BINUS Online Learning Adakan Orientasi Online Sebelum Memulai Perkuliahan

Jakarta, Juni 2020 – Meskipun sudah masuk ke era new normal, masih banyak perguruan tinggi yang tetap melakukan praktik belajar online dalam kegiatan belajar-mengajarnya. Hal ini dilakukan sebagai upaya untuk menekan penyebaran virus COVID-19 yang sampai hari ini angkanya masih terus meningkat. Namun tidak hanya praktik belajar-mengajar yang beralih ke kelas-kelas virtual, aktivitas kampus lainnya pun juga menyesuaikan dengan praktik-praktik online ini. Mulai dari aktivitas administratif, bimbingan tugas akhir, wisuda, termasuk orientasi mahasiswa kini sudah beralih online. BINUS Online Learning yang awalnya menggelar Orientasi secara tatap muka pun berubah untuk pertama kalinya menggelar Orientasi online bagi mahasiswa baru yang bergabung di BINUS Online Learning. Orientasi diikuti oleh ratusan mahasiswa baru yang tersebar dari berbagai kota bahkan dari luar negeri, seperti Jepang dan Belgia.

Pentingnya orientasi mahasiswa

Orientasi sering digunakan sebagai sesi perkenalan kampus kepada mahasiswa, baik dari level jurusan, fakultas, hingga universitas. Orientasi ini membawa mahasiswa lebih mengenali sistem-sistem yang berlaku di universitas tersebut, mulai dari sistem belajar, cara pengambilan mata kuliah, sistem pembayaran, hingga pengaturan kelas dan penjadwalan.

Dikarenakan kebanyakan perguruan tinggi kini melakukan belajar online, tidak berarti orientasi mahasiswa yang kerap berlangsung secara tatap muka kemudian ditiadakan. Orientasi bisa tetap dilaksanakan dengan cara virtual sebelum praktik belajar online dimulai. Orientasi di masa-masa praktik belajar online justru menjadi jauh lebih penting, terutama karena sistem pendidikan di Indonesia sendiri yang dari segi penerapannya belum semua akrab dengan praktik belajar online.

Orientasi online BINUS Online Learning

Karena alasan yang dipaparkan pada poin sebelumnya itulah, BINUS Online Learning melaksanakan orientasi mahasiswa online yang berlangsung pada tanggal 3 dan 4 Juni 2020 lalu. Orientasi online ini melibatkan semua peserta didik yang berlangsung dengan sambungan video conference.

Orientasi yang diselenggarakan oleh BINUS Online Learning mengarahkan mahasiswa untuk dapat mengenal visi dan misi dari BINUS University sendiri. Harapannya, nilai-nilai BINUS University tetap dapat tersampaikan walaupun terbentur batasan karena kegiatan belajar-mengajar masih dilakukan secara online.

Dalam orientasi online yang terbagi ke dalam beberapa sesi, BINUS University mengarahkan bagaimana menjaga perilaku positif selama menjalani proses belajar online, tetap berkomitmen dan berdedikasi untuk menuntaskan pendidikan, serta dapat meningkatkan potensi terbaik selama proses belajar tersebut berlangsung.

Acara penting dalam orientasi online ini

Pada hari pertama orientasi online berlangsung, Tim Vicon BINUS Online Learning memaparkan informasi seputar sistem belajar online di BINUS Online Learning. Paparan ini berlangsung singkat, sekitar setengah jam. Setelah itu disusul acara dimana Direktur BINUS Online Learning menyampaikan gambaran kehidupan perkuliahan di BINUS University, lalu dilanjutkan dengan pengenalan secara menyeluruh tentang BINUS Online Learning.

Orientasi pada hari pertama ini ditutup dengan penjelasan dari tim IT BINUS Online Learning yang menyampaikan sistem teknologi kampus yang akan sering digunakan oleh mahasiswa dalam proses perkuliahan dan belajar online, yaitu mengenai BINUS Online Learning LMS, Mobile Application, Modular System, dan sistem Exam Online yang diterapkan di sini.

Pada hari kedua orientasi online ini, terdapat paparan tentang prosedur-prosedur pendukung selama belajar online dan proses perkuliahan secara keseluruhan, termasuk memperkenalkan sistem digital library & journal yang disampaikan oleh tim Library Knowledge Center. Orientasi online ini lalu ditutup dengan serangkaian acara kegiatan kemahasiswaan, sharing bersama alumni, persiapan jenjang karir yang disampaikan oleh Internship Center & BINUS Career Center, serta pesan-pesan motivasi untuk menjalani praktik belajar online dari tim BINUS Corporate Learning & Development.

Prosesi orientasi online ini melengkapi semua kebutuhan mahasiswa untuk melakukan praktik belajar online bersama BINUS Online Learning. Dengan begitu, mereka dapat melakukan perkuliahan dengan optimal sekalipun tidak bertemu secara tatap muka langsung dengan segala fasilitas dan dukungan dari kampus.

Whatsapp