BINUS Online Learning Jadi Transisi Cara Belajar Kini

Jakarta, 30 Juni 2020 – New normal perlahan diadaptasi oleh instansi pendidikan untuk memastikan kegiatan belajar mengajar tetap berlangsung di tengah situasi pandemi COVID-19. Beberapa universitas mulai mengaplikasikan kelas online karena belajar-mengajar dengan bertatap muka tentu dihindari. Dalam hal ini, BINUS University telah memiliki infrastruktur yang sangat siap karena jauh sebelum pandemi ini terjadi, BINUS Online Learning adalah salah satu program andalan dari BINUS University.

Walaupun dulu bukanlah sesuatu yang umum, kelas online kini sangat relevan dengan situasi sekarang. Tidak heran jika cara belajar online akan jadi bagian dari gaya hidup yang baru.

Menciptakan ruang personal yang nyaman untuk belajar

Cara belajar dengan sistem online learning akan mentransisi tradisi belajar di dalam ruang-ruang kelas menjadi belajar di dalam ruang yang lebih personal. Ruang kelas yang formal dan cenderung kaku dapat digantikan dengan ruangan yang lebih kasual sehingga mahasiswa-mahasiswi dapat belajar dengan lebih nyaman. Mereka juga berkesempatan menciptakan ruang kondusif bagi dirinya agar dapat lebih mudah menyerap informasi serta memahami materi.

Menstimulus inovasi cara belajar

Ruang belajar yang berbeda akan terjadi stimulus untuk menginovasi cara belajar, khususnya belajar yang menggunakan teknologi. Jika dahulu mahasiswa-mahasiswi cenderung hanya menggunakan teknologi untuk berkirim tugas atau pesan, mengakses e-library atau jurnal-jurnal ilmiah, atau mendaftar mata kuliah, saat ini teknologi dapat digunakan mengakses kebutuhan kelas online.

Banyaknya webinar yang bermunculan juga dapat dimanfaatkan. Selain itu, inovasi lainnya juga bisa berupa eksplorasi materi pembelajaran, mulai menggunakan mind mapping atau membuat catatan dengan aplikasi ketimbang harus dilakukan dengan cara lama.

Menuntut kemampuan adaptasi yang tinggi

Cara belajar online memang bukanlah hal baru, namun bukan juga hal yang sudah diterapkan secara menyeluruh di Indonesia. Itu sebabnya dalam transisi cara belajar dengan sistem online membutuhkan adaptasi, khususnya bagi mahasiswa-mahasiswi yang tidak pernah melakukan cara belajar online sebelumnya. Namun berbeda dengan mahasasiswa BINUS Online Learning yang sebelumnya memang sudah dipersiapkan untuk mengikuti pembelajaran hingga ujian online.

Adaptasi bisa dimulai dari ruang belajar yang berbeda, media belajar yang tidak melulu buku tetapi juga bisa berupa konten audio visual yang tersedia online (audiobook), serta interaksi dan diskusi yang berlangsung secara virtual.

Memacu inisiatif dan produktivitas

Cara belajar online yang fleksibel dapat memberikan mahasiswa-mahasiswi pilihan waktu untuk belajar. Hal ini akan memudahkan mereka untuk memilih waktu yang paling sesuai dengan jam-jam produktifnya sehingga proses belajar online jadi lebih efektif.

Selain itu karena cara belajar online ini juga memberikan ruang bagi mahasiswa untuk bersentuhan dengan hal-hal baru seperti teknologi, akses sumber literasi, dan metode belajar online itu sendiri, wajar apabila program online learning akan memicu mahasiswa untuk lebih inisiatif.

Contoh, mahasiswa yang baru pertama kali menerapkan cara belajar online akan cenderung berinisiatif untuk belajar cara menggunakan aplikasi video conference yang ia gunakan. Mereka akan berusaha mengenali fitur-fiturnya demi kelancaran belajar di kelas online.

Sebagai lembaga pendidikan yang sedari awal sudah beroperasi dengan bantuan teknologi, BINUS University ingin menjamin para mahasiswa yang belajar di BINUS Online learning mendapat manfaat dari beralih ke cara belajar online. Terutama menyesuaikan dengan kebutuhan mahasiswa dan kondisi sekarang yang lebih memungkinkan proses perkuliahan dilakukan secara online.

BINUS Online Learning yang awalnya dirancang untuk memfasilitasi kelas-kelas kuliah jarak jauh bagi mahasiswa pekerja dan mobile kini justru menjadi solusi bagi praktik kuliah dengan prinsip less physical contact. Tanpa harus mengambil kelas tatap muka langsung di waktu dan tempat tertentu, mahasiswa dapat melakukan kuliahnya dengan efisien.

Sistem cara belajar online ini juga memungkinkan mahasiswa dari seluruh daerah di Indonesia untuk dapat mengakses kuliah dari tempatnya masing-masing. Binus Online Learning juga diperlengkapi dengan tenaga pengajar berkualitas yang memiliki latar belakang spesialisasi di bidangnya masing-masing dan ditunjang dengan materi-materi yang komprehensif.

Whatsapp