Mengapa Penting untuk Belajar Sistem Informasi?

Sistem Informasi merupakan bidang ilmu yang menjembatani bisnis dengan teknologi. Bidang ilmu ini bertanggung jawab untuk memastikan bahwa setiap kebutuhan (demands) bisnis harus didukung oleh investasi (supplies) teknologi yang efektif dan sesuai. Mengingat biaya investasi teknologi bukanlah hal yang murah, semakin banyak perusahaan menjaga agar setiap investasi teknologi di tempat mereka dilakukan dengan cermat.

Salah satu tujuan akhir dari mempraktekkan bidang ilmu Sistem Informasi adalah terciptanya Business-IT Alignment. Business-IT Alignment merupakan kondisi perusahaan yang terjadi ketika setiap investasi teknologi di perusahaan selaras dengan kebutuhan bisnisnya, atau dengan kata lain mendukung tujuan bisnis dari organisasi. Kondisi ini tentu saja akan berujung pada efektivitas dan efisiensi biaya investasi teknologi di perusahaan.

Gambar 1. Life Nowadays

Source: https://h00152704.wixsite.com/mysite/single-post/2016/06/02/Using-technology-in-my-daily-life

Relevansi bidang ilmu Sistem Informasi pada era digital (dan era pandemi) saat ini sangatlah dibutuhkan. Apakah Anda menyadari bahwa:

1. Semakin banyak perusahaan yang menjalankan bisnisnya secara online?

2. Semakin banyak start-up yang memanfaatkan teknologi sebagai platform bisnisnya?

3. Kehidupan Anda tidak dapat lepas dari teknologi? Bahkan ketika Anda sedang membaca artikel ini, smartphone Anda senantiasa ada di genggaman Anda.

Kondisi di atas menyimpulkan bahwa adanya kebutuhan yang semakin tinggi terhadap investasi teknologi dan pengembangan aplikasi, guna mendukung kebutuhan bisnis perusahaan serta memberikan kemudahan bagi para penggunanya. Kebutuhan ini selanjutnya akan berdampak pada semakin tingginya kebutuhan terhadap para profesional yang mahir di dalam bidang ilmu Sistem Informasi (IS Professional).

Gambar 2. Skills for IS Professional

Sebagai IS Professional, Anda dapat berperan sebagai system analyst, project manager, IS/IT consultants, user experience (UX) designer, software engineer, atau bahkan sebagai chief information officer (CIO). Terlepas dari peran yang akan Anda jalankan, Anda juga perlu senantiasa mengasah tiga (3) kemampuan utama sebagai seorang IS Professional, yaitu terkait dengan business skills, technical skills, dan people skills. Tiga (3) kemampuan ini akan menjadi fondasi utama Anda dalam menjalankan peran sebagai IS Profesional dalam memastikan terciptanya Business-IT Alignment bagi perusahaan. (TI)

Referensi:

1. Introduction to Information Systems, 5th edition, Rainer, Prince, Cegielski. John Willey & Sons, Inc.Michigan.

2. Sistem Informasi BINUS Online Learning, https://onlinelearning.binus.ac.id/sistem-informasi-corporate-information-systems-s1/

3. Business IT Alignment, https://cio-wiki.org/wiki/Business_IT_Alignment

4. Using Technology in My Daily Life, https://h00152704.wixsite.com/mysite/single-post/2016/06/02/Using-technology-in-my-daily-life

5. Penjelasan Jurusan Sistem Informasi – BINUS Online Learning, https://www.instagram.com/tv/B9YuRkonboQ/?utm_source=ig_web_copy_link

Whatsapp