BINUS Online

Semangat Hari Kemerdekaan Indonesia untuk Pendidikan di Era New Normal

Jakarta, 17 Agustus 2020 – Seperti tahun-tahun sebelumnya, untuk memperingati Hari Ulang Tahun ke-75 Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 2020, ada tema besar yang diusung, yakni Indonesia Maju. Kemudian untuk menyempurnakannya terdapat logo Bangga Buatan Indonesia. Namun tahun ini perayaan hari kemerdekaan begitu berbeda karena Indonesia, seperti negara-negara lainnya, tengah berjuang melawan wabah Covid-19. Lantas, adalah harapan yang disematkan pada hari penting tersebut di tengah situasi yang serba tak pasti seperti sekarang?

 

Perayaan hari kemerdekaan di tengah pandemi.

Tema Indonesia Maju untuk HUT ke-75 Kemerdekaan Indonesia adalah representasi dari pancasila yang berfungsi sebagai pedoman kehidupan berbangsa dan bernegara. Sementara logo Bangga Buatan Indonesia ditujukan untuk menumbuhkan kecintaan warna negara terhadap produk buatan anak negeri. Pemerintah pun memastikan peringatan ini diselenggarakqn dengan mematuhi protokol kesehatan.

Selain itu, upacara hanya dihadiri Presiden sebagai Inspektur Upacara, Wakil Presiden, serta petugas upacara untuk menghindari kerumunan.

 

Semangat hari kemerdekaan untuk  dunia pendidikan

Siswa-siswi sekolah yang biasanya memeriahkan hari kemerdekaan kini sedang menyesuaikan diri dengan sistem baru menuju new normal. Selama beberapa bulan, mereka diminta menjalani self-quarantine dan social distancing yang ‘memisahkan’ mereka dari para pengajar dan teman-temannya. Lantas pemerintah bersama kementrian pendidikan berupaya untuk menjaga kegiatan belajar mengajar dengan berbagai program, termasuk study from home.

Study from home yang sudah dilaksanakan sejak Maret 2020 terdiri atas kegiatan virtual yang mengandalkab media elektronik seperti televisi hingga layanan digital yang mencangkup kelas-kelas online. Pemerintah pun menyediakan wadah untuk guru-guru yang ingin berbagi RPP secara online dengan rekannya di daerah-daerah lain.

 

Di dunia perkuliahan, ada BINUS yang menawarkan online learning untuk mahasiswa maupun pekerja yang berminat melanjutkan studi. Kelebihan yang diberikan BINUS Online Learning bukan hanya kelas yang bisa diakses dimana saja dan kapan saja, tetap hadirnya sistem modular yang membuatmu mudah menyesuaikan jadwal kuliah dengan kegiatan sehari-hari, BINUS Online Learning telah menerapkan perkuliahan 100% secara online (termasuk ujian online).

Kehadiran BINUS Online Learning tak hanya menjadi opsi buat kamu yang ingin melanjutkan kuliah S1 Online tetap benar-benar menerapkan perkuliahan virtual. Tak hanya itu BINUS Online Learning adalah terobosan baru yang menunjang dunia pendidikan di fase new normal. Penggunaan teknologi terkini dalam pembelajarannya pun selaras dengan tema Indonesia Maju yang mana mengobarkan semangat untuk tetap belajar di masa pandemi. Bahkan hal ini tak menutup kemungkinan BINUS Online Learning menjadi prioritas utama mahasiswa selepas bawah berakhir.

 

Whatsapp