Pentingnya Memiliki Keterampilan Teknologi Informasi dan Komunikasi Di Era Revolusi Industri 4.0

Pada saat ini, dunia telah memasuki era revolusi industri 4.0 yang dimana perkembangan teknologi bertambah canggih. Perubahan dalam dunia industri telah berevolusi dalam beberapa aspek ditandai dengan kemunculan super komputer, robot pintar, kendaraan tanpa pengemudi, cloud computing, sistem big data, rekayasa genetika dan perkembangan neuroteknologi. Selain itu, di era revolusi industri 4.0 ini terciptanya alat-alat yang membantu mempermudah pekerjaan manusia seperti adanya robot untuk meningkatkan efisiensi serta menyelesaikan suatu pekerjaan, baik dalam bidang industri, kesehatan, dan juga di bidang pertanian. Hal ini menyebabkan akan ada banyak jenis pekerjaan yang hilang dan tergantikan oleh fungsi robot atau artificial intelligence yang akan terjadinya perubahan sosial dan pergeseran di bidang bisnis secara jangka panjang yang akan dirasakan dalam revolusi industri digital.

Ketika perkembangan teknologi berlangsung maju begitu cepat, menyebabkan keterampilan yang dimiliki oleh pekerja menjadi cepat usang. Para tenaga kerja manusia tidak menutup kemungkinan akan menghadapi jenis pekerjaan baru yang tidak pernah terpikirkan sebelumnya, sehingga revolusi ini mau tak mau menuntut kita untuk terus mengembangkan keterampilan yang dapat bermanfaat di masa depan. Oleh karena itu, diperlukan memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 dengan maksud kita harus mampu memahami teknologi seperti kesadaran global, literasi media dan teknologi, serta keaksaraan visual.

Selain itu untuk menghadapi era revolusi saat ini, kita juga harus memiliki keterampilan softskills seperti kemampuan dalam berkomunikasi yang efektif seperti mampu bekerja dalam tim dan berkolaborasi, memiliki tanggung jawab pribadi dan sosial, dalam berkomunikasi harus interaktif, memiliki orientasi nasional dan global, memiliki jiwa kepemimpinan dan bertanggung jawab, memiliki nilai etis dan moral, produktivitas dan akuntabilitas, fleksibilitas dan adaptasi, sosial dan lintas budaya, inisiatif dan mengarahkan diri. Dengan demikian, diharapkan para pekerja saat ini harus mempersiapkan diri untuk memiliki keterampilan teknologi informasi dan komunikasi untuk menghadapi era revolusi industri 4.0 sehingga mampu beradaptasi dengan perubahaan zaman yang terjadi.

 

Sources Website

https://www.kompasiana.com/akhyabdul3437/5cec1aae95760e406a4c5e78/pemanfaatan-teknologi-di-era-revolusi-industri-4-0?page=2

https://dailysocial.id/post/pemanfaatan-teknologi-dalam-membantu-perkembangan-ukm-di-indonesia/

Whatsapp