untuk User Experience (UX), profesi ini bertugas yang berfokus pada pengalaman dari pengguna yang telah mengakses sistem aplikasi web/desktop/mobile. Pekerjaan ini pun sangat membutuhkan ketelitian ekstra.

4. Software Engineer

Bagi seorang Software Engineer, maka tugas yang dikerjakannya berupa pengembangan software, manajemen organisasi, maintenance software, serta menjaga kualitas dari suatu software. Sehingga profesi ini memerlukan kemampuan akan bahasa pemrograman yang baik serta algoritma.

5. Graphic Designer

Bagi Anda yang suka menggambar atau mendesain, maka pekerjaan inilah yang cocok. Profesi sebagai Graphic Designer banyak dibutuhkan perusahaan masa kini. Di mana tugasnya adalah menyampaikan suatu informasi dengan menggunakan suatu foto, brosur, maupun logo yang didesain semenarik mungkin. Sehingga Anda pun perlu menguasai beberapa software seperti Corel Draw dan Photoshop.

Dengan begitu, jurusan Sistem Informasi menjadi jurusan yang banyak diminati di zaman modern ini karena penggunaan teknologi yang mendominasi. Sehingga prospek karirnya pun sangatlah besar.

Whatsapp