BINUS Online

Pentingnya Supply Chain Management bagi suatu Perusahaan

Saat ini persaingan bisnis yang semakin ketat di era globalisasi. Konsekuen dari proses globalisasi tersebut menyebabkan perkembangan dunia usaha akan selalu diwarnai oleh perubahan- perubahan yang semakin terbuka, kompleks dan kompetitif, baik dari lingkungan internal maupun eksternal perusahaan. Perubahan-perubahan sosial ekonomi seperti ini membuahkan hambatan dan tantangan yang harus dihadapi. Hal ini menuntut setiap perusahaan untuk menyusun suatu strategi bisnis agar dapat bersaing dengan perusahaan lainnya. Dari berbagai persaingan yang dilakukan perusahaan bertujuan untuk mengimplementasikan  proses produksi barang atau jasa yang efektif dan efisien untuk disalurkan kepada konsumen. Tetapi, kenyataannya perusahaan tidak mampu  untuk menjalankan  semua itu sehingga dalam mengatasinya dengan memilih jalan pintas dan kemudahaan untuk bersaing dengan kompetitor melalui supply chain management.

Supply Chain management merupakan suatu bentuk sistem organisasi  yang bertujuan untuk penyaluran produk  maupun jasa  kepada konsumen. Dalam siklus atau rantai ini ada beberapa  organisasi yang beberja dalam lingkup yang berbeda namun memiliki tujuan yang sama yaitu untuk pengadan barang  serta penyalurannya  hingga ketangan konsumen akhir secara efektif dan efisien. Dengan kerja sama tersebut maka akan dihasilkan nilai tambah dari  produk yang telah diproduksi tersebut. Supply chain juga dianggap sebagai logistic network yang mampu menghubungkan mata rantai yang saling terkait antara  manufacturer, suppliers, retail outlets, distribution dan customers. Dalam konsep ini  sangat megutamakan adanya manajemen logistik yang memiliki pandangan lebih luas dari barang dasar hingga menjadi barang jadi yang digunakan oleh konsumen akhir.

Tujuan dari Supply Chain management adalah pengiriman produk secara tepat waktu demi memuaskan konsumen, mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas perusahaan dalam rantai supply melalui optimalisasi waktu, lokasi dan aliran kuantitas bahan. Supply Chain Management sangat penting dilakukan untuk memperlancar proses produksi dan proses pemasaran untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Agar pengendalian supply chain bisa efektif maka diperlukan adanya arus informasi yang lancar dan rasa saling percaya antar bagian, baik itu pemasok, perusahaan maupun konsumen. Keunggulan Supply Chain Management adalah sebuah perusahaan dapat me-manage aliran barang atau produk dalam suatu aliran rantai supply dengan mengaplikasikan jaringan kegiatan produksi dan distribusi dari suatu perusahaan dapat bekerja bersama-sama untuk memenuhi tuntutan konsumen.

Komponen – Komponen dari Supply Chain Management :

  • Upstream Supply Chain

Upstream Supply Chain merupakan rantai suplai hulu (supply chain)yang melibatkan beberapa aktivitas yang berasal dari perusahaan manufaktur terdiri dari beberapa penyalur produk  melalui koneksi para penyalur dengan penyalur lainnya yang saling berhubungan. Upstream Supply Chain bertujuan untuk memudahkan para penyalur dalam memperluas hubungan dengan beberapa cabang melalui adanya  aktivitas pengadaan.

  • Downtstream Supply Chain

Downtstream Supply Chain merupakan rantai suplai hulu (supply chain) yang melibatkan beberapa aktivitas berupa pengiriman produk yang telah dibuat oleh produsen kepada konsumen. Downtstream Supply Chain ini sangat memperhatikan   arah pendistribusian melalui bagian gudang maupun transportasinya dan juga memperhatikan pelayanan yang diberikan sales kepada konsumen. Sales harus memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen akhir tanpa kecuali.

  • Internal Supply Chain

Internal Supply Chain merupakan supply chain yang akan melibatkan proses masuknya barang ke gudang untuk penyimpanan dan digunakan  sebagai transformasi masukan yang berasal dari penyalur kedalam output organisasi tersebut. Internal Supply Chain ini akan menjadi luas dari waktu ke waktu yang ada dalam organisasi tersebut. Internal Supply Chain perlu diperhatikan dalam hal manajemen pabrikasi, manajemen produksi maupun pada pengendalian inventory.

Supply Chain Management Drivers

Dalam perusahaan untuk mencapai sebuah kecocokan dan efisiensi pada competitive strategy perusahaannya dengan mitra supply chain itu sangat penting. Sebuah perusahaan dapat mengerti bagaimana cara meningkatkan kinerja dan efisiensi supply chain, perusahaan harus memiliki 4 kunci driver dalam supply chain, yaitu:

  1. Facilities

Fasilitas pada supply chain merupakan tempat dimana adanya produk yang diproduksi, disimpan dan dikirim. Fasilitas pada supply chain memiliki 2 tipe utama yaitu pada sisi produksi dan pada sisi penyimpanan. Fasilitas ini akan berpengaruh pada biaya pengiriman, tingkat responsive ke pemasaran dan jumlah inventory, karena dalam supply chain harus membutuhkan fasilitas yang mendukung karena dapat mempermudah dalam melakukan transaksi dalam perusahaan.

  1. Inventory

Inventory adalah raw materials, proses pengerjaan dan barang jadi yang dimiliki oleh perusahaan. Inventory merupakan salah satu bagian terpenting dari supply chain driver karena dapat mengubah efficiency dan responsive dalam mengatur supply chain karena dengan mengatur inventory dalam perusahaan supply chain dapat diatur dengan baik sehingga tidak ada yang terlewat untuk pendataannya. Pengaturan inventory yang baik itu jika inventory yang ada sama dengan yang di datakan oleh perusahaan.

  1. Transportation

Transportasi pada supply chain digunakan untuk perpindahan tingkatan pada supply chain yang ada. Transportation juga penting dalam mengubah efficiency dan responsive dalam supply chain, digunakan sebagai penentu perpindahan dan rute dalam pengiriman sebuah barang agar barang dapat disampaikan dengan lebih mudah dan cepat.

  1. Information

Informasi mengandung data dan menganalisis fasilitas, inventory, transportasi dan customer yang terkait dengan supply chain. Informasi merupakan kunci utama dari supply chain driver karena mengandung semua informasi yang digunakan untuk mengatur bagaimana supply chain itu akan berjalan.

 

Sources website:

https://sis.binus.ac.id/2019/07/25/supply-chain-management-scm-3/

https://sis.binus.ac.id/2018/01/30/supply-chain-management-scm/

Whatsapp