Upaya Preventif BINUS Online Learning dalam menghadapi Penyebaran COVID-19

Akibat mewabahnya penyebaran Corona Virus Disease (COVID-19) kasus kematian akibat wabah virus Corona masih bertambah. Total orang yang meninggal menjadi 129 orang. (kompas.com) Dalam mencermati situasi seperti ini, BINUS Online Learning melakukan upaya preventif dengan tujuan untuk melindungi kesehatan seluruh BINUSIAN melalui berbagai cara yakni menerapkan metode pembelajaran secara online. BINUS Online Learning menyediakan materi perkuliahan berbasis online dengan menggunakan LMS (Learning Management System). Materi perkuliahan berupa Lecture Notes, Power Point Presentation dan Multimedia dibuatkan dalam format digital yang dipandu oleh dosen secara interaktif oleh mahasiswa dengan seluruh dosen pengajar dan dosen praktisi berlangsung intensif.

Metode kuliah online yang dimiliki oleh BINUS Online Learning sebagai media kuliah online bagi individu yang ingin belajar dan mengembangkan diri secara fleksibel tanpa harus terikat dengan jadwal dan tempat tertentu sehingga mahasiswa dapat bertukar informasi melalui LMS (Learning Management System) dan Digital Library dengan beberapa fasilitas diantaranya yaitu pengumpulan tugas dan kuis, forum diskusi, class room, team room, video conference, jadwal dan messages guna mendukung kegiatan perkuliahan online.

Pada forum diskusi online yang dimiliki oleh BINUS Online Learning dijadikan sebagai fasilitas belajar virtual yang modern bagi mahasiswa untuk bertukar informasi mengenai mata kuliah dan bertukar tips-tips praktis di dunia kerja serta sebagai media untuk membahas materi yang belum dimengerti oleh mahasiswa. Di dalam forum diskusi online yang dimiliki oleh BINUS Online Learning memiliki dua jenis ruang diskusi diantaranya class room dan team room. Class Room merupakan area diskusi bagi seluruh anggota kelas yang berhubungan dengan mata kuliah. Sedangkan, Team Room merupakan area diskusi yang disediakan agar seluruh mahasiswa dapat bekerja dengan kelompoknya masing-masing.

Selain itu, BINUS Online Learning memiliki fitur Video Conference sebagai media berinteraksi mahasiswa dan dosen secara real-time seperti di ruang kelas. Video conference untuk menunjang proses perkuliahan bagi mahasiswa. Video Conference dijadikan sebagai fasilitas belajar virtual yang dapat diakses di web dan mobile application BINUS Online Learning dalam bentuk konferensi elektronik secara real time dan dilaksanakankan sesuai dengan jadwal yang ditentukan. Di video conference, dosen menjelaskan materi dan menjawab pertanyaan mahasiswa secara langsung tanpa jeda waktu. Demikian upaya yang telah dilakukan oleh BINUS Online Learning, diharapkan mahasiswa lebih efisien dalam melakukan perkuliahan tanpa khawatir meninggalkan dunia kerja sehingga dapat lebih produktif dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia.

Sources:

https://www.kompas.com/sains/read/2020/03/30/104928823/update-corona-30-maret-724565-kasus-di-199-negara-152076-sembuh

Whatsapp